Film Bertema Natal – Guesehat


Di momen Natal dan Tahun Baru, aktivitas yang paling populer adalah pergi berlibur bersama keluarga. Di Indonesia, dua hari libur nasional ini biasanya jatuh di tengah-tengah libur sekolah. Tetapi bagi yang tidak bisa berlibur apa dong yang bisa dilakukan? Jangan sedih, cobalah Geng Sehat nonton film-film bertema Natal. Menurut penelitian, film bertema natal bagus untuk kesehatan mental! 

 

Ada banyak sekali pilihan film bertema natal yang mungkin belum sempat Kamu tonton. Sebut saja trilogi film Home Alone, atau yang berbau romantis komedi seperti Love Actually, atau film bertema Natal yang relatif baru Last Christmas.

 

Baca juga: 5 Kuliner Khas Natal di Berbagai Negara

 

Film Bertema Natal Baik untuk Kesehatan

Bagaimana penjelasan tentang film bertema Natal baik untuk kesehatan? Seorang psikolog keluarga dari Amerika Serikat, dr Kalanit Ben-Ari, mengatakan bahwa memutar film Natal sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan mental dan membuat kita lebih bahagia.

 

“Film-film bertema Natal biasanya dikemas meriah, penuh warna, yang tidak hanya dapat membawa Kamu ke dunia dan skenario yang sama sekali berbeda, Kamu juga dapat merasakan secara langsung melalui karakter yang diwakili para aktornya. Meskipun hanya satu atau dua jam, efeknya sudah cukup menghilangkan stres,” kata Ben-Ari.

 

Interpretasi terhadap karakter tokoh dan jalan cerita di film dapat memberikan stimulasi di otak, yang kemudian diikuti dengan aktifnya hormon dan gelombang otak. Pada akhirnya rangsangan ini akan memberikan sensasi kesadaran maupun ketidaksadaran emosional (sense of feeling).

 

Menurut beberapa penelitian, dopamin adalah hormon utama yang dikeluarkan ketika sebuah film Natal membuat penontonnya merasa lebih baik. Misalnya saat adegan ayah Hugh Grant menari di Love Actually atau saat Kevin bertemu kembali dengan ibunya di Home Alone. Adegan-adegan itu pada gilirannya, membuat penpnton merasa senang.

 

Tentu saja, bukan hanya film Natal yang dapat mendorong peningkatan suasana hati dengan cara instan ini. Tergantung masing-masing orang. Kamulah yang paling tahu apa yang paling bisa membangkitkan mood. Ada yang sekadar menikmati pagi hari dengan secangkir kopi dan melakukan hal yang disukai, sudah dapat memiliki pengaruh yang sama.

 

Baca juga: Tips Membereskan Atribut Natal agar Tidak Rusak!

 

Indahnya Nostalgia

Menonton film bertema natal yang menyenangkan tidak akan pernah membosankan. Apalagi film yang ringan dan bisa menularkan kebahagiaan. Film bertema natal dengan unsur komedi dapat menjadi pilihan yang baik.

 

Dr Ben-Ari menambahkan, ada bukti yang menunjukkan bahwa menonton film komedi dapat menurunkan hormon stres, meningkatkan kekebalan tubuh, serta meningkatkan toleransi terhadap nyeri.

 

Dr Ben-Ari bukanlah ahli pertama yang mengatakan bahwa film bertema Natal baik untuk kesehatan mental. Tahun 2017 lalu, Amy Morin, seorang psikoterapis dan penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do mengatakan bahwa masa liburan adalah kesempatan bagus membangkitkan rasa nostalgia.

 

“Nostalgia akan membantu mengingatkan kita pada masa lalu, pengalaman lama yang pernah kita alami, dan membantu kita kembali pada identitas diri kita. Ini juga menjadi alasan, orang yang merayakan Natal menghias rumah dengan ornamen natal lebih dini, salah satunya untuk mengenang masa kecil mereka,” ujar Amy.

 

Masa lalu mungkin tidak selalu manis. Mungkin saja di Natal tahun ini Kamu akan kembali terkenang dengan orang yang Kamu cintai dan kini tak ada lagi di sisimu.Orang bilang bittersweet feeling

 

Apapun alasan ilmiah di balik kebahagiaan Natal, sudah selayaknya momen setahun sekali ini dinikmati bersama keluarga dengan penuh kebahagiaan. Kamu yang tidak merayakan Natal, tetap harus memanfaatkan masa-masa liburan dengan aktivitas menyenangkan bersama orang tercinta. Jika belum ada ide, cobalah menikmati kembali film-film bertema Natal.

 

Baca juga: 4 Fakta Unik Tentang Hari Natal

 

 

Referensi:

Tyla.com. Christmas movie good for your health, science proof.

Fanfest.com. An alternative christmas movie guide.

 

 

Tinggalkan komentar