Begini Kerjanya Tangan Bionik Keren Asli Tangerang



Jakarta – Tangan bionik ini dikembangkan oleh mahasiswa bersama dosen dari Swiss German University (SGU). Mulai dari merancang model dan material tangan bioniknya hingga sensor dan bahasa pemrograman.

Dosen jurusan Mekatronika di SGU, Dr Eka Budiarto, ST, MSc mengatakan bahwa untuk mengembangkan tangan bionik ini membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Tidak mudah, Eka dan para mahasiswanya menemukan banyak kendala.

Cara kerja tangan bionik ini bergantung pada sinyal-sinyal listrik otot yang ditangkap oleh sensor yang menggunakan teknologi surface electromyography (sEMG).


Untuk menginterpretasikan sinyal-sinyal listrik otot yang ditangkap sensor, Eka menggunakan beberapa teknik, mulai dari PCA (principal component analysis), meningkat menjadi ANN (artificial neural network), hingga yang lebih canggih CNN (convolutional neural network).

Hingga kini, sudah ada tiga model tangan bionik yang dikembangkan. Mulai dari yang tidak bisa menggenggam sempurna karena keterbatasan material, hingga model ketiga yang gerakannya lebih fleksibel.

“Sambil itu kita berpikir tangan ini kurang bagus karena cuma pakai tali. Jadi kita buat yang lebih bagus, kemarin akurasinya masih di 80 persen, sekarang akurasinya bisa 90-an persen lebih. Desain mekaniknya baru,” imbuh Eka.

Bekerjasama dengan Yayasan Helping Hand Indonesia, sebuah yayasan yang memiliki perhatian khusus kepada teman-teman disabilitas, memberikan tangan bionik ini kepada Rian Satriani yang telah kehilangan tangan kanannya sejak lima tahun lalu.

Rian mengaku bahagia sekali bisa menggunakan tangan bionik ini meskipun modelnya yang cukup berat, yaitu sekitar 1,5 kilogram. Namun Rian pantang menyerah untuk terus beradaptasi dengan tangan barunya.

“Berat sih pasti, sama kesulitan untuk tanggap gelang mayo-nya dengan tangannya ini. Dia (sensor -red) harus mencari saraf-sarafnya harus pas, kalau nggak pas nggak mau ngangkat,” lanjut Rian yang bekerja di kedai bakso.

Mau tahu bagaimana tampilan dan cara kerja tangan bionik asli Tangerang ini? Saksikan info lengkapnya di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

Simak Video “Bangga! Ini Tangan Bionik Ciptaan Anak Indonesia
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/kna)

Tinggalkan komentar