Cerita Rakyat Indonesia untuk Dongeng Malam Anak


Benarkah era digital telah mengancam tradisi bercerita atau mendongengkan anak sebelum tidur? Mungkin banyak yang berpendapat demikian. Apalagi, anak sekarang lebih mudah kecanduan gawai, sehingga rentan mengalami gangguan tidur dan serangan kecemasan. Selain itu, tradisi mendongengkan cerita rakyat Indonesia tampaknya kurang menggugah minat anak-anak generasi Z.

 

Namun, haruskah demikian? Bila tidak ingin ketinggalan zaman, sebenarnya sudah banyak platform digital yang berisi cerita-cerita rakyat Indonesia. Lalu, cerita apa saja yang bisa Mums pilih untuk si Kecil? Inilah beberapa contoh cerita rakyat Indonesia bisa Mums ceritakan kepada si Kecil sebelum ia tidur!

 

1. Kisah Timun Mas

 

Cerita tentang gadis bernama Timun Mas ini cocok untuk dongeng malam hari. Namun berhubung ada tokoh raksasanya di sini, ceritakan dengan bahasa yang ringan dan tidak menakut-nakuti si Kecil ya, Mums. Hikmah dari kisah Timun Mas ada 2, yaitu:

  • Jangan suka asal berjanji bila tidak bisa memenuhinya.
  • Jadilah anak yang berani, mandiri, dan tidak mudah menyerah meski sedang ada masalah.

 

 Baca juga: Bacakan Dongeng untuk si Kecil, Yuk!

 

 

2. Kisah Asal Mula Nama Kota Cianjur

 

Dongeng yang menceritakan ketamakan seorang saudagar kaya di pedesaan juga cocok untuk si Kecil. Tanpa bermaksud menggurui atau menakut-nakuti, cerita ini cocok untuk mengingatkan si Kecil agar:

  • Mau berbagi kepada sesama.
  • Tidak tanggung-tanggung saat saling menolong sesama.

 

3. Kisah Roro Jonggrang

 

Cerita tentang Puteri Roro Jonggrang mungkin akan membuat si Kecil tertawa-tawa atau kagum. Sang Putri sebenarnya tidak mau dinikahi oleh Bandung Bondowoso, tetapi tidak berani langsung menolak. Alih-alih, ia meminta Bandung Bondowoso membangun 100 candi dalam semalam.

 

Meskipun imajinasi anak membuatnya keasyikan, jangan lupa mengajarinya makna dari cerita dongeng ini, yaitu:

  • Berani mengatakan tidak.
  • Jangan mengingkari janji yang sudah diucapkan.

 

Baca juga: Alasan Mums Perlu Membacakan Dongeng untuk Anak

 

4. Kisah Asal Mula Nama Kota Salatiga

 

Kisah bupati yang semula bijak kemudian berubah menjadi kikir ini mirip-mirip dengan kisah Asal Mula Nama Kota Cianjur. Nasihat dalam cerita ini kurang-lebih juga sama, yaitu agar jangan menjadi orang kikir dan lebih baik menolong sesama yang membutuhkan bantuan.

 

5. Kisah Cindelaras

 

Bukan, kisah ini bukan versi Indonesia-nya Cinderella. Bahkan, Cindelaras sebenarnya putra seorang raja dan ratu yang diasingkan karena difitnah. Berkat ayam ajaib yang ditemukannya, kabar tentang Cindelaras pun terdengar oleh sang Raja.

 

Sesudah membaca cerita ini, jangan lupa berikan pesan moralnya kepada si Kecil. Pesan moral dari cerita ini cukup banyak juga lho, yaitu:

  • Jangan suka iri hati.
  • Jangan suka berbohong.
  • Bersabar meskipun ada yang berbohong tentang kita.

 

Kehadiran gawai memang tidak bisa dicegah, Mums. Apalagi, Mums dan Dads juga membutuhkan alat yang satu ini untuk keperluan berkomunikasi sehari-hari dan melakukan pekerjaan. Namun, sebaiknya si Kecil juga jangan dibiarkan terlalu sering bermain gawai. Sudah banyak kasus anak kecanduan gawai hingga perlu dirawat.

 

Baca juga: Mengajarkan Anank tentang Toleransi dengan Cara Ini Yuk, Mums!

 

 

Audiobook dan Platform Dongeng Digital

Banyak cara untuk menarik minat si Kecil akan cerita rakyat Indonesia untuk dongeng malam. Bila belum tertarik membaca bukunya, Mums bisa mencari audiobook yang berisi dongeng-dongeng nusantara. Jadi, anak bisa diperkenalkan dengan budaya sendiri dengan cara lebih interaktif.

 

 

Selain itu, agar si Kecil juga rajin bergerak, jangan lupa ajak ia bermain peran berdasarkan cerita dongeng-dongeng tersebut. Kegiatan ini akan merangsang daya kreativitasnya dan membuat tubuh lebih sehat. (RA/AS)

 

 

 

 

Sumber:

Jakarta Globe

Woazy

Tinggalkan komentar