Cara Membersihkan paru-paru – Guesehat


 

Bukan hanya badan yang harus dibersihkan dengan mandi teratur. Paru-paru kita juga harus dibersihkan Gengs, apalagi bagi perokok! Ada beberapa cara membersihkan paru-paru dan menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya dengan mengonsumsi makanan untuk kesehatan paru.

 

Setiap saat paru-paru kita menampung udara yang belum tentu selalu bersih. Apalagi di kota besar yang kualitas udaranya buruk. Selalu ada paparan asap rokok, debu, polutan dari udara yang semuanya akan masuk ke saluran pernapasan dan berakhir di paru-paru.

 

Jika Kamu terus menerus menghirup udara yang tercemar (polusi udara), asap rokok, dan racun lainnya, lama kelamaan dapat merusak paru-paru dan bahkan menyebabkan munculnya masalah kesehatan.

 

Oleh karena itu Kamu perlu tahu cara menjaga kesehatan paru-paru dengan mengetahui cara membersihkan paru-paru. Simak bagaimana caranya yuk!

 

Baca juga: Batuk Lebih dari 3 Minggu, Waspadai Gejala TBC!

 

Kematian Akibat Penyakit Paru-paru

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menghasilkan 4,2 juta kematian setiap tahun di seluruh dunia. Merokok juga menjadi penyebab kematian pada satu dari setiap lima orang.

 

Paru-paru adalah organ pernapasan yang sebenarnya memiliki kemampuan membersihkan diri sendiri. Sistem pernapasan kita memiliki alat penyaring mulai dari hidung, tenggorokan hingga ke paru-paru. Udara yang kotor akan dibersihkan oleh sistem pernapasan sehingga hanya oksigen bersih yang akan diedarkan ke seluruh tubuh.

 

Tetapi paru-paru juga punya kapasitas terbatas. Ketika ia dihajar terus menerus dengan asap rokok, polusi dan zat berbahaya lain, maka suatu saat akan terjadi kelainan, misalnya kanker paru atau penyakit paru obstruksi kronik (PPOK).

 

Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk kesehatan seluruh tubuh. Saat paru-paru kotor karena polutan atau asap rokok, seseorang mungkin akan merasakan gejala sesak karena ada peradangan di paru-paru.

 

Peradangan akan memproduksi lendir yang menumpuk di paru-paru. Fungsi lendir ini sebenarnya untuk menangkap mikroba dan patogen yang menyebabkan infeksi dan peradangan di paru. Ketika lendir menumpuk, bernapas menjadi susah. Agar ini tidak sampai terjadi, Kamu harus tahu cara membersihkan paru-paru dan mengonsumsi makanan untuk kesehatan paru-paru.

 

Baca juga: Cara Mencegah Dampak Buruk Asap Bagi Kesehatan!

 

Cara membersihkan paru-paru

Ada beberapa metode yang sudah dikenal selama bertahun-tahun untuk membersihkan paru-paru. Tentunya teknik atau cara membersihkan paru-paru ini tidak dapat dipisahkan dengan latihan pernapasan dan perubahan gaya hidup.

 

1. Terapi uap

Terapi uap atau inhalasi uap, adalah cara membersihkan paru-paru dengan menghirup uap air agar saluran udara di paru-paru terbuka. Cara ini juga bisa membantu paru-paru mengeluarkan lendir.

 

Sebagian orang dengan penyakit paru seperti asma atau PPOK biasanya akan kambuh di waktu-waktu tertentu, misalnya saat udara dingin atau kering. Terapi uap dapat menambah kehangatan dan kelembaban ke udara di paru-paru. 

 

Lendir yang menyumbat aliran oksigen di paru-paru akan mencair sehingga melegakan gejala sesak napas. Dengan terapi uap, penderita PPOK, asma, atau bronkitis bisa bernapas lebih mudah.

 

2. Batuk

Batuk adalah salah satu cara membersihkan paru-paru yang efektif. Dengan batuk, racun dan zat pengganggu yang ada di lendir akan dikeluarkan. Tentu saja batuk yang “baik” adalah batuk yang terkendali, dan bukan batuk karena gejala penyakit.

 

Dokter merekomendasikan agar penderita PPOK berlatih batuk sebagai cara membersihkan paru-paru mereka. Berikut ini adalah langkah membersihkan paru-paru dan mengeluarkan dahak dengan batuk:

 

– Duduk di kursi dengan bahu santai, kedua kaki tetap rata di lantai.

– Lipat lengan di atas perut.

– Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung.

– Perlahan-lahan buang napas sambil mencondongkan tubuh ke depan, mendorong lengan ke perut

– Coba untuk batuk 2 atau 3 kali saat menghembuskan napas dengan mulut sedikit terbuka

– Tarik napas melalui hidung pelan-pelan

– Istirahat dan ulangi lagi

 

3. Menguras lendir dari paru-paru

Kamu pernah mendengar gurah kan Gengs? Ya gurah dalam istilah medis disebut drainase postural yaitu salah satu cara membersihkan paru-paru dengan mengeluarkan lendir di saluran pernapasan. Ada beberapa teknik drainase pastural untuk menguras lendir. Untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru, caranya dengan memanfaatkan gravitasi bumi.

 

Posisi tidur terlentang

– Berbaringlah di lantai atau tempat tidur.

– Tempatkan bantal di bawah pinggul untuk memastikan bahwa dada lebih rendah dari pinggul.

– Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung dan buang napas melalui mulut. Setiap napas harus memakan waktu dua kali lebih lama daripada yang dihirup, yang disebut pernapasan 1: 2.

– Ulangi selama beberapa menit.

 

Posisi tidur miring

– Berbaringlah menyamping menghadap ke satu sisi, sandarkan kepala di lengan atau bantal.

– Tempatkan bantal di bawah pinggul.

– Lakukan pola pernapasan 1: 2, dan ulangi selama beberapa menit 

– Ulangi di sisi lain.

 

Posisi tidur terngkurap

– Atur beberapa tumpukan bantal di lantai.

– Berbaringlah dengan perut di atas bantal. Ingatlah untuk menjaga pinggul tetap di atas dada.

– Lipat lengan di bawah kepala untuk penyangga.

– Lakukan pola pernapasan 1: 2.

– Ulangi selama beberapa menit.

 

Baca juga: Tips Tetap Sehat Meski Tinggal di Kota dengan Kualitas Udara Buruk

 

4. Berolahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Olahraga teratur juga mengurangi risiko berbagai penyakit termasuk stroke dan penyakit jantung.

 

Olahraga memaksa otot untuk bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan laju pernapasan tubuh. Aktivitas fisik akan menghasilkan pasokan oksigen yang lebih besar ke otot. Manfaat lain olahraga adalah meningkatkan sirkulasi darah, membuat tubuh lebih efisien dalam membuang kelebihan karbon dioksida yang dihasilkan tubuh saat berolahraga.

 

Pada orang yang rutin berolahraga, tubuh meraka akan mudah beradaptasi dan bisa menggunakan oksigen lebih efisien, dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida.

 

Meskipun berolahraga mungkin lebih sulit dilakukan oleh orang-orang dengan penyakit paru kronis, namun tetap ada manfaatnya. Penderita PPOK, kista fibrosis, atau asma harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga yang aman.

 

Baca juga: Dampak Polusi Udara, Warga Jakarta Terancam Penyakit Paru Ini!

 

Makanan untuk Kesehatan Paru-paru

Setelah tahu cara membersihkan paru-paru, jangan lupa mengonsumsi makanan untuk kesehatan paru-paru. Berikut ini di antaranya:

 

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu makanan untuk kesehatan paru-paru yang sangat baik. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari asap dan zat kimia berbahaya.

 

Sebuah penelitian baru-baru ini, melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum sama sekali.

 

2. Makanan anti-inflamasi

Peradangan saluran udara bisa membuat pernapasan menjadi sulit dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Mengonsumsi makanan anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan di paru dan meredakan gejala-gejala sesak napas dan batuk. Beberapa makanan yang dapat membantu melawan peradangan misalnya kunyit, sayuran hijau, buah ceri, zaitun, dan kacang-kacangan.

 

Baca juga: 3 Kesalahan yang Membuat Asma Kambuh

 

 

Referensi:

Medicalnewstoday. Natural ways to cleanse lungs

Indiatimes.com. 13 ways you can purify your lungs. 

Lungsinstitute.com. Lung disease new cleanse lungs

 

 

Tinggalkan komentar