Hipertensi dan Rambut Rontok – GueSehat


Rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari stres, pemilihan produk rambut yang salah, hingga kondisi medis tertentu. Lalu, apakah benar hipertensi bisa menyebabkan kerontokan rambut? Bagaimana sih hubungan antara hipertensi dan rambut rontok?

 

Hubungan Hipertensi dan Rambut Rontok

Memang, ada banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara rambut rontok dengan penyakit jantung. Dalam beberapa penelitian, hipertensi juga memiliki hubungan dengan penyakit jantung. Namun, rambut rontok yang berhubungan dengan hipertensi ialah rambut yang rontok pada bagian atas atau mahkota kepala, bukan pada pelipis, garis, atau belahan rambut. 

 

Meski begitu, para peneliti juga masih belum meyakini apakah rambut rontok bisa dijadikan indikator bagi seseorang yang memiliki hipertensi atau penyakit jantung. Beberapa ahli bahkan menolak pernyataan bahwa hipertensi dapat menyebabkan rambut rontok. Hal ini karena belum banyak penelitian yang mengaitkan rambut rontok dengan hipertensi. Penelitian terakhir dilakukan pada 2012 di Jepang. 

 

Selain hipertensi, kondisi medis tertentu yang juga bisa menyebabkan rambut rontok, yaitu kolesterol tinggi dan stres yang tidak terkendali. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Internal Medicine Archives, para ahli menemukan bahwa terdapat korelasi antara kadar kolesterol tinggi dengan rambut rontok.

 

Baca juga: Ini Penyebab Rambut Rontok pada Wanita 

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Saat rambut Kamu rontok dan kebetulan memiliki tekanan darah yang tinggi, Kamu mungkin berpikir kalau hipertensi merupakan salah satu penyebabnya. Padahal, rambut rontok bisa juga disebabkan oleh berbagai faktor nih Gengs. Berikut cara mencegah rambut rontok yang perlu Kamu ketahui!

 

1. Ubah Pola Makan

Selain hipertensi, mungkin ada faktor lainnya yang menyebabkan rambut rontok, seperti kekurangan zat besi. Menurut dermatologis asal New York, dr. Robert Anolik, zat besi bisa Kamu temukan pada udang, telur, ataupun bayam. Selain zat besi, kerontokan rambut juga bisa disebabkan saat Kamu tidak mengonsumsi vitamin D dengan cukup. 

 

Padahal, vitamin D berperan penting untuk pertumbuhan rambut. Kamu bisa mengonsumsi salmon, tuna, susu, atau makanan lainnya yang mengandung vitamin D. Tidak hanya itu, protein ikut berperan dalam pertumbuhan rambut. Kamu yang kurang mengonsumsi protein akan memperlambat pertumbuhan rambut. 

 

Kamu bisa mencukupi asupan protein dengan mengonsumsi makanan, seperti ikan, daging, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe, brokoli, jagung, kentang, dan makanan lainnya. Unutk mencegah rambut rontok, yuk mulai terapkan pola makan dengan gizi seimbang sehingga kebutuhan nutrisi Kamu terpenuhi. 

 

Baca juga: Nutrisi untuk Atasi Rambut Rontok 

 

2. Gunakan Essential Oil

Essential oil memang telah lama dikenal memiliki berbagai manfaat, mulai untuk kulit, rambut, atau bahkan kesehatan. Untuk mengatasi rambut rontok, Kamu juga bisa mencoba essential oil atau minyak atsiri. Minyak lavender ataupun rosemary memiliki sifat regeneratif, menyejukkan, dan menyeimbangkan yang dapat memperbaiki kondisi kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. 

 

Namun, pastikan bahwa Kamu tidak alergi dengan minyak atsiri yang akan digunakan. Kamu mungkin juga perlu mencampurkan minyak atsiri dengan minyak pengencer, seperti minyak zaitun ataupun minyak kelapa. 

 

3. Konsultasikan dengan Dokter

Jika mengalami kerontokan rambut yang parah, Kamu mungkin harus berkonsultasi dengan dokter  untuk mengetahui penyebabnya. Seperti yang telah disebutkan di atas, rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor atau bahkan kondisi medis tertentu. 

 

Baca juga: Wajarkah Rambut Rontok karena Diabetes?

Penelitian memang menunjukkan adanya hubungan antara hipertensi dan rambut rontok. Namun, beberapa ahli menilai bahwa ada faktor lainnya yang turut mendukung kerontokan rambut. Jika Kamu mengalami kerontokan rambut yang parah, selalu konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

 

Sumber:

Capillus. 2019. Hypertension and Hair Loss

Natural Living Ideas. 2016. 6 Scientifically Proven Fruits That Can Reverse Hair Loss.

Huffpost. 2017. 8 Amazing Tips to Prevent Hair Loss in Women.

Men’s Health. 7 Ways to Stop Hair Loss In Its Tracks

Tinggalkan komentar