Ide Resolusi Tahun Baru yang Anti Mainstream


Selamat datang tahun 2020! Membuat resolusi tahun baru dapat menjadi cara untuk membuat diri kita semakin bersemangat menyambut tahun yang baru, terutama untuk menjadi pribadi yang semakin baik lagi di tahun ini.

Saya sendiri suka membuat resolusi tahun baru. Namun, biasanya resolusi tahun baru saya hanya berkisar antara peningkatan karier di tempat bekerja, menurunkan bobot badan, serta berolahraga secara rutin.

 

Hal tersebut memang tidak salah. Namun, di tahun yang baru ini saya mencoba menjalankan resolusi tahun baru yang agak berbeda dari biasanya. Kamu juga sedang mencari ide untuk resolusi tahun barumu? Mungkin 7 hal ini dapat menjadi ide bagimu untuk membuat resolusi tahun baru yang lain dari biasanya!

1. Membaca satu buah buku setiap bulan

Kapan terakhir kali Kamu membaca sebuah buku hingga tamat? Untuk saya yang sudah menjadi ibu bekerja dan tidak memiliki asisten rumah tangga, membaca sebuah buku hingga tamat adalah suatu hal yang cukup sulit dilakukan. Untuk satu buku setebal kurang lebih 500 halaman saja saya baru menyelesaikannya dalam waktu 3 bulan, bahkan lebih!

 

Di tahun yang baru ini, saya ingin mencoba membaca sebuah buku hingga tamat, minimal 1 buku dalam sebulan. Kamu tertarik juga untuk mencobanya, Gengs? Buku yang Kamu pilih dapat berupa fiksi maupun non fiksi, e-book ataupun paperback, semuanya sesuai keinginanmu. Ingat, buku adalah jendela dunia lho!

2. Melakukan kegiatan sukarela (volunteer)

Bosan akhir pekan atau hari liburmu hanya diisi dengan kegiatan seperti nonton bioskop dan nongkrong di mal? Kamu bisa mengikuti kegiatan sukarela atau volunteer sebagai resolusi tahun barumu. Ada banyak komunitas yang menawarkan kegiatan ini, Kamu bisa pilih sesuai dengan yang Kamu inginkan.

Misalnya, saya sebagai apoteker mengikuti bakti sosial pengobatan gratis yang diadakan oleh organisasi profesi. Tahukah Kamu, ternyata berbuat baik dapat membantu meningkatkan perasaan bahagia, lho!

3. Mengucapkan terima kasih kepada orang terdekat

Orang-orang terdekat, seperti orang tua, suami atau istri, anak, dan teman dekat, setiap hari selalu mengisi hari-hari kita. Alhasil, terkadang kita lupa mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa atau kebaikan mereka dalam hidup kita.

 

Sebagai resolusi tahun baru, Kamu dapat mencoba meluangkan waktu khusus untuk mengucapkan terima kasih kepada orang-orang terdekatmu. Media yang digunakan dapat berupa kartu ucapan, e-mail, ataupun sekadar pesan singkat di media sosial. Hal ini pasti akan membawa kebahagiaan bagi orang yang menerimanya!

4. Memberikan komentar baik di media sosial orang lain setiap hari

Sadar tidak sih Gengs bahwa akhir-akhir ini semakin banyak komentar bernada negatif di media sosial? Kadang-kadang, komentar-komentar negatif tersebut sampai membuat kita jengah atau malah tersulut untuk berkomentar negatif juga.

Di tahun yang baru ini, mengapa Kamu tidak mencoba membuat resolusi untuk meninggalkan setidaknya 1 komentar baik di media sosial orang lain setiap harinya? Baik itu teman, keluarga, bahkan public figure. Satu komentar baik setiap hari akan menyejukkan hatimu dan juga orang yang membacanya.

5. Menulis buku harian berisi ucapan syukur

Salah satu cara untuk membuat kita menyadari betapa banyak hal yang bisa kita syukuri dalam hidup adalah dengan cara menuliskannya. Kamu dapat mencoba menulis di sebuah buku harian 1 hal yang Kamu syukuri setiap harinya.

 

Hal tersebut bisa jadi hal besar, seperti mendapatkan pekerjaan baru dengan penghasilan yang lebih baik, atau bahkan yang sangat sederhana, seperti membawa payung saat hari sedang hujan. Usahakan konsisten dalam mengisi buku harian ini. Di akhir tahun, Kamu akan mendapati setidaknya 365 hal baik yang sudah terjadi dalam hidupmu selama setahun ke belakang.

6. Berjalan kaki setiap hari

Kadang kita tidak menyadari bahwa kemajuan transportasi beserta teknologi yang mengiringinya, membuat kita hidup dalam sedentary behaviour alias kurang bergerak. Hal ini dapat secara langsung memengaruhi kesehatanmu, terutama meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti jantung dan pembuluh darah serta diabetes melitus.

 

Jika Kamu merasa tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke gym atau berolahraga setiap hari, Kamu bisa menyiasatinya dengan membuat resolusi untuk berjalan kaki setiap hari. Berjalan kaki di sekitar kantor atau tempat tinggal mungkin akan membuatmu menemukan tempat-tempat yang selama ini belum pernah Kamu ketahui.

7. Menjadwalkan waktu ‘bebas gadget

Hal ini sudah saya lakukan beberapa saat belakangan, yaitu menjadwalkan waktu bebas dari gadget. Biasanya hal ini saya lakukan saat akhir pekan, yang mana saya tidak perlu terlalu banyak stand by dengan gadget, terutama untuk urusan pekerjaan.

 

Dalam waktu bebas gadget ini, saya isi dengan membaca buku, bermain bersama anak, mencoba resep masakan baru, atau sesederhana membersihkan rumah dan mengatur kembali penempatan barang-barang. Rasanya cukup menyenangkan! Tidak terlibat dengan teknologi untuk beberapa saat membuat saya dapat melakukan hal-hal non-teknologi, yang kadang terlupakan akan hadirnya gadget.

Gengs, itu dia 7 ide resolusi tahun baru yang anti mainstream alias berbeda dari biasanya. Kamu bisa mencobanya untuk resolusi tahun barumu jika Kamu merasa jenuh dengan resolusi yang ‘itu-itu saja’.

Namun, perlu diingat bahwa sebaik apapun resolusi yang sudah kita canangkan, yang terbaik adalah menjalaninya dengan disiplin dan konsisten sampai akhir tahun. Yuk, buat resolusi tahun baru!

Tinggalkan komentar