Ini Lama Waktu yang Biasanya Diperlukan untuk Proses Autopsi



Jakarta – Jenazah mantan istri Sule, Lina Jubaedah, menjalani proses autopsi. Hal ini dilakukan atas permintaan sang anak, Rizky Febian, yang merasa janggal atas kematiannya.

“Kalau kondisi luar, karena kondisi mayat sudah proses pembusukan, nanti disampaikan hasil akhirnya oleh tim forensik,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso di lokasi pembongkaran, Jalan Sekelimus, Kota Bandung, Kamis (8/1/2020).

Autopsi biasanya dilakukan oleh ahli forensik untuk menentukan penyebab kematian. Proses ini dalam film-film mungkin sering digambarkan berlangsung cepat dan lancar padahal kenyataannya tidak selalu demikian.

Dikutip dari WebMD, proses autopsi awal yang memeriksa kondisi luar jenazah bisa hanya memakan waktu sekitar 1-2 jam. Bila pada tahap ini tim ahli sudah menemukan penyebab kematian, maka autopsi akan segera diakhiri.

“Tapi dalam kasus lain kamu mungkin harus menunggu hasil tes laboratorium yang mencari petunjuk penggunaan obat-obatan, racun, atau penyakit. Proses ini membutuhkan waktu beberapa hari hingga mingguan,” tulis artikel yang diulas oleh dr Sabrina Felson, MD, dari New York University.

Setelah semua hasil analisa keluar ahli forensik akan membuat kesimpulan apakah jenazah meninggal karena kecelakaan, penyakit, atau yang lain.

Simak Video “Apakah Kerokan Dapat Menyembuhkan Masuk Angin?
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

Tinggalkan komentar