5 Tanda Mr P Sedang Bermasalah, Salah Satunya ‘Berjerawat’



Jakarta – Memperhatikan alat kelamin seharusnya menjadi salah satu kewajiban dalam menjaga kesehatan. Pada pria, kebanyakan mengabaikan atau malu untuk merawat penis mereka, padahal ada hal-hal kecil yang berdampak besar nantinya dalam kesehatan.

Ada beberapa tanda yang bisa Anda temukan apabila Anda rutin memeriksa penis. Dikutip dari Men’s Health, berikut adalah 5 tanda penis sedang bermasalah, salah satunya berjerawat:

1. Melengkung saat ereksi

Melengkungnya penis merupakan penyakit Peyroni yang disebabkan oleh jaringan luka, yang kemungkinan disebabkan oleh cedera di penis, misalnya saat bermain olahraga. Seberapa melengkungnya? Para ahli menyebutkan biasanya masuk dalam kategori gawat apabila lebih dari 30 derajat atau kesulitan untuk melakukan seks. Disarankan untuk segera ke dokter untuk mencegah masalah-masalah lainnya muncul.

2. Ada benjolan di bawah kulit

Benjolan di bawah kulit penis, agak keras, terkadang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah atau kelenjar limfe. Secara umum, benjolan ini bukanlah tumor kanker dan juga termasuk jinak. Namun apabila disebabkan oleh jaringan luka seperti penyakit Peyroni, maka benjolan ini perlu diangkat.

3. Penis ‘berjerawat’

Penis juga bisa berjerawat, lho. Mulai dari jerawat kecil hingga kista bisa muncul di penis, namun tidak seburuk yang Anda bayangkan. Meski memang ada beberapa jerawat yang perlu dikhawatirkan, misalnya jerawawt genital yang disebabkan oleh HPV, menjadi salah satu infeksi menular seksual. Jerawat ini terlihat seperti kepala kembang kol, dan bawa ke dokter apabila Anda melihatnya di penis Anda.

4. Luka di penis

Adanya luka di penis, baik sakit maupun tidak, tetap perlu diwaspadai. Infeksi menular seksual sifilis bisa disertai luka namun tidak sakit dan mudah diobati. Herpes juga menyebabkan luka dan bisa ditangani untuk mengurangi rasa nyeri dan penyebarannya. Keduanya adalah infeksi menular seksual, jika Anda mengalaminya maka pasangan Anda juga perlu dicek untuk melihat kemungkinan penularan dan penyebab.

5. Masalah kencing

Apakah Anda mengalami masalah saat kencing, misalnya keluar dari berbarengan dengan urine? Maka patut Anda khawatirkan, karena kemungkinan terbesarnya adalah kanker, diikuti dengan batu ginjal, infeksi saluran kencing, atau adanya cedera. Retensi kencing merupakan akibat dari prostat yang membesar dan sebaiknya menjalani skrining kanker prostat.

Simak Video “Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)

Tinggalkan komentar