Bahaya Overeating Disorder – GueSehat.com


Setiap kali stres, bawaannya ingin mengunyah segala sesuatu. Hmm, kalau ini jadi kebiasaan, sepertinya Kamu wajib waspada. Soalnya, Kamu bisa mengalami overeating disorder! Sebenarnya, apa sih, overeating disorder itu?

 

Sebutan ini juga populer dengan nama binge eating atau emotional eating. Intinya, seseorang yang sedang stres atau mengalami masalah emosional cenderung mencari pelarian ke makanan. Selain obesitas, mereka bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan lain, lho.

 

Binge sendiri artinya juga berlebihan. Dalam populasi penderita gangguan makan atau eating disorder, 15% adalah penderita overeating disorder. Namun, penderita gangguan makan ini berbeda dengan anoreksia maupun bulimia. Mereka tidak memuntahkan makanan atau berolahraga secara berlebihan.

 

Pelaku binge eating makan melebihi porsi rata-rata orang pada umumnya. Misalnya bila orang rata-rata makan tiga kali sehari atau lima kali sehari dalam porsi lebih mini, penderita gangguan makan berlebihan ini bisa makan lebih dari itu. Anehnya, mereka sama sekali tidak merasa kenyang. Makan menjadi pelarian mereka dari perasaan tidak nyaman atau emosi negatif lainnya.

 

Lingkaran Setan Overeating Disorder

Sayangnya, masalah ini ibarat pecandu narkoba yang tidak bisa berhenti mengonsumsi obat-obatan terlarang. Penderita overeating disorder biasanya makan banyak untuk menghilangkan emosi negatif yang mengganggu kenyamanan mereka. Begitu selesai makan banyak, perasaan itu malah bertambah parah.

 

Bahkan dalam beberapa kasus, ada penderita overeating disorder yang memutuskan untuk melakukan crash diet (diet ekstrem) karena merasa bersalah. Akibatnya, metode diet untuk memutuskan lingkaran setan ini sama sekali tidak berhasil. Penderita membutuhkan bantuan terapis profesional secara bertahap dan dukungan dari orang-orang terdekat.

 

Menurut Astrid Helesic, pimpinan klinik gangguan makan di Bad Honnef, penderita tidak sadar bahwa penyebab mereka selalu ingin makan lebih banyak adalah karena kompensasi. Penderita ingin lari dari masalah atau melupakan perasaan yang tidak membuat mereka nyaman, seperti harga diri yang rendah dan trauma masa lalu.

 

Bahaya Overeating Disorder Selain Obesitas

Selain obesitas, inilah beberapa bahaya overeating disorder:

  1. Masalah-masalah kesehatan fisik lainnya

Beberapa masalah kesehatan fisik lainnya terkait overeating disorder adalah energy rush (mengalami ledakan energi dalam waktu singkat, tetapi kemudian langsung merasa lemas), perut kembung dan maag, hingga nyeri sendi. Menurut Beth Israel Deaconess Medical Centre, nyeri sendi terjadi gara-gara tulang mulai kesulitan menahan bobot tubuh yang berlebih.

 

  1. Masalah kesehatan mental

Berat badan yang terus naik karena makan banyak tidak hanya menyebabkan obesitas. Dalam lingkungan sosial, orang-orang bertubuh gemuk, apalagi yang obesitas, selain dianggap tidak ideal dari segi penampilan, juga dianggap tidak punya kendali diri. Hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri mereka sehingga rentan mengalami depresi.

 

  1. Berbagai penyakit degeneratif

Konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan sudah terbukti tidak sehat. Dan, inilah yang dilakukan penderita overeating disorder. Selain dapat terkena diabetes tipe 2, penderita juga rentan menderita hipertensi, berbagai jenis kanker, penyakit kandung kemih, gangguan kolesterol tinggi, hingga gangguan tidur sleep apnea. Beberapa penyakit yang disebutkan, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi, dapat berlanjut menjadi masalah jantung dan stroke.

 

Jangan Terlambat Mencari Bantuan!

Jangan biarkan masalah overeating disorder mengancam kesehatanmu. Bila selama ini sudah banyak orang-orang terdekat yang mulai mencemaskan kebiasaanmu makan setiap kali stres, sebaiknya mulailah mendengarkan mereka. Tidak perlu malu bila membutuhkan bantuan tenaga kesehatan atau terapis.

 

Jika ada rasa ingin makan meskipun sebenarnya tidak lapar, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Lebih baik mengatasi stres dengan cara lain yang lebih sehat, seperti berdoa, bermeditasi, lebih banyak minum air putih, hingga curhat dengan orang-orang terdekat atau yang memahami.

 

Sumber

Eating Recovery Center: Health Risks of Compulsive Overeating

SFGate: What Are the Dangers of Overeating?

DW.com: Kecanduan Makan Karena Stress

Tinggalkan komentar