Cara Mencegah Penyakit Jantung – GueSehat.com


Beberapa waktu lalu, dunia hiburan Indonesia dikejutkan dengan kabar meninggalnya aktor sekaligus suami dari penyanyi ternama Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair. Pria yang baru berusia 40 tahun ini diduga meninggal karena serangan jantung.

 

Penyakit jantung memang menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Apalagi, data menunjukkan bahwa jumlah orang yang terkena serangan jantung pada rentang usia yang terbilang relatif muda semakin meningkat.

 

Lantas apa yang dapat Geng Sehat lakukan untuk menjaga kesehatan organ jantung? Berikut 8 hal yang perlu diperhatikan agar organ jantung Geng Sehat selalu berada dalam kondisi yang baik!

 

  1. Terbebas dari asap rokok

Tidak merokok dan bebas dari asap rokok merupakan dua hal yang berbeda, tetapi tetap saling berkaitan. Tidak merokok lebih menyatakan pilihan kebiasaan seseorang dalam mengisap produk berbahan dasar tembakau tersebut.

 

Namun, seseorang yang tidak merokok belum tentu terbebas dari asap rokok. Paparan asap rokok juga dapat diperoleh dari lingkungan sekitar atau sering kali disebut sebagai paparan rokok secara pasif. Kelompok perokok pasif ini juga memiliki risiko kesehatan jantung yang tidak kalah besar dengan para perokok aktif.

 

Jadi Gengs, untuk menjaga kesehatan jantung kita semua, penting untuk menjauhi kebiasaan merokok sekaligus mengajak orang-orang di sekitar Geng Sehat untuk juga menjauhi kebiasaan buruk tersebut. Udara sekitar yang bebas dari asap rokok akan sangat baik untuk kesehatan kita.

 

  1. Pantau kadar kolesterol

Ketidakseimbangan kadar kolesterol di dalam tubuh bisa menyebabkan terbentuknya plak di dinding pembuluh darah. Timbunan plak inilah yang sering menjadi tersangka utama dalam kasus-kasus serangan jantung dan stroke.

 

Kadar kolesterol di dalam tubuh banyak dipengaruhi oleh pola makan dan aktivitas fisik Geng Sehat. Selain menjaga pola makan dan aktivitas fisik, ada baiknya Geng Sehat juga memantau kadar kolesterol melalui pemeriksaan laboratorium, terlebih apabila terdapat riwayat penyakit kolesterol tinggi di dalam keluarga.

 

  1. Jaga tekanan darah tetap normal

Tekanan darah yang tinggi atau yang lebih umum disebut dengan hipertensi juga merupakan faktor risiko terjadinya serangan jantung. Konsumsi garam yang berlebihan menjadi salah satu pencetus kenaikan tekanan darah.

 

Kenaikan tekanan darah sering kali tidak menimbulkan gejala yang bermakna pada tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa tekanan darah Geng Sehat berada di rentang yang normal melalui pemeriksaan berkala.

 

  1. Pantau kadar gula darah

Penyakit kencing manis atau diabetes juga berkorelasi dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Seperti halnya kadar kolesterol dan besarnya tekanan darah, kadar gula darah juga sebaiknya diperiksa secara berkala untuk memastikan Geng Sehat dalam kondisi yang baik, terlebih apabila terdapat riwayat penyakit diabetes dalam keluarga.

 

  1. Menjaga aktivitas fisik

Berbicara tentang serangan jantung terkadang malah membuat sebagian orang enggan berolahraga. Pasalnya, cukup banyak kasus serangan jantung dilaporkan terjadi setelah selesai berolahraga.

 

Namun, penting bagi Geng Sehat untuk memahami bahwa aktivitas fisik juga sangat penting perannya dalam menjaga kesehatan jantung dan peredaran darah, selama dilakukan dengan porsi dan cara yang benar.

 

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, banyak orang yang cenderung menerapkan sedentary lifestyle atau pola hidup minim aktivitas fisik. Hal ini justru berbahaya bagi kesehatan, Gengs! Berolahraga ringan, seperti berjalan cepat selama 150 menit per minggu, sudah cukup untuk menurunkan risiko diabetes serta penyakit jantung dan pembuluh darah lain.

 

  1. Jaga berat badan ideal dan lingkar pinggang normal

Tanpa bermaksud untuk melakukan body shaming, tetapi mencapai berat badan yang ideal memang diperlukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan, Gengs! Banyak penyakit yang meningkat risikonya jika Geng Sehat mengalami kelebihan berat badan.

 

Selain indeks massa tubuh yang normal (<25), Geng Sehat juga perlu memantau ukuran lingkar pinggang. Lingkar pinggang menggambarkan adanya penumpukan lemak di organ dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah serta resitansi insulin.

 

  1. Terapkan pola makan sehat

Pola makan yang bergizi seimbang akan membantu kita terhindar dari berbagai penyakit. Yang perlu diperhatikan secara khusus untuk menjaga kesehatan jantung adalah memastikan pola makan kita tidak mengandung garam berlebihan, serta kaya akan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral. Hindari junk food yang relatif banyak mengandung lemak jahat dan garam, serta batasi konsumsi alkohol.

 

  1. Mengelola stres

Dinamika kehidupan sering kali mengakibatkan tidak hanya stres fisik, melainkan juga stres psikis. Kurang tepat mengelola stres psikis yang kemudian mengganggu kesehatan mental, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan jantung. Inilah pentingnya memiliki dukungan sosial (social support), seperti teman dan keluarga. Jika dirasa perlu, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahlinya ya, Gengs!

 

Itulah 8 hal yang perlu Geng Sehat perhatikan untuk menjaga jantung tetap sehat. Jangan lupa rumus 3C untuk memastikan kadar kolesterol, kadar gula darah, dan tekanan darah kita, yaitu Check (periksa), Change (ubah dengan obat serta modifikasi gaya hidup), dan Control (kendalikan dengan pemeriksaan teratur dan menerapkan pola hidup sehat). Salam sehat! (AS)

               

Referensi 

NHS: What is the body mass index (BMI)?

Heart Foundation: Keep your heart healthy

Mayo Clinic: Heart-healthy diet: 8 steps to prevent heart disease

WebMD: Heart-Healthy Diet and Exercise

American Heart Association: Check. Change. Control Community Partner Resources

Science Daily: Heart attacks increasingly common in young adults

Tinggalkan komentar