Inspirasi Perayaan Ulang Tahun Anak yang Ramah Lingkungan-GueSehat.com


Senangnya si Kecil akhirnya resmi berusia 1 tahun. Bagi orang tua, momen seperti ini tentu sebuah milestone penting yang pantas dirayakan. Nah, sambil merayakan hari jadi si Kecil yang pertama, Mums juga bisa sambil mengajarkan cinta lingkungan pada si Kecil, lho. Yuk, intip inspirasi perayaan ulang tahun bertema cinta lingkungan yang baru saja Teman Bumil hadiri.

 

Seperti Apa Perayaan Ulang Tahun yang Ramah Lingkungan?

 

 

Mums tentu tak asing lagi dengan komunitas sesama ibu berdasarkan Hari Perkiraan Lahir (HPL) atau ulang tahun anak, yang familiar disebut birth club (BC). Pada tanggal 12 Januari 2020 lalu, Teman Bumil diundang untuk menghadiri perayaan ulang tahun Birth Club December 2018. Sedikit berbeda dengan birthday bash lainnya, acara BC December 2018 ini mengangkat tema Onederful Decembearth

 

Sudah terbayang kan, akan seperti apa perayaan ulang tahunnya? Ya, acara ulang tahun anak-anak dikemas dengan keceriaan khas anak-anak, namun ramah lingkungan.

 

Birth Club December 2018

 

Begitu memasuki lokasi acara, ruangan bebas dari balon. Dekorasi hanya menggunakan bola plastik dan kertas, dengan penggunaan sterofoam seminimal mungkin. 

 

Sementara untuk meminimalkan sampah, peserta diwajibkan membawa tempat minum sendiri, atau jika terpaksa, minum menggunakan gelas kertas yang disediakan terbatas oleh panitia. Tidak ada satu pun terlihat minuman kemasan botol plastik terlihat disediakan atau dibawa oleh peserta. Hal yang sama juga berlaku untuk sedotan plastik.

 

Selain itu, peserta diminta membawa tas kain untuk membawa perlengkapan tambahan si Kecil. Pengemasan kado yang dibawa oleh setiap peserta, juga hanya boleh dibungkus dengan kertas koran. Dan ketika acara berakhir, semua peserta membawa pulang sekantong besar tas berbahan plastik yang bisa dipakai ulang dalam waktu lama.

 

Eits, tunggu dulu. Pesta dengan konsep ramah lingkungan belum tentu nggak fun, lho. Dengan gaya pesta yang seminimal mungkin, para peserta yang hadir bersama si Kecil yang sedang aktif merangkak atau belajar berjalan, tetap bisa menikmati acara. Malah, kondisi lokasi tergolong aman untuk dieksplorasi oleh si Kecil, karena ketiadaan balon atau bersihnya venue dari sampah. Bangga, deh, melihatnya.

 

Baca juga: Serunya Merayakan Ulang Tahun Si Kecil Bersama-sama

 

Cinta Lingkungan Bukan Hal yang Sulit

Bertemu dengan Middy, sang pendiri BC Desember 2018, ia menceritakan bahwa ada tujuan jangka panjang di balik pengonsepan perayaan ulang tahun bertema ramah lingkungan ini.

 

Birth Club December 2018

 

“Ibu adalah tonggak terpenting untuk pelestarian lingkungan. Karena, apa pun yang keluarganya konsumsi, sudah melalui seleksi yang dilakukan oleh ibu, yang mana pasti sudah terbaik. Maka, sudah semestinya gaya hidup ramah lingkungan dipraktikkan oleh semua ibu agar sampah kita nggak makin memberatkan Bumi,” ujar ibu sekaligus terapis tumbuh kembang anak ini.

 

Baca juga: Ingin Mengajak Si Kecil ke Pesta Ulang Tahun? Begini Tipsnya!

 

 

Tema ramah lingkungan yang diangkat di Onederful Decembearth ini, juga merupakan kolaborasi BC December 2018 dengan kampanye “Beli yang Baik” yang diinisiasi oleh WWF. Perlu Mums ketahui, kampanye ini ingin menyampaikan bahwa semua yang kita beli dan konsumsi, pasti berpengaruh terhadap diri kita dan lingkungan. Saat kita membeli dan mengonsumsi produk-produk yang diproduksi tanpa membahayakan atau merusak lingkungan, artinya sudah membantu masa depan Bumi sekaligus masa depan kita dan anak cucu kita kelak.

 

“Dimulai dari langkah kecil namun dilakukan secara konsisten, bisa berefek besar untuk Bumi. Dan, semua ibu bisa menularkannya kepada si Kecil, pada anggota keluarga yang lain, teman-teman, bahkan lingkungan yang lebih luas lagi,” tambah Middy menutup obrolan.

 

Baca juga: 5 Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga

 

 

Tinggalkan komentar