Impotensi di Malam Pertama – GueSehat


 

Bagi sebagian orang, malam pertama mungkin merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Meski begitu, mereka tak jarang pula merasa gelisah hingga memicu impotensi di malam pertama atau disebut juga dengan honeymoon impotence. Lantas, apakah impotensi di malam pertama itu?

 

Mungkinkah Impotensi di Malam Pertama?

Impotensi di malam pertama merupakan salah satu bentuk disfungsi ereksi (impotensi) yang membuat pria yang baru menikah kesulitan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi dan membutuhkan waktu cukup lama dalam melakukan hubungan seksual

 

Impotensi di malam pertama atau dikenal dengan honeymoon impotence ini umum terjadi pada mereka yang menganggap seks sebelum menikah sebagai hal yang tabu. Namun, menurut ahli, impotensi di malam pertama juga tidak bisa dipungkiri terjadi pada pria yang berpikiran terbuka lho Gengs. 

 

Impotensi di malam pertama terjadi karena pria memiliki rasa gelisah dan khawatir melakukan hubungan seks pertama kalinya di malam pertama. Nah, rasa gugup dan gelisah ini kemudian akan mengarah pada sejumlah masalah seksual, seperti ejakulasi dini, ejakulasi yang tertunda, hingga disfungsi ereksi. 

 

Baca juga: Inilah 5 Fakta Medis Seputar Malam Pertama!

 

Penyebab Impotensi di Malam Pertama

Disfungsi seksual atau impotensi dapat disebabkan oleh sejumlah faktor fisik maupun psikologis. Namun, khusus untuk impotensi di malam pertama, beberapa ahli meyakini bahwa hal tersebut disebabkan oleh faktor psikologis. 

 

Menurut penelitian, impotensi di malam pertama bisa juga disebabkan oleh rasa cemas terhadap performa, stres, adanya tekanan, takut mengecewakan pasangan, dan faktor lainnya. 

 

Saat tubuh merasa cemas dan berada di bawah tekanan, alirah darah ke penis yang diperlukan untuk ereksi menjadi berkurang sehingga masalah ereksi pun akan muncul. Hal inilah yang membuat beberapa ahli meyakini bahwa faktor utama dari impotensi di malam pertama ialah rasa cemas dan adanya tekanan.

 

Namun, impotensi di malam pertama juga bisa disebabkan oleh faktor fisik. Penelitian lainnya menemukan bahwa tidak semua pria yang mengalami disfungsi ereksi di malam pertama disebabkan oleh rasa cemas atau adanya tekanan. 28% pria mengalami impotensi malam pertama karena faktor fisik. 

 

Baca juga: Tips Berhubungan Seks di Malam Pertama

 

 

Pemicu Pria Impotensi di Malam Pertama

Bagi mereka yang telah melakukan hubungan seks sebelum menikah, mungkin risiko untuk mengalami impotensi di malam pertama akan sangat kecil. Namun, bagi pria yang belum pernah melakukan hal tersebut sebelum menikah mungkin akan memiliki rasa takut dan cemas tidak bisa membuat pasangannya puas secara seksual. 

 

Lantas, apa sih yang bisa dilakukan untuk mencegah kecemasan tersebut? Untuk mencegah terjadinya impotensi di malam pertama atau honeymoon impotence, cobalah untuk terbuka pada pasangan. Bicarakanlah dengan pasangan mengenai rasa gugup, cemas, atau kekhawatiran tersebut.

 

Dengan begitu, Kamu dan pasangan mungkin bisa menemukan solusi bersama dan mencari cara untuk meningkatkan keintiman dan hubungan kalian. Cobalah juga cari cara lain untuk lebih intim dengan pasangan tanpa melakukan hubungan seksual terlebih dahulu. 

Kamu bisa mulai dengan melakukan pijatan sensual pada pasangan atau lakukan mandi air hangat bersama. Selain itu, Kamu bisa mengalihkan perhatian dengan memainkan musik romantis atau menonton film sensual bersama pasangan. Langkah tersebut bisa dilakukan untuk mencegah rasa cemas dan gugup sebelum melakukan hubungan seks. 

 

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Sering Terbangun di Malam Hari

 

 

Sumber: 

Men’s Health Australia. 2015. Ever Hear About Honeymoon Impotence? Turns Out It’s a Real Thing

Cosmopolitan. 2019. Why Your Brand-New Husband Can’t Get It Up on Your Wedding Night

WebMD. 2017. Sexual Performance Anxiety

 

Tinggalkan komentar