Chapter Two’, Adakah Terapi untuk Fobia Badut?


Jakarta – Badut biasanya dapat ditemui di pesta ulang tahun anak-anak untuk membawa hiburan dan tawa. Namun untuk pengidap Coulrophobia atau fobia badut, badut bisa jadi sosok yang paling menyeramkan dan mengancam seperti karakter Pennywise dalam film It: Chapter 2 yang sedang tayang di bioskop saat ini.

Dikutip dari The Sun, dr Melanie Phelps, seorang psikolog mengatakan bahwa sama seperti mengobati fobia lainnya, menyembuhkan rasa takut pada badut seringkali bukan perkara yang mudah. Namun, terdapat beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi Coulrophobia.

Terapi perilaku kognitif dapat digunakan untuk membantu penderita Coulrophobia mengubah pola pikir mereka. Terapi ini memungkinkan mereka untuk membedakan bahwa ketakutan mereka yang intens hanya ada dalam imajinasi.


Bentuk dan penampilan badut yang aneh memang memancing imajinasi yang tidak-tidak. Foto: Pradita Utama

Terapi lain yang dapat diambil oleh pasien untuk menangani fobianya adalah konseling dan hipnosis. Dalam beberapa kasus, obat anti-depresan juga dapat diresepkan untuk membantu meringankan gejala stres akibat fobia.

Dikutip dari Business Insider, menurut dr. Dena Rabinowitz, psikolog klinis yang berspesialisasi dalam gangguan kecemasan, untuk mengatasi fobia badut kita juga dapat menempatkan diri berdekatan dengan objek yang ditakuti sampai merasa nyaman.

“Jadi salah satu hal yang saya rekomendasikan adalah menonton seseorang mengenakan riasan badut. Dengan begitu kita dapat melihat proses mereka menjadi badut dan menyadari bahwa mereka hanya manusia biasa,” kata Dena.

Simak Video “Tak Mau Sekolah, Sadari Anak School Phobia
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Tinggalkan komentar