Jangan Terlalu Stres dengan Penampilan saat Hamil


Kehamilan memberi banyak perubahan bagi wanita. Salah satu yang paling terlihat adalah perubahan fisik. Yang tadinya ramping, kini tampak membesar dengan kehadiran janin di dalam kandungan. Yang semula sudah gemuk juga begitu.

 

Ibu hamil cenderung lebih sensitif dan moody. Makanya, jangan heran kalau komentar apa pun soal fisik mereka, meskipun dengan niat bercanda, bisa langsung ditanggapi dengan negatif. Duh, jangan terlalu stres dengan penampilan saat hamil, Mums!

 

5 Bahaya Terlalu Stres dengan Penampilan saat Hamil

Memang kita tidak bisa mencegah komentar orang yang tidak peka. Selain itu, tanpa sadar Mums sendiri suka membanding-bandingkan tubuh dengan ibu-ibu hamil lainnya. Misalnya, kebetulan Mums bertubuh besar meskipun baru hamil anak pertama, sementara teman tetap kecil meskipun sudah punya 2 anak.

 

Padahal, seharusnya bentuk tubuh saat hamil jangan dijadikan kompetisi. Bukankah yang penting ibu dan janin sama-sama dalam keadaan sehat? Inilah 5 bahaya terlalu stres dengan penampilan sendiri saat hamil!

 

  1. Bayi bisa lahir prematur

Terdengar berlebihan? Sebenarnya tidak juga. Stres pada kehamilan, apa pun pemicunya, dapat membuat bayi lahir prematur.

 

  1. Berat badan bayi rendah

Stres ibu hamil, terutama yang terlalu memikirkan penampilan, dapat membuat berat badan lahir rendah. Padahal, bayi membutuhkan asupan gizi yang cukup agar tumbuh dan berkembang dengan sehat.

 

  1. Gangguan tidur 

Jangan terlalu stres dengan penampilan saat hamil, Mums. Masalahnya, kalau sampai tidak bisa tidur, hal ini dapat memengaruhi kesehatan dan janin dalam kandungan.

 

  1. Anak dapat mengalami masalah perilaku

Mood ibu dapat memengaruhi janin. Ibu yang tidak bahagia berpotensi menularkan perasaan itu kepada anaknya. Makanya bila ibu stres, anak pun cenderung lebih sering rewel dan uring-uringan.

 

  1. Anak dapat mengalami gangguan perkembangan otak

Ada beberapa ibu yang terlalu stres dengan penampilan mereka saat hamil. Mereka pun jadi mengabaikan pola makan dan asupan gizi yang dibutuhkan ibu maupun janin. Akibatnya, anak lahir dengan kekurangan gizi. Tidak hanya berat badannya yang rendah, anak pun rentan mengalami gangguan perkembangan otak.

 

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri saat Hamil

Ada 5 cara untuk meningkatkan rasa percaya diri saat hamil, yaitu:

 

  1. Mengatur pola pikir

Terimalah fakta bahwa tubuh telah berubah dan tidak bisa kembali seperti dulu. Meskipun setelah melahirkan bisa kembali ramping, hasilnya tetap tidak akan sama. Fokuslah pada fakta bahwa tubuhmu membesar demi memberi tempat yang aman dan nyaman bagi bayi untuk tumbuh dan berkembang.

 

  1. Tetap merawat tubuh

Jangan malas untuk tetap merawat tubuh meskipun sedang hamil dan kadang merasa lelah. Selain makan makanan bergizi seimbang, tetap lakukan olahraga kecil agar tetap sehat. Olahraga yang bisa dilakukan salah satunya prenatal yoga.

 

  1. Membangun perasaan positif lewat kegiatan sederhana yang menyenangkan

Memupuk dan mempertahankan perasaan positif dapat dilakukan lewat kegiatan sederhana yang menyenangkan. Bisa berupa memakai gaun yang indah hingga berdandan.

 

  1. Dapatkan sistem dukungan yang kuat

Pepatah kuno Afrika menyebutkan, “Butuh satu desa untuk membesarkan seorang anak.” Pepatah ini ada benarnya juga. Untuk membesarkan anak yang sehat, semua dimulai dari mendukung ibu hamil. Karenanya, jangan takut untuk meminta bantuan dan dukungan yang diperlukan. Mums bisa mengandalkan sistem dukungan lewat teman-teman sesama ibu hamil. Bisa juga Mums meminta dukungan dari suami atau anggota keluarga lain.

 

  1. Dengarkan tubuhmu sendiri

Daripada pusing mendengarkan omongan orang lain, dengarkan suara hatimu sendiri. Orang boleh saja memberi nasihat, tetapi Mums sendiri yang paling tahu kondisi tubuh.

 

Selama masa kehamilan, lebih baik fokus terhadap kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan. Soal penampilan, itu bisa diurus belakangan. Yang penting, ibu tetap happy agar anak pun ikutan sehat.

 

Sumber

https://www.mother.ly/love/love-your-pregnant-body-5-ways-to-feel-gorgeous-confident-and-sexy

https://www.todaysparent.com/pregnancy/being-pregnant/things-not-to-say-to-a-pregnant-woman/

https://www.parents.com/pregnancy/complications/health-and-safety-issues/top-pregnancy-fears/

https://www.grid.id/read/04210615/bahayakan-janin-5-masalahinitimbul-akibat-wanita-terlalu-stres-saat-hamil?page=all

http://www.tribunnews.com/kesehatan/2014/11/17/saat-hamil-jangan-stres-anaknya-gampang-cemas

Tinggalkan komentar