5 Fobia Aneh di 2019, Salah Satunya Takut Main Medsos



Jakarta – Sepintas mungkin terdengar aneh. Tapi, ternyata ada fobia yang baru bermunculan di 2019 kemarin. Bukan fobia ketinggian, fobia darah, atau pun fobia yang umumnya sering kita dengar. Fobia baru ‘neophobia’ sampai ‘editiovultaphobia’ menjelaskan ciri-ciri fobia yang nggak banyak ditemuin di fobia pada umumnya. Apa saja itu?

Mungkin beberapa di antara kalian, senang untuk mencoba makanan atau minuman baru. Senang bermain media sosial. Senang koleksi beragam stainless straw, atau barang-barang ramah lingkungan lain. Namun, ternyata sebagian orang ‘fobia’ dengan hal-hal itu.

Berikut 5 fobia aneh dikutip dari Times Of India:

1. Eco-anxiety

Fobia ini terjadi di beberapa orang yang takut karena dampak dari perubahan iklim. Fobia ini terjadi sama generasi milenial. Fobianya ditandai dengan orang yang mengalami kecamasan dan kepanikan yang berlebihan karena pemanasan global.

2. Nomophobia

Fobia satu ini sangat mungkin terjadi di era yang sudah serba digital. Orang yang memiliki nomophobia, ketakutan jika ia jauh dari handphonenya. Bahkan, seringkali fobia ini membuat mereka tidak fokus, karena selalu memikirkan aktivitasnya saat sedang bermain handphone.

3. Food neophobia

Ternyata, food neophobia ini punya gambaran seseorang yang sangat takut untuk mencoba makanan baru. Meski ini sering terjadi, namun hal aneh dari neophobia ini bisa berlangsung secara berkepanjangan, lho. Bahkan, bukan hal yang nggak mungkin kalau orang ini akan terus konsumsi makanan yang sama seperti makanan yang ia konsumsi selama hidupnya.

4. Carbophobia

Nah, carbophobia ini kayanya nggak asing deh di kalangan orang yang ngelakuin diet ketat. Sangking takutnya makan karbo, bisa jadi kamu nanti “carbophobia”. Fobia ini juga bisa jadi pemicunya stres gara-gara ngadepin tekanan sosial yang selalu fokus sama berat badan.

5. Editiovultaphobia

Siapa bilang di era digital semuanya senang main media sosial? Ada juga beberapa orang yang ternyata fobia main media sosial, namanya ‘editiovultaphobia’. Namanya cukup rumit ya kaya fobianya, tapi yang pasti fobia ini ternyata menggambarkan ketakutan mereka secara psikologis karena selalu dibayang-bayangi rasa takut dijudge netizen, lho.

Simak Video “Kata Psikolog soal Awkarin yang Hengkang dari Instagram
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

Tinggalkan komentar