Cara Mengajarkan Anak Berenang – GueSehat


Informasi kesehatan ditinjau dan diedit oleh dr. William

Berenang merupakan salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan, apalagi bagi anak-anak. Selain itu, berenang juga memiliki beragam manfaat. Jika sebelumnya si Kecil lebih banyak bermain di kolam renang, inilah saatnya untuk mengajarkannya berenang. Bagaimana cara mengajarkan anak berenang dengan aman?

 

Cara Mengajarkan Anak Berenang dengan Aman

Mums atau Dads tentu perlu mengawasi si Kecil selama berenang atau bermain di kolam renang. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut cara mengajarkan anak berenang dengan aman!

 

1. Pastikan untuk Tidak Meletakkan Mainan atau Barang Menarik di Dekat Kolam

Si Kecil mudah tertarik dengan mainan atau barang-barang, seperti bola atau pelampung, dengan desain yang lucu. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti berlari ke kolam untuk mengambil barang atau mainan tersebut, usahakan untuk tidak meletakkan mainan atau barang apa pun di dekat kolam.

 

Baca juga: Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mengajak Anak Berenang

 

 

2. Perhatikan Suasana Hati Si Kecil sebelum Mengajarkan Berenang

Setelah mengajak si Kecil ke kolam renang, perhatikan suasana hatinya, apakah ia senang atau takut. Sebelum mulai berenang, pastikan Mums atau Dads melakukan peregangan terlebih dahulu. Setelah itu, Mums bisa mengajak si Kecil bermain di dekat atau pinggir kolam renang. Pastikan Mums dan Dads berada di dekatnya sehingga ia percaya diri untuk belajar berenang nantinya. 

 

 

3. Gunakan Pelampung sebagai Langkah Awal

Setelah si Kecil senang berada di dekat atau pinggir kolam renang dan tampak siap belajar, jangan lupa untuk memakaikannya pelampung. Setelah itu, tengkurapkan si Kecil dan sanggah atau pegang tubuhnya dengan kedua tangan Mums atau Dads. Kemudian, minta ia untuk melebarkan dan menggerakkan lengan saat berenang.

 

Baca juga: Ini Dia Manfaat Berenang bagi Bayi!

 

4. Ajarkan Si Kecil Cara Mengapung

Bersabarlah saat mengajarkan anak berenang dan pastikan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Setelah si Kecil menguasai gerakan dasar berenang, Mums bisa mengajarinya untuk mengapung dengan cara memegang bagian ketiaknya. Lalu, minta si Kecil untuk menggerakkan kakinya. 

 

Pastikan si Kecil masih menggunakan pelampung saat mengajarkan cara mengapung di kolam renang ya, Mums. Selain itu, Mums juga bisa mengajarkan si Kecil mengapung dengan cara menelentangkan tubuhnya dan pegang tubuhnya dengan kedua tangan. Lalu, lepaskan perlahan hingga ia mengapung. 

 

Si Kecil mungkin akan merasa takut dan panik saat Mums atau Dads melepaskan pegangan di tubuhnya. Yakinkan si Kecil kalau Mums atau Dads berada di sana dan siap membantunya jika ia tidak bisa mengapung. Siapkan lagi posisi tubuh si Kecil dan lepaskan kedua tangan Mums hingga ia bisa mengapung. 

 

Baca juga: Tips Berenang Aman untuk Ibu Hamil

 

5. Biarkan Si Kecil Berenang Sendiri

Jika si Kecil sudah bisa mengapung di air, entah dengan posisi telentang atau posisi menggerak-gerakkan kaki, Mums bisa mulai mengajarkannya berenang dengan memegangi tangannya terlebih dahulu. Minta ia untuk menggerakkan kakinya. Jika si Kecil sudah merasa siap, Mums bisa melepaskan tangannya. Biarkan si Kecil berenang sendiri dengan pelampungnya. Pastikan untuk berenang dalam kolam yang tidak dalam. Mintalah si Kecil untuk berenang dari satu titik ke titik lain. 

 

Itulah kelima cara mengajarkan anak berenang agar tetap aman. Pastikan si Kecil berenang di bawah pengawasan Mums atau Dads untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ya! (AS)

 

 

 

 

Referensi:

Parents. How to Teach Kids to Swim at Every Age.

Live Strong. Teaching a Toddler to Swim. 

Joy in the Home. How to Teach Your Child to Swim Without Lessons

Tinggalkan komentar