Asam Lambung Naik, Coba Konsumsi Minuman Ini Untuk Meredakannya


Meski penyakit asam lambung bukan masuk kedalam golongan penyakit yang mematikan, akan tetepi jika saat asam lambung naik atau kambuh, hal ini terasa cukup menyiksa dan membuat kita merasa tak nyaman menjalani aktivias harian.

Salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika anda menderita penyakit asam lambung ini adalah mengatus pola makan sebaik mungkin agar asam lambung anda tikdak kambuh.

Misalnya, jangan sampai telat makan, kurangi makan makanan yang bercita rasa pedas, asam dan sebagainya.

Sebab apabila kita sampai salah  dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi, hal tersebut justru bisa membuat gejala asam lambung yang anda alami kian bertambah parah.

Bahkan biasanya gejalanya akan di barengi pula dengan batuk, mual, atau sakit tenggorokan. Terkadang juga asam lambung naik ke dada dan terasa sakit yang cukup menyiksa.

Nah, jika anda terkadang “khilaf” dan salah dalam mengkonsumsi jenis makanan tertentu atau pola makan anda jadi tidak teratur karena berbagai alasan hingga menyebabkan asam lambung naik, beberapa jenis minuman ini bisa anda coba untuk meredakannya.

Apa saja jenis minuman tersebut ? berikut ulasan lengkapnya.

Jenis Minuman Untuk Meredakan Asam Lambung Naik

Berikut ini adalah beberapa jenis minuman untuk mengatasi asam lambung naik yang sedang anda alami.

Teh herbal di ketahui dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual yang tengah di alami, bahkan termasuk di percaya dapat meredakan asam lambung yang sedang kumat.

Kendati demikian, perlu diingatbahwa tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi untuk meredakan asam lambung yang kambuh.

Pilihlah jenis teh herbal yang bebas dari kafein, seperti teh licorice. Teh licorice atau teh yang terbuat dari bahan herbal alami akar manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung.

Untuk membuat teh jenis juga sangatlah mudah. Seduh satu sendok ekstrak teh herbal kayu manis ke dalam satu cangkir air panas, lalu diamkan kurang lebih selama 5 sampai 10 menitkemudian segera minum.

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk meredakan asam lambung, minum dua sampai empat cangkir teh herbal dalam satu hari sambil beristirahat.

  • Susu yang rendah lemak atau susu skim

Susu jenis ini juga di percaya dapat meredakan asamlambung yang sedang naik. Pilihlah susu yang memang benar-benar rendah lemak.

Karena jika sampai salah memilih jenis susu, alih-alih menjadi sehat justru asam lambung anda akan jadi semakin parah.

Ingat, jangan mengkonsumsi susu yang terbuat dari susu sapi. Karena jenis susu ini sangat tinggi lemak sehingga sulit di cerna. Oleh karenanya hindari minum susu sapi jika asam lambung naik.

Selain susu rendah lemak atau susu skim, susu nabati juga bisa meredakn asam lambung yang sedang naik. Anda bisa memilih jenis susu kedelai, susu almond, dan susu kacang mede.

Silahkan pilih, jenis susu mana yang anda suka baik dari aroma maupun rasanya. Dari semua jenis minuman yang disarankan, susu nabati terutama jenis susu kedelai adalah minuman yang paling di sarankan untuk meredakan asam lambung yang kambuh.

Susu Nabati bisa di gunakan sebagai cara untuk mengobati asam lambung dengan cepat.

  • Jus buah atau sayur segar

Kendati di sarankan, namun tak semua jenis jus buah-buahan bisa anda konsumsi. Jus dari buah apel, jeruk dan nanas ada baiknya di hindari saat asam lambung naik.

Buatlah jus yang terbuat dari sayuran seperti wortel, mentimun, lidah buaya untuk meredakan asam lambung anda. Sementara untuk jus buah,anda bisa pilih buah bit, semangka atau buah pir untuk di konsumsi selama asam lambung baik.

Air kelapa muda juga bisa digunakan untuk meredakan asam lambung yang sedang kambuh. Air kelapa diketahui banyak mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.

Minumlah air kelapa segar, agar asam lambung yang kumat yang anda derita bisa segera reda.

Dengan minum air putih, juga bisa mengurangi gejala asam lambung yang sedang naik. Kendati dianjurkan untuk minum air putih, akan tetapi kita tetap perlu membatasi jumlah air putih yang diminum.

Pasalnya, terlalu banyak minum air putih justru dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh dan meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks asam lambung.

Demikian, beberapa jenis minuman yang bisa langsung anda coba untuk konsumsi ketika penyakit asam lambung anda sedang naik.

Selai itu, dengan menerapkan pola makan yang teratur, serta menghindari jenis makanan dan minuman yang di larang untuk penderita asam lambung, maka kondisi penyakit asam lambung yang anda derita akan semakin jarang kambuh.

Tinggalkan komentar