Cara menghilangkan rambut tubuh


 

Tubuh manusia mengandung sekitar 5 juta folikel rambut. Fungsi setiap folikel rambut adalah untuk menghasilkan batang rambut. Beberapa orang memang secara genetik memiliki rambut tubuh yang sangat banyak dan lebat sehingga cukup mengganggu. Nah apakah Kamu salah satunya dan ingin tahu berbagai cara menghilangkan rambut tubuh?

 

Meskipun sah-sah saja menghilangkan rambut tubuh, tetapi ada cara yang aman dan disesuaikan dengan lokasi rambut. Ingat juga bahwa rambut itu memiliki manfaat untuk tubuh. 

 

Manusia purba jaman dahulu jauh lebih berambut daripada manusia modern. Mengapa? Karena membuat mereka tetap hangat, melindungi mereka dari luka dan goresan, dan sebagai alat kamuflase atau menyamarkan diri dari musuh. 

 

Manusia modern semakin kehilangan banyak rambut tubuh karena suhu bumi semakin panas. Meski sebagian besar rambut tubuh manusia modern sudah semakin berkurang, tetapi tidak sepenuhnya hilang karena memang ada fungsinya. Jadi Kamu harus hati-hati jika ingin membabat habis rambut tubuh ya, terutama dalam memilih caranya. 

 

Baca juga: Makanan Penyebab Rambut Cepat Beruban 

 

Fungsi Rambut Tubuh 

Fungsi rambut manusia tergantung pada bagian tubuh di mana ia tumbuh. Secara umum, rambut di tubuh manusia berfungsi melindungi kulit dari pengaruh lingkungan. Apa yang terjadi di lingkungan, seperti cuaca panas atau dingin, diterima sebagai informasi oleh rambut yang diteruskan ke otak. Oleh otak, informasi ini menjadi impuls neurologis yang ditafsirkan sebagai rangsangan sensorik.

 

Rambut pada kulit kepala melindungi kita dari sinar matahari, bulu mata kita bertindak sebagai pertahanan pertama dari serangga, debu, dan benda-benda menjengkelkan lainnya. 

 

Fungsi rambut kepala juga sebagai pembeda dan pemanis penampilan. Rambut kulit kepala adalah satu-satunya bagian rambut tubuh manusia yang dapat dengan mudah dan secara sadar dimodifikasi untuk mengubah penampilan luar seseorang. Jadi rambut kepala juga berfungsi sebagai sarana penting yang memungkinkan individu untuk berkomunikasi secara sosial.

 

Bagaimana dengan rambut di ketiak, pangkal paha, dan sekitar kemaluan? Mereka bertindak sebagai pelumas, memungkinkan lengan dan kaki bergerak tanpa gesekan. Yang sering tidak disadari adalah, rambut tubuh, dari dulu sampai sekarang, ternyata juga berfungsi sebagai pelindung terhadap malaria.

 

Nyamuk Anopheles, ternyata sangat membenci rambut. Mereka umumnya terbang rendah dan menyukai kaki sebagai sasaran gigitan. Dengan adanya rambut, mereka lebih baik menyingkir. 

 

Dengan kata lain, tujuan rambut tubuh diciptakan adalah berfungsi sebagai sistem peringatan dini dari semua ancaman tubuh. Masalahnya, saat ini waxing atau menghilangkan rambut-rambut tubuh menjadi salah satu perawatan rutin yang dilakukan wanita maupun pria. Hanya rambut kepala dan bulu mata saja yang disisakan. Lainnya, dibabat habis hingga kulit pun menjadi mulut tanpa rambut. Apa dampaknya?

 

Baca juga: Tenyata Rambut Bisa Jadi Indikator Kesehatan Lho!  

 

Berbagai Cara Menghilangkan Rambut Tubuh 

Banyak orang sengaja membuang rambut di tubuh yang tidak diinginkan. rambut di atas bibir alias kumis, jenggot, rambut di pipi, punggung, kaki dan lengan bahkan di organ intim semua dihilangkan. Termasuk rambut halus di jari-jari tangan dan kaki.

 

Beberapa orang memang secara genetik memiliki rambut tubuh yang sangat banyak dan lebat sehingga cukup mengganggu. Penyebab lain tumbuhnya rambut tubuh sedikit berlebihan adalah obat-obatan tertentu seperti steroid, kadar hormon tertentu yang lebih tinggi, dan sindrom ovarium polikistik. 

 

Berikut ini beberapa cara atau prosedur menghilangkan rambut tubuh yang efektif, dengan kelebihan dan kekurangannya:

 

1. Mencukur

Mencukur adalah yang cara termudah untuk membuang rambut kaki, lengan, dan wajah. Namun, hal itu dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam, terutama jika dilakukan di daerah kemaluan.

 

Baca juga: Agar Terhindar dari Razor Burn, Lakukan Ini Setelah Mencukur

 

2. Mencabut

Mencabut rambut bisa terasa menyakitkan, tetapi ini bisa menjadi pilihan yang baik jika hanya sedikit rambut yang ingin dihilangkan. Rambut yang biasa dihilangkan dengan dicabut adalah alis atau beberapa rambut liar yang muncul di wajah. Prosedur menghilangkan rambut tubuh dengan mencabut sebaiknya dihindari untuk area yang luas. Ini dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam atau menimbulkan jaringan parut.

 

3. Krim Penghilang Rambut

Krim penghilang rambut bisa didapatkan tanpa resep dokter. Kandungannya tidak semuanya sama, jadi pastikan untuk membaca label dan petunjuknya. Jangan sampai Kamu menggunakan krim penghilang rambut yang dibuat untuk rambut kemaluan dan dugunakan pada rambut di wajah.

 

Fungsi bahan kimia dalam produk ini adalah melarutkan batang rambut. Menggunakan krim secara tidak benar, misalnya, membiarkannya menempel terlalu lama, dapat membuat kulit serasa terbakar.

 

Hati-hati bagi yang memiliki riwayat alergi kulit ya Gengs. Sebelum menggunakannya, oleskan sedikit di punggung telapak tangan untuk memastikan tidak ada reaksi apapun. Jika aman, pastikan menggunakannya Sesuai petunjuk.

 

4. Waxing Lilin Panas

Waxing dengan lilin panas bisa dilakukan sendiri di rumah atau di salon khusus dengan bantuan tenaga profesional. Waxing mungkin terasa menyakitkan di awalnya, dan ada risiko efek samping sesudahnya. Jika lilinnya terlalu panas, Kamu mungkin bisa merasakan kulit terbakar. Waxing lilin disarankan dilakukan untuk membuang rambut kemaluan di area bikini, dada, atau di tungkai kaki dan juga rambut di lengan. 

 

Baca juga: Newbie di Bikini Waxing? Inilah Prosedur Waxing yang Perlu Kamu Tahu

 

5. Threading

Threading adalah metode tradisional dari India sebagai salah satu cara menghilangkan rambut tubuh dan dilakukan di salon. Para profesional yang melakukan threading menggunakan semacam benang yang mereka putar dalam suatu pola dan digunakan untuk menarik rambut yang tidak diinginkan.

 

6. Laser

Ini adalah salah satu metode yang paling tahan lama, namun umumnya membutuhkan empat atau lebih perawatan terpisah selama 4-6 minggu. Laser untuk menghilangkan rambut juga hanya bisa efektif pada rambut gelap.

 

Sinar laser berfungsi untuk menghancurkan folikel rambut. Perawatan laser ini lumayan mahal, namun bisa menjangkau semua lokasi tubuh manapun di mana rambut tumbuh. Pastikan Kamu menggunakan jasa dokter kulit yang berpengalaman dan terpercaya.

 

7. Elektrolisis

Elektrolisis adalah cara menghilangkan rambut tubuh dengan menggunakan jarum kecil dengan arus listrik. Jarum ditempatkan oleh seorang prosefional di folikel rambut. Ada dua metode penghilangan rambut primer dengan elektrolisis yaitu galvanik dan termolitik.

 

Galvanik adalah cara menghilangkan rambut tubuh dengan zat kimia. Sasarannya adalah folikel rambut. Sedangkan termolitik menggunakan panas untuk menghancurkan folikel rambut. Semua cara ini harus dilakukan ahli yang sudah terlatih.

 

8. Menggunakan Obat-obatan

Jika tidak ada satu pun dari cara menghilangan rambut tubuh tadi yang membantu, Kamu bisa meminta saran dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk menghambat pertumbuhan rambut.

 

Salah satunya spironolakton, berupa pil yang dapat memperlambat atau mengurangi pertumbuhan rambut di area yang tidak diinginkan. Tidak perlu khawatir karena obat ini tidak akan menghilangkan rambut di kulit kepala justru dapat merangsang pertumbuhan rambut di sana.

 

Ada pula obat penghambat rambut yang berbentuk krim, diberikan melalui resep. Krim ini disebut Vaniqa yang disetujui oleh FDA untuk memperlambat pertumbuhan rambut wajah pada wanita. Krim ini memperlambat pertumbuhan, tetapi tidak akan merontokkan rambut.

 

Baca juga: Wajarkah Rambut Rontok karena Diabetes?

 

Efek Samping Menghilangkan Rambut Sepenuhnya

Iritasi kulit dan kemerahan adalah efek samping paling umum dari pencabutan rambut, dengan metode apapun. Mencukur dapat menyebabkan luka pada kulit dan dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Mencabuti bisa menyakitkan, terutama jika banyak rambut yang dihilangkan.

 

Menggunakan lilin panas dapat membakar kulit. Bahan kimia yang melarutkan rambut sering berbau tidak sedap dan dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Elektrolisis juga cukup sakit dan pada beberapa orang dapat menyebabkan bekas luka yang tebal (disebut keloid). Ini juga dapat mengubah warna kulit di sekitar tempat rambut itu dihilangkan. Laser juga dapat menyebabkan luka bakar dan perubahan warna pada kulit.

 

Krim kulit baru dapat menyebabkan jerawat dan perasaan terbakar pada kulit. Jadi cara mana yang sebaiknya dipilih? Cara menghilangkan rambut tubuh yang paling tepat seringkali adalah metode yang dapat Kamu lakukan sendiri dengan mudah tanpa menimbulkan rasa sakit dan efek samping. Namun melakukan sendiri umumnya hasilnya tidak permanen. Jika sangat terganggu dengan pertumbuhan rammbut tubuh, konsultasikan dengan dokter.

 

Baca juga: Waxing ‘Pubic Hair’ Sebelum Pernikahan: Sebuah Dilema

 

 

 

 

Referensi:

Sharecare.com. Hair Functions Purpose

American Academy of Family Physicians. Hair removal. 

WebMD.com. Hair removal options.

 

 

 

Tinggalkan komentar