Alasan Pria Minta Putus Hubungan Walaupun Masih Cinta


Geng Sehat baru diputusin pacar secara tiba-tiba? Padahal sudah bertahun-tahun menjalin hubungan. Apa ya alasan pria minta putus hubungan walaupun masih cinta? Kalau memang cinta, seharusnya hubungannya tidak berakhir seperti ini, bukan?

 

Bagi wanita yang terkejut dan terpukul setelah diputuskan pacarnya, pertanyaan pertama yang muncul di kepalanya pasti ‘kenapa?’. “Kenapa dia ninggalin aku? Apa kesalahan yang aku perbuat? Bagaimana bisa dia minta putus padahal selama ini kita saling cinta?”.

 

Sejujurnya, untuk pria maupun wanita, meskipun mencintai seseorang, kalau tetap merasa tidak bahagia, maka pilihan terbaik adalah menghentikan hubungannya. Jadi, kalau Geng Sehat masih bingung alasan pria minta putus hubungan walaupun masih cinta, berikut penyebab paling umumnya!

 

Baca juga: Penyebab Kesepian Meskipun Punya Pasangan

 

5 Alasan Pria Minta Putus Hubungan Walaupun Masih Cinta

Mau tahu alasan pria minta putus hubungan walaupun masih cinta? Berikut kelima alasannya yang paling umum:

 

1. Kamu Menjadi Beban Emosional Untuknya

Hubungan percintaan yang sehat dibangun oleh dua orang yang sama-sama bahagia sebelumnya. Kebahagiaan dua orang ini kemudian disatukan sehingga menciptakan kebahagiaan terhadap satu sama lain.

 

Jangan pernah mengandalkan Kamu akan bahagia dengan menjalin hubungan, selama Kamu tidak bahagia. Artinya Kamu mengandalkan pasangan Kamu untuk membuatmu bahagia. Jika ini yang terjadi, pasangan Kamu akan merasa dirinya bertanggung jawab akan kebahagiaan Kamu. Dia akan merasa terbebani untuk memastikan agar Kamu selalu bahagia.

 

Dinamika hubungan percintaan tersebut toxic, lama kelamaan pasangan Kamu merasa lelah untuk terus bertanggung jawab terhadap kondisi emosional Kamu. Dan ini tidak ada hubungannya dengan rasa cinta. Bisa jadi ia masih sangat mencintai Kamu, namun ia lelah dan merasa terbebani. Ini menjadi salah satu alasan pria minta putus hubungan walaupun masih cinta.

 

2.  Hubungan Percintaan yang Negatif

Alasan pria minta putus hubungan walaupun masih cinta yang satu ini berhubungan dengan alasan pertama. Sederhana saja, pria pasti akan mempertahankan hubungan percintaan kalau ia merasa bahagia. 

 

Bahkan di masa sulit pun, pria tidak akan langsung mengabaikan pasangannya begitu saja. Pria akan bertahan di masa-masa sulit untuk wanita yang dicintainya. Namun jika aura negatif ini terus menerus berlangung, maka semakin berat upaya untuk mempertahankan hubungan, pria akan semakin terbebani.

 

Baik pria maupun wanita tidak akan tahan berada dalam situasi negatif berkepanjangan. Lama kelamaan, hal tersebut akan merusak hubungan percintaan. Ini menjadi salah satu alasan pria minta putus hubungan walaupun masih cinta.

 

Baca juga: 8 Arti Mimpi Seks, Mana yang Pernah Kamu Alami?

 

3. Tujuan Jangka Panjang Bertentangan

Mungkin dia ingin langsung punya anak setelah menikah, sementara Kamu tidak mau. Mungkin dia ingin tinggal di kota kelahirannya, sementara Kamu lebih ingin tinggal di kota. Perbedaan seperti ini bisa menjadi alasan pria minta putus hubungan walaupun masih cinta.

 

Oleh sebab itu keputusan atau pilihan besar dalam hidup seperti itu sebaiknya dibicarakan sejak awal menjalani hubungan percintaan. Dengan begitu, akan mengurangi risiko hubungan kandas akibat berbeda tujuan hidup meskipun sudah dijalin selama bertahun-tahun.

 

4. Dia Tidak Bisa Menjadi Dirinya Sendiri

Banyak orang yang berkata bahwa pria akan meninggalkan wanita yang dicintainya karena dia terlalu banyak mengkritiknya. Dalam hubungan yang baik, kedua belah pihak harus bisa merasa dapat menjadi diri sendiri dan jujur terhadap satu sama lain, tanpa terlalu banyak penilaian negatif. Kalau pria tidak bisa merasa menjadi diri sendiri ketika bersama pasangannya, maka hal ini akan menjadi salah satu alasan pria minta putus hubungan meskipun masih cinta.

 

5. Dia Tidak Suka Dibandingkan dengan Pria Lain

Akar dari setiap hubungan percintaan adalah kebahagiaan yang datang ketika Kamu sadar bahwa Kamulah yang jadi pilihan pasangan. Begitu juga pasangan akan merasakan hal yang sama. 

 

Rasa bahagia tersebut menjadi pengerat hubungan percintaan. Jadi, kalau pacar atau pasangan merasa dia bukan pilihan pertama Kamu, khususnya ketika Kamu sering membandingkannya dengan pria lain, maka hal ini akan mengurangi kebahagiaannya dalam hubungan ini. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan pria minta putus hubungan meskipun masih cinta. (UH)

 

Baca juga: Tanda Hubungan Jarak Jauh akan Berakhir!

 

Sumber:

Vixen Daily. The Top 7 Reasons Why Men Leave The Women They Love.

Your Tango.  There’s Only One Reason A Guy Ever Lets A Woman. Mei 2019.

Tinggalkan komentar