Hand, Foot, and Mouth Disease pada Anak


Mums, mungkin enggak sih si Kecil bisa terkena penyakit tangan, kaki, dan mulut atau Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD)? Sama seperti penyakit lain, sayangnya si Kecil juga berpotensi mengalami masalah kesehatan ini. Apalagi, penyakit yang juga dikenal dengan Flu Singapura ini cenderung menyerang balita. Kasihan bila si Kecil yang baru berusia 4 tahun sampai terkena masalah ini.

 

Sekilas tentang Hand, Foot, and Mouth Disease pada Anak

Penyakit ini ditandai dengan luka melepuh di mulut, ruam, atau bintik-bintik merah pada tangan dan kaki. Meskipun menular, terutama pada balita, kabar bagusnya adalah penyakit ini bisa sembuh sendiri dalam waktu seminggu atau lebih. Paling tidak, setelah sepuluh hari penyakit ini akan sembuh.

 

Baca juga: Mums, Sudah Tahu Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Benar?

 

Gejala Hand, Foot, and Mouth Disease pada Anak

Inilah beberapa gejala lengkapnya:

  • Ruam dan lepuhan kecil di tangan dan kaki. Ruam juga terlihat pada telapak tangan, telapak kaki, jari tangan, dan bokong. Dokter tidak dapat mendiagnosis pasien tanpa menemukan gejala-gejalanya terlebih dahulu.
  • Sariawan di mulut atau lidah, serta luka di pinggiran mulut.
  • Demam.

 

Gejala-gejala di atas lazim terjadi, terutama pada anak usia 6 bulan hingga 4 tahun.

 

Baca juga: Epilepsi Pada Anak

 

Fakta Seputar Hand, Foot, and Mouth Disease pada Anak

  • HFMD terjadi akibat penularan virus Coxsackie A-16 dan beberapa virus entero lainnya.
  • Anak-anak dengan ruam parah perlu segera diperiksa oleh dokter karena kemungkinan besar terkena penyakit ini dan membutuhkan konfirmasi diagnosis. Bila penyebabnya sudah ketahuan, yaitu ada kontak fisik dengan penderita selama 7 hari terakhir, maka langkah selanjutnya adalah dilakukan tindakan
  • Gejala lainnya ditandai dengan kuku tangan dan kaki yang merapuh hingga rontok sendiri. Hal ini dialami 4% kasus HFMD yang parah. Gejalanya bisa berlangsung selama 3-6 Potong kuku si Kecil bila tampak terkena sesuatu.

 

Baca juga: Waspadai Gejala Keracunan Makanan pada Anak!

 

Kapan Sebaiknya Si Kecil Dibawa ke Dokter?

Jika si Kecil menderita gejala yang disebutkan di atas, sebaiknya periksakan ia ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Pengobatan penyakit ini umumnya bersifat simptomatik. Obat yang diberikan akan membantu mengurangi gejala yang muncul, sekaligus membuat si Kecil tetap nyaman. (AS)

 

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Dapat Memengaruhi Suasana Hati Balita

 

Sumber

Children’s Hospital Colorado: Hand-Foot-And-Mouth Disease (HFMD)

Centers for Disease Control and Prevention: Complications of Hand, Foot, and Mouth Disease

The Pediatric Infectious Disease Journal: Nail Findings in Hand-Foot-and-Mouth Disease

Tinggalkan komentar