Cara Menjaga Kesehatan Mental – Guesehat


 

Kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Memiliki gangguan pada kesehatan mental sama berbahayanya dengan gangguan pada kesehatan fisik. Oleh sebab itu, Geng Sehat harus tahu cara menjaga kesehatan mental.

 

Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan mental. Geng Sehat bisa mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 10 cara menjaga kesehatan mental dan faktor yang memengaruhi kesehatan mental!

 

Baca juga: Gangguan Kesehatan Mental yang Paling Umum

 

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Kesepuluh hal di bawah ini merupakan cara menjaga kesehatan mental yang bisa Kamu terapkan di dalam kehidupan sehari-hari:

 

1. Bicarakan Apa yang Kamu Rasakan Kepada Orang Lain

Berbicara tentang perasaan Kamu merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mental membantu menjaga kesehatan mental ketika sedang mengalami masalah. Mengutarakan apa yang Kamu rasakan bukanlah pertanda kelemahan, melainkan mementingkan kesehatan diri sendiri.

 

Berbicara bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah yang selama ini Kamu pendam di dalam pikiran. Merasa didengarkan oleh orang lain saja sudah membuat Kamu merasa didukung dan tidak sendirian.

 

Selain itu, hal ini juga bisa mendorong orang lain untuk mengutarakan perasaannya juga, sehingga membawa dampak positif pada orang lain juga. Memang tidak mudah untuk mendeskripsikan apa yang Kamu rasakan, namun patut dicoba.

 

2. Selalu Aktif

Ahli percaya bahwa bergerak atau olahraga memproduksi zat kimia di dalam otak yang membuat Kamu merasa senang. Olahraga secara rutin bisa meningkatkan rasa percaya diri, konsentrasi, dan kualitas tidur.

 

Olahraga juga menjaga kesehatan otak dan organ penting lainnya. Olahraga bukan berarti harus berolahraga berat atau pergi ke gym. Berjalan-jalan di sekitar rumah, melakukan pekerjaan rumah, dan sebagainya, juga termasuk perilaku aktif. 

 

Menurut rekomendasi ahli, semua orang harus berolahraga atau bergerak aktif sekitar 30 menit setidaknya lima hari per minggu. Ini salah satu cara menjaga kesehatan mental.

 

3. Rutin Mengonsumsi Makanan

Ada hubungan erat antara apa yang kita konsumsi dan yang kita rasakan. Sebagai contoh, kafein dan gula bisa memiliki dampak langsung terhadap mood atau perasaan.

 

Namun, makanan bisa memiliki efek berkepanjangan juga terhadap kesehatan mental. Otak membutuhkan campuran nutrisi untuk bisa tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sama seperti organ tubuh lain.

 

Diet yang baik untuk kesehatan fisik juga baik untuk kesehatan mental. Contoh makanan sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari meliputi:

  • Banyak jenis buah dan sayuran
  • Roti atau cereal wholegrain
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Produk susu
  • Minyak ikan
  • Minum air putih yang cukup

 

Makanlah setidaknya tiga kali sehari dan minumlah air putih yang cukup. Batasi konsumsi minuman berkafein tinggi ataupun minuman manis. Hindari pula terlalu banyak konsumsi alkohol.

 

4. Jangan Minum Alkohol Berlebihan

Banyak orang yang minum alkohol untuk mengubah mood-nya. Beberapa orang minum alkohol untuk mengatasi rasa takut atau kesepian, namun efeknya hanya sementara.

 

Ketika efek alkohol di dalam tubuh sudah menghilang, Kamu akan merasa lebih buruk karena gejala hangover yang memengaruhi otak dan bagian tubuh lainnya. Minum alkohol bukanlah pilihan yang baik untuk mengontrol perasaan Kamu.

 

Selain bisa berdampak negatif terhadap fisik tubuh, alkohol juga memiliki efek kecanduan. Ini merupakan cara yang tidak sehat untuk mengatasi perasaan negatif. Ini merupakan cara menjaga kesehatan mental.

 

5. Jaga Hubungan dengan Orang-orang Terdekat

Hubungan keluarga dan pertemanan yang kuat bisa membantu Kamu untuk mengatasi stres dalam kehidupan. Teman dan keluarga bisa membuat Kamu merasa penting dan dipedulikan.

 

Teman dan keluarga bisa memberikan sudut pandang berbeda dari pemahaman mereka terhadap suatu permasalahan. Tidak ada salahnya kalau Kamu rutin bertemu dengan orang-orang terdekat.

 

Komunikasi itu penting untuk menjaga kesehatan mental. Namun, kalau Kamu merasa berada bersama seseorang memengaruhi kesehatan mentalmu secara negatif, maka sebaiknya coba menjauhlah sementara dengan orang tersebut. 

 

6. Minta Pertolongan Kepada Orang Lain

Setiap orang pasti membutuhkan pertolongan. Kita semua terkadang merasa lelah tentang apa yang kita rasakan atau ketika hidup tidak berjalan seperti yang kita harapkan.

 

Kalau suatu hal yang Kamu alami mulai memengaruhi kesehatan mentalmu secara negatif dan sulit bagi Kamu untuk meredakannya, mintalah pertolongan dari orang lain. Ini merupakan cara menjaga kesehatan mental.

 

7. Istirahat

Perubahan suasana itu baik untuk kesehatan mental. Cobalah istirahat sebentar dari rutinitas. Sebagai contoh, Kamu bisa berhenti beberapa saat dari bersih-bersih rumah, di siang hari untuk pergi makan ke luar rumah. 

 

Beberapa menit istirahat saja sudah bisa meredakan stres yang Kamu rasakan. Coba lakukan rileksasi, bisa juga dengan melakukan yoga atau meditasi. Kalau tubuh Kamu sudah lelah, cobalah tidur sesaat. 

 

8. Lakukan Hal yang Suka Kamu Lakukan

Apa hobi Kamu? Apa aktivitas yang suka Kamu lakukan? Melakukan hal tersebut bisa membantu Kamu melawan stres, sehingga ini menjadi cara menjaga kesehatan mental. Melakukan aktivitas yang Kamu sukai baik untuk penghargaan diri atau self esteem.


9. Terima Diri Sendiri Apa Adanya

Ada orang memiliki kepribadian yang lucu, ada orang yang pintar matematika, ada juga yang pintar memasak. Intinya, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, setiap orang hidup dengan cara yang berbeda-beda.

 

Setiap orang berbeda-beda, maka kita juga harus menerima bahwa diri kita sendiri itu unik, ketimbang merasa ingin menjadi seperti orang lain. Merasa senang terhadap diri sendiri akan meningkatkan kepercayaan diri.

 

10. Peduli dengan Orang Lain

Peduli dengan orang lain juga merupakan hal penting dalam menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat. Membantu orang lain bisa membuat Kamu merasa dibutuhkan dan bisa meningkatkan penghargaan diri.

 

Baca juga: Kebiasaan Menggigit Bibir, Bisa Jadi Gangguan Perilaku!

 

Faktor yang Memengaruhi Kesehatan Mental

Kesehatan mental yang baik bukan hanya sekadar terhindar dari gangguan kesehatan mental. Kesehatan mental yang baik itu juga membiarkan diri untuk menikmati hidup dan bahagia.

 

Semua orang pasti pernah mengalami masa-masa sulit di dalam hidup. Namun, kemampuan untuk mengatasi masa sulit tersebut beragam pada setiap orang, inilah yang menentukan apakah seseorang bisa menikmati hidupnya.

 

Ada pula sejumlah faktor yang memengaruhi kesehatan mental. Berikut beberapa diantaranya:

 

Penghargaan Diri (Self-esteem)

Ini merupakan nilai yang kita tetapkan terhadap diri sendiri. Penghargaan diri merupakan cara kita melihat diri kita sendiri. Orang yang memiliki self-esteem tinggi umumnya lebih positif dan selalu puas akan usaha yang telah dilakukan diri sendiri. Ini termasuk salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan mental.

 

Merasa Dicintai

Orang yang merasa dicintai, dipercaya, dan diterima oleh orang lain, khususnya orang terdekat, cenderung memiliki penghargaan diri yang lebih baik. Inilah mengapa merasa dicintai menjadi faktor yang memengaruhi kesehatan mental. Orang yang merasa dicintai juga memiliki kecenderungan untuk lebih nyaman, aman, dan baik dalam berkomunikasi dengan orang lain.

 

Kepercayaan Diri

Setiap orang perlu didorong untuk menemukan kualitas unik masing-masing, sehingga memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan. Orang yang percaya diri cenderung lebih positif, lebih bahagia, dan lebih produktif. Ini termasuk salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan mental.

 

Masalah Keluarga atau Kehilangan Orang Terdekat

Perpisahan atau perceraian orang tua merupakan hal yang menyakitkan bagi anak-anaknya. Mencari cara untuk mengatasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan akibat masalah keluarga seperti itu ataupun kehilangan orang terdekat sangat memengaruhi kesehatan mental. Ini merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan mental.

 

Perilaku Negatif

Ketika seseorang merasa marah atau tidak senang tentang suatu hal, biasanya mereka akan menyembunyikan perasaan tersebut ataupun melampiaskannya.Jika dilampiaskan, biasanya dalam bentuk negatif, seperti bahasa kasar, bersikap agresif, merusak properti, mencuri, berbohong, dan lainnya.

Kalau seseorang memiliki perilaku negatif yang persisten, perlu diatasi secara profesional. Ini merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan mental. 

 

Masalah Fisik Menurun

Penyakit, cedera, dan masalah fisik lainnya seringkali berkontribusi terhadap kesehatan mental yang buruk. Beberapa masalah fisik seperti cedera otak dan lainnya bisa mengganggu kesehatan mental. Yang termasuk masalah fisik juga merupakan kekerasan fisik. Ini merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan mental. (UH)

 

Baca juga: Penelitian: Suhu Memengaruhi Kesehatan Mental

Sumber:

Mental Health Foundation. How to look after your mental health.

Can We Talk?. Factors affecting mental health.

Tinggalkan komentar