Beberapa Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus dihindari


Selain kurangnya kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan kulit wajah, jerawat juga bisa timbul karena mengkonsumsi beberapa jenis makanan penyebab jerawat yang sering kita konsumsi setiap hari.

Kondisi kesehatan kulit kita adalah cerminan dari berbagai jenis asupan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita.

Karena itu penting bagi anda, terutama kaum hawa untuk paham beberapa jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya di hindari untuk dikonsumsi.

Bukannnya tidak boleh dikonsumsi, namun ada baiknya membatasi jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Lalu, jenis makanan apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat, apakah jenis makanan tersebut merupakan makanan kesukaan kita ?. Agar tak penasaran simak ulasan lengkanypa berikut ini.

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Perlu di ingat,meski ada baiknya untukdi hindari namun bukan berarti kitatak boleh mengkonsumsinya sama sekali. Semua jenis makanan berikut masih boleh di makan namun dalam jumlah yang wajar dan tak terlalu sering.

Sejatinya gula merupakan salah satu jenis asupan makanan yang cukup penting bagi tubuh. Gula yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa yang menghasilkan energi dengan cepat.

Namun, ternyata gula juga merupakan jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya untuk tidak dikonsumsi dalamm jumlah yang berlebihan.

Semua makanan lezat dan bersita rasa manis seperti kue, minuman manis, atau permen dapat meningkatkan tingkat insulin yang mengarah ke peradangan, yang akan membentuk terjadinya jerawat.

Selain sebagai bahan untuk meningkatkan hormon penyebab terjadinya jerawat, makanan manis dengan kandungan gula yang tinggi juga dapat merusak kerja kolagen dan elastin kulit sehingga kulit dapat turun elastisitas dan gejala penuaan bisa muncul lebih cepat.

Oleh karena itu, apabila anda suka makanan yang manis-manis perbanyaklah makan buah dan camilan yang mengandung pemanis alami untuk menjaga pori-pori tetap sehat dan mencegah timbulnya jerawat.

Selain gula, cokelat juga di kenal sebagai salah satu jenis makanan penyebab jerawat yang memang sudah banyak dipercayai di kalangan masyarakat banyak.

Sama halnya dengan gula, kadar zat pemanis dalam cokelat dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat, terutama mengonsumsi cokelat putih karena bisa memicu panas dalam kulit dan menjadi penyabab timbulnya jerawat.

Keju merupakan salah satu produk olahan dari susu yang banyak di gemari olah masyarakat. Namun, dibalik rasanya yang lezat tersebut, ternyata keju dapat memicu kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak sehingga dapat menimbulkan jerawat yang cukup menggangu.

Terutama untuk anda yang memiliki kulit wajah dengan tipe kulit berminyak, sebaiknya mengkonsumsi susu harus di hindari.

Dalam sebuah penelitian kesehatan disebutkan bahwa orang dewasa yang sering mengonsumsi susu dan es krim, beresiko empat kali lebih tinggi untuk timbulnya masalah berjerawat.

Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk kondisi jerawat yang dialami oleh seseorang.

Jenis makanan yang satu ini di anggap biang kerok timbulnya masalah jerawat. Kacang merupakan jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya dihindari untuk di konsumsi dalam jumlah yang banyak.

Tak hanya bahan pokok kacang saja (kacang tanah), namun beragam produk olahan dari kacang juga memiliki resiko yang sama dalam timbulnya masalah jerawat.

Kacang diketahui dapat menyebabkan produksi sebum menjadi meningkat, sehingga bakteri pada kulit bisa berkembang memicu timbulnya jerawat.

Jenis makanan ini merupakan makanan cemilan favorit semua orang. Namun dibaliknya rasanya yang nikmat, tersimpan resiko timbulnya jerawat bagi yang sering mengkonsumsi gorengan.

Gorengan dipercaya dapat merusak nutrisi dan vitamin yang sangat penting bagi penampilan kulit wajah, karena dapat menyebabkan kelebihan lemak, yang membuat kulit terilhat lebih kusam dan berkurang keelastisannya

Kendati demikian, beberapa jenis makanan penyebab jerawat yang sudah dijelaskan di atas tidak mutlak menjadi penyebab timbulnya masalah pada wajah tersebut.

Karena ada beberapa orang yang meski mengkonsumsi makanan di atas dalam jumlah banyak tak berakibat apa-apa pada kulit wajah mereka.

Karena itu, selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah lebih diutamakan.

Tinggalkan komentar