Buah yang Dapat Menyembuhkan Diare pada Anak


Informasi kesehatan ditinjau dan diedit oleh dr. William

Diare adalah kondisi yang membuat tubuh sering buang air besar serta merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan racun dan bakteri dalam sistem pencernaan. Untuk meredakan diare anak, Mums bisa memberikan buah-buahan tertentu kepada si Kecil. Lantas, apa saja buah yang dapat menyembuhkan diare anak?

 

Buah yang Dapat Menyembuhkan Diare Anak

Saat si Kecil sering buang air besar atau diare, ia mungkin akan menjadi lebih rewel karena merasa lemas dan tidak nyaman. Berikut daftar buah yang dapat menyembuhkan diare!

 

1. Pisang

Karena diare, si Kecil kehilangan banyak potasium dalam tubuh. Oleh karena itu, Mums perlu mengembalikan asupan potasium yang dibutuhkan olehnya. Pisang merupakan salah satu buah yang dapat menyembuhkan diare pada anak karena mengandung kalium, seng, zat besi, kalsium, magnesium, serta vitamin A dan juga B6. Diare dapat menguras energi si Kecil, sehingga memberikan pisang dapat mengembalikan kekuatannya. 

 

Baca juga: Yuk, Ketahui Penyebab Diare pada Anak!

 

 

2. Apel

Apel mengandung pektin yang baik untuk pergerakan usus si Kecil dan juga dapat mengembalikan energi yang terkuras akibat diare. Hal inilah yang membuat apel merupakan salah satu buah yang dapat menyembuhkan diare pada anak. Mums hanya perlu mencuci apel hingga bersih, rebus dengan air, lalu haluskan agar mudah dicerna oleh si Kecil. 

 

 

3. Air Kelapa

Saat si Kecil diare, ia akan kehilangan banyak cairan dan akan membuatnya dehidrasi. Makanya nih Mums, langkah pertama untuk menangani diare pada anak ialah dengan memenuhi asupan cairan dalam tubuh, sehingga ial tidak dehidrasi. Air kelapa bukanlah buah yang dapat menyembuhkan diare pada anak, tetapi untuk mencegah dehidrasi yang rentan terjadi saat diare. Mums bisa memberikan air kelapa kepada si Kecil 2-3 kali dalam sehari. 

 

Baca juga: Manfaat Zinc untuk Mengatasi Diare Anak

 

 

4. Lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Hal inilah yang membuat lemon menjadi salah satu buah yang dapat menyembuhkan diare pada anak. Satu sendok air lemon yang diberikan setiap 4-5 kali sehari bisa menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan lambung dan juga diare. Selain itu, air lemon juga meredakan gangguan pencernaan, seperti kembung, mulas, dan kram perut.

 

 

5. Ekstrak Daun Jambu Biji

Jambu biji merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi jambu biji baik untuk pergerakan usus yang sehat. Ekstrak daun jambu biji juga memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji mengurangi intensitas dan durasi diare. Ekstrak daun jambu biji yang bersifat antimikroba dapat menetralkan mikroba berbahaya di usus, yang bisa menyebabkan diare. 

 

Baca juga: Obat Diare Alami untuk Anak

 

Itulah kelima buah yang dapat menyembuhkan diare pada anak. Diare sebenarnya jarang sekali menjadi serius jika ditangani dengan benar. Pastikan asupan cairan si Kecil terpenuhi saat ia diare. Jika diare semakin parah atau disertai dengan gejala lainnya, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan. 

 

Oh iya, jika Mums punya pertanyaan atau hal lain yang ingin dikonsultasikan dengan ahli, jangan ragu untuk menggunakan fitur ‘Forum’ yang tersedia di aplikasi Teman Bumil. Mums sudah pernah mencoba fitur ini belum? Kalau belum, yuk cobain sekarang! (AS)

 

Baca juga: Waspada, 8 Hal Ini Mengakibatkan Diare pada Bayi!

 

Referensi:

First Cry Parenting. 2019. 16 Home Remedies for Diarrhea (Loose Motions) in Babies. 

Healthline. 8 Health Benefits of Guava Fruit and Leaves.

Tinggalkan komentar