Diidap Jenderal Sudirman Sebelum Meninggal, TBC Sebenarnya Bisa Sembuh



Jakarta

Persoalan TBC (tuberkulosis) sampai saat ini masih tinggi di Indonesia. Penyakit ini bahkan bisa sangat berbahaya jika tak segera mendapatkan penanganan yang tepat, fatalnya bisa sampai kematian. Maka dari itu, pemerintah sedang merencanakan Gerakan Eliminasi Tuberkulosis atau TBC pada tahun 2030.

Di tengah berlangsungnya acara Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC, Presiden Joko Widodo mengaku baru tahu kalau Jenderal Sudirman meninggal karena penyakit TBC.

“Saya juga baru tahu. Ternyata Pahlawan besar kita Jenderal Sudirman, beliau meninggal karena TBC,” kata Jokowi di acara pencanangan Gerakan Maju Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030 di Technopark Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

TBC merupakan penyakit menular yang pernah diidap Jenderal Sudirman. Jenderal Sudirman merupakan panglima besar TNI yang meninggal dunia di usia 34 tahun. Pada masa itu, pengobatan TBC masih sangat terbatas dan harganya mahal.

Jokowi juga mengingatkan agar pasien TBC tetap berobat dan rutin minum obat selama enam bulan. Dibanding pada zaman Jenderal Sudirman, akses obat saat ini sudah jauh lebih baik.

“TBC ini bisa disembuhkan,” tegasnya.

Simak Video “Kata Jokowi soal Posisi Duduknya yang Viral
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

Tinggalkan komentar