Jika Mantan Minta Balikan – Guesehat


Tahun baru saatnya move on dari mantan. Rasanya, siapa pun yang tahun lalu mengalami perpisahan yang buruk, pasti bertekad tidak akan mengingat kembali luka lama. Dengan percaya diri, ucapkan janji untuk tidak akan kembali lagi dengannya, berkali-kali. Nah, bagaimana jika mantan minta balikan?

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa sesakit apapun sebuah perpisahan, kadang muncul kembali kenangan indah saat bersamanya. Jangan-jangan Kamu tidak benar-benar bisa melupakan kisah cinta terdahulu. Seperti jarum jam, suatu saat kenangan dengan mantan akan muncul. Kebetulan lagi jika mantan minta balikan dan memohon pengampunan. Apa yang harus Kamu lakukan?

 

Baca juga: Putuskan Hubungan Jika Temukan Sifat Buruk Pacar Berikut Ini!

 

Tips Jika Mantan Minta Balikan

Jika Kamu berpikir rasional, Kamu mungkin mudah saja mengatakan tidak. Perpisahan yang buruk, hubungan yang tidak berjalan dengan baik, rasanya sudah cukup untuk tidak membuatmu mengulang kesalahan yang sama dengan kembali lagi.

 

Namun jika Kamu bingung bagaimana mengatakannya dengan baik-baik, berikut ini tips yang bisa Kamu lakukan jika mantan minta balikan:.

 

1. Bersikap diplomatis namun tegas

Insting pertama jika mantan minta balikan mungkin langsung memblokir nomer ponselnya. Toh Kamu tidak lagi ada urusan dengannya. Namun, disarankan ini tidak dilakukan, kecuali mantan Kamu layak mendapatkannya.

 

Kamu bisa bersikap diplomatis namun tidak memberikan harapan palsu. Kamu harus memperjelas bahwa pintu untuk kembali sudah tertutup selamanya. Jika Kamu masih ragu menerima atau menolak keinginannya untuk kembali, katakan saja Kamu belum siap memulainya lagi. Ketika cara-cara ini tidak membantu, tidak ada salahnya minta bantuan ahli.

 

2. Jangan menerimanya karena kasihan

Menurut Diana Dorell, penulis The Dating Mirror: Trust Again, Love Again, apapun alasan si mantan ingin kembali lagi, namun jika Kamu tidak ingin terlibat hubungan lagi, maka jangan lakukan. Jangan sampai karena kasihan, Kamu lantas mengalah.

 

Erica Gordon, pakar kencan milenial, pendiri The Babe Report, dan penulis Ar’t You Glad You Read This?, memberikan nasihat. Jika Kamu adalah pihak yang memutuskan hubungan, maka menolak jika mantan mengajak balikan itu akan lebih mudah. Intinya adalah jujur dengan apa yang Kamu inginkan dan katakan dengan baik. Kemungkinan mantan Kamu akan mengerti.

 

Baca juga: Hubungan Putus Nyambung Menyebabkan Depresi!

 

3.Tidak perlu menjelasakan alasannya

Mantan Kamu mungkin akan bertanya, mengapa Kamu tidak mau kembali lagi padanya. Tidak perlu terlalu menjelaskan, membenarkan, atau membela mengapa Kamu tidak ingin melihatnya lagi. Ini adalah hak Kamu dan bukan urusan Kamu untuk menjelaskannya.

 

Cukup memberi tahu bahwa Kamu tidak mungkin kembali lagi. Apalagi jika mantanmu tidak pantas mendapatkan kebaikanmu karena dulu sering bersikap kasar, selingkuh, dan alasan buruk lainnya.

 

4.Lakukan ini jika dia memaksa

Pemaksaan menunjukkan bahawa dia tidak menghormati Kamu dan keputusanmu. Bisa jadi ada agenda tersembunyi mantan ingin mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan darimu. Demi ketenangan Kamu, lebih baik blokir semua jenis komunikasi dengannya karena ia sudah melanggar batas.

 

Cara terakhir jika mantan memaksa mengajak balikan meskipun Kamu sudah menolaknya berkali-kali, laporkan pada pihak berwajib. Ini jika keselamatan dan ketenangan Kamu sudah terganggu. Ingat bahwa keselamat Kamu adalah prioritas daripada bersikap baik.

 

Nah Geng Sehat, jika Kamu mengalami mantan yang minta balikan, mulai sekarang persiapkan strategi terbaik. Jika memang si dia layak dijadikan teman, tidak ada salahnya kemukakan penolakan dengan baik-baik. Tetapi jika di dia memang manusia yang layak dibuang jauh-jauh, jangan pernah berurusan lagi dengannya. Bersikap tegas adalah cara terbaik.

 

Baca juga: Tanda Mantan Pantas Memperoleh Kesempatan Kedua

 

 

Sumber:

Elitedaily.com. How to nicely turn down you ex

 

 

Tinggalkan komentar