Cara Melakukan SADARI – GueSehat


Baru-baru ini, Kesha Ratuliu mengunggah foto hasil USG melalui Instagram pribadinya. Pada salah satu Instagram story-nya yang diunggah Minggu (23/2), ia menyebut bahwa foto tersebut merupakan hasil USG payudara sebelah kanan yang diduga merupakan tumor. 

 

“Kenapa ada lingkaran hitam yang kalian sangka itu janin? Itu adalah tumor/kista. Kenapa masih belum tau? Karena aku belum konsul kembali dengan dokter. Kenapa kok di-share di story? Karena sebagian besar yang follow aku adalah wanita. Jadi, aku pengen kalian tahu kalau ‘SADARI’ itu penting,” tulis Kesha dalam salah satu unggahan Instagram story-nya. 

 

Namun, Kesha menambahkan bahwa menurut dokter radiologi, lingkaran hitam dari hasil USG tersebut tergolong jinak. “Tetapi belum tahu benar atau nggak karena belum ketemu dengan dokter onkologinya,” tulis keponakan dari Mona Ratuliu tersebut. 

 

Oleh karena itu, Kesha ingin pengikutnya di Instagram, terutama perempuan lebih sadar untuk melakukan deteksi dini dan mengetahui cara melakukan SADARI. “Lakukan sadari dan jika kalian menemui benjolan dan sebagainya langsung check ke dokter,” tambahnya.

 

Baca juga: Inilah Perbedaan Antara Kista dan Tumor

 

 

Cara Melakukan SADARI

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mendeteksi dini kanker payudara, mulai dari pemeriksaan payudara sendiri atau disebut juga dengan SADARI hingga pemeriksaan USG payudara secara berkala. Rutin melakukan SADARI tentu dapat mempercepat deteksi serta terapi terhadap kanker payudara

 

SADARI bisa dilakukan dengan bantuan tangan, penglihatan, serta cermin sehingga pemeriksaan dapat dilakukan dengan teliti. Namun, menurut Kementrian Kesehatan, SADARI perlu dilakukan pada waktu tertentu, yaitu tujuh hingga sepuluh hari setelah menstruasi. Berikut beberapa cara melakukan SADARI yang perlu Kamu ketahui!

 

Baca juga: Hati-hati! Daging Merah Pemicu Kanker Payudara 

 

 

1. Berdiri Tegak

Berdirilah dengan tegak dan cermati jika ada perubahan pada bentuk ataupun permukaan kulit payudara, pembengkakan, ataupun perubahan pada puting. Jangan khawatir jika bentuk payudara kanan dan kiri Kamu tidak sama karena itu normal. 

 

2. Angkat Kedua Lengan

Angkatlah kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Doronglah siku ke depan dan lihat atau cermati payudara. Setelah itu, dorong siku ke belakang dan lihat bentuk serta ukuran payudara. 

 

3. Posisikan Kedua Tangan pada Pinggang

Posisikan kedua tangan Kamu pada pinggang, lalu condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung. Setelah itu, dorong kedua siku ke depan dan kencangkan atau kontraksikan otot dadamu. 

 

Baca juga: Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara 

 

 

4. Angkat Lengan Kiri

Angkatlah lengan kiri ke atas, tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukanlah gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran ataupun lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan. 

 

5. Cubit Kedua Puting

Setelah mencubit, cermati dan lihatlah jika ada cairan yang keluar dari puting. Konsultasikanlah segera dengan dokter jika hal tersebut terjadi. 

 

6. Letakkan Bantal di Bawah Pundak Kanan

Pada posisi berbaring atau tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati atau lihat payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan seluruh payudara hingga ke area ketiak. 

 

Itulah keenam cara melakukan SADARI. Jika ada perubahan bentuk, kondisi, atau permukaan payudara, segeralah konsultasikan dengan dokter ya, Gengs. Yuk, temukan dokter yang ada di sekitarmu dengan menggunakan fitur ‘Direktori Dokter’ yang tersedia di GueSehat.com!

 

 

 

 

Sumber: 

Tribunnews. 2020. 5 Fakta Kesha Ratuliu, Sempat Alami Kekerasan dari Mantan, Kini Tumor Payudara Merongrongnya

Dream. 2020. Fakta Hasil USG Kesha Ratuliu

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Enam Langkah SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara.

GueSehat. 2016. Deteksi Dini Kanker Payudara dengan SADARI

Tinggalkan komentar