Kandungan Karbohidrat Porang – GueSehat


 

Porang atau yang memiliki nama lain glucomannan adalah tanaman yang kaya akan serat larut dan biasa digunakan untuk pengobatan tradisional ataupun untuk suplemen makanan. Tidak hanya mengandung serat, porang juga mengandung karbohidrat. Yuk, ketahui manfaat kesehatan dan kandungan karbohidrat porang berikut ini Gengs!

 

Apa itu Tanaman Porang?

Sebelum mengetahui kandungan karbohidrat porang, Kamu perlu apa itu tanaman porang. Beberapa dari Geng Sehat mungkin masih asing saat mendengar tanaman umbi yang satu ini. Porang adalah tanaman umbi-umbian yang dapat dikonsumsi dan merupakan anggota dari marga Amorphophallus

 

Bagian umbi dari porang atau yang juga dikenal dengan iles-iles ini digunakan untuk suplemen makanan dan untuk membuat tepung yang kaya akan serat. Porang dapat diolah menjadi berbagai bentuk, yaitu dalam bentuk tepung, jeli atau selai, hingga serat larut yang dapat dikonsumsi sebagai suplemen makanan. 

 

Tepung porang dibuat dengan menggiling umbi porang yang kering, kemudian tepung ini dapat digunakan untuk membuat adonan mi. Setelah diolah menjadi tepung, porang juga dapat dibuat sebagai jeli atau pengganti gelatin untuk mengentalkan makanan. 

 

Baca juga: 9 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

 

Manfaat Porang bagi Kesehatan

Porang atau disebut juga dengan iles-iles memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan karena tinggi akan serat. Yuk, ketahui dulu manfaat porang bagi kesehatan berikut ini sebelum mengenal kandungan karbohidrat porang!

 

1. Dapat Mengendalikan Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi campuran porang dengan ginseng Amerika dapat memberikan pengaruh yang positif dalam mengelola kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2. Menurut ulasan penelitian pada 2015, porang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama pada orang dengan diabetes yang mana bagus untuk mengendalikan kadar gula darah mereka. 

 

2. Menurunkan Berat Badan

Porang ternyata juga memiliki manfaat untuk diet nih, Gengs. Penelitian yang dilakukan pada 2005 menemukan bahwa suplemen makanan dengan kandungan serat larut seperti porang dapat membantu orang-orang dengan kelebihan berat badan untuk menurunkan berat badan mereka. 

 

Orang-orang tersebut menggunakan suplemen tersebut sebagai bagian dari penerapan pola makan yang seimbang dengan kalori yang terkontrol. Porang juga diyakini dapat membantu orang-orang yang ingin menurunkan berat badan untuk merasa kenyang lebih lama dengan memperlambat pengosongan lambung. 

 

Para peneliti juga pernah membandingkan pengaruh suplemen porang dengan suplemen makanan lainnya. Mereka kemudian menemukan bahwa suplemen dengan kandungan porang dapat menurunkan berat badan daripada suplemen lainnya. 

 

3. Mengendalikan Kolesterol

Porang dapat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, yaitu mengendalikan kadar kolesterol. Jika kadar kolesterol tinggi, hal ini akan berisiko pada penyakit jantung ataupun stroke. Kandungan serat yang tinggi dalam porang diyakini dapat mengendalikan kadar kolesterol.

 

Suplemen dengan kandungan porang dapat menjaga kadar kolesterol yang terkontrol. Penelitian yang dilakukan pada 2008 menemukan bahwa porang dapat memengaruhi kolesterol secara keseluruhan. Penelitian lainnya yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 gram suplemen porang per hari dapat mengendalikan kadar kolesterol. 

 

Baca juga: Jangan Konsumsi Makanan Mentah Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Ini!

 

4. Mengatasi Konstipasi atau Sembelit

Mengonsumsi porang dapat mengatur pergerakan usus dan mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. Dalam penelitian yang dilakukan pada 2006, ditemukan bahwa mengonsumsi porang dalam dosis rendah dapat memengaruhi pergerakan usus menjadi lebih baik pada orang dewasa hingga 30%. 

 

Selain itu, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa suplemen porang yang kaya akan serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus pada orang-orang yang mengalami sembelit. Menurut ulasan penelitian pada 2017, mengonsumsi porang dapat meningkatkan frekuensi buang air besar (BAB) pada anak-anak dengan konstipasi. 

 

Meski begitu, para ahli juga menyarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Peneliti lainnya juga mencatat bahwa mengonsumsi porang tidak selalu meningkatkan frekuensi buang air besar (BAB) bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan konstipasi atau sembelit

 

5. Baik untuk Kesehatan Kulit

Porang diyakini dapat meningkatkan kesehatan kulit bagi mereka yang mengonsumsinya. Penelitian yang dilakukan pada 2013 menemukan bahwa porang bisa digunakan untuk terapi topikal atau salep yang digunakan untuk mencegah jerawat serta untuk meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. 

 

6. Menyembuhkan Luka

Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, porang juga dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan luka lebih cepat. Penelitian yang dilakukan pada 2015 menemukan bahwa suplemen dengan kandungan porang dapat mempercepat penyembuhan luka dengan cara mendukung sistem kekebalan tubuh. Meski begitu, para ahli percaya bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia. 

 

Kandungan Karbohidrat Porang

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat porang bagi kesehatan, sekarang saatnya Kamu mengetahui kandungan karbohidrat porang nih Gengs. Porang adalah tanaman yang dapat ditemui di Asia Tenggara, seperti Cina, Jepang, Myanmar, Vietnam, Indonesia, dan negara Asia lainnya, bahkan hingga Afrika. 

 

Porang merupakan tanaman yang bernutrisi karena mengandung 45% Glucomannan, 9,7% protein, 16 jenis asam amino hingga 7,8%, 7 asam amino esensial hingga 2,5%, mengandung mineral, seperti kalsium, fosfor, besi, zinc, mangan, tembaga, tinggi serat, dan rendah kalori. 

 

Porang dapat merangsang penyerapan dan pencernaan protein dan zat-zat lainnya sehingga usus tetap bersih dan membantu pergerakan usus. Hal inlah yang membuat porang juga dikenal sebagai salah satu “makanan ajaib” atau “makanan sehat”. 

 

Setiap 100 gram umbi porang memiliki kandungan gizi yang unik, yaitu 50 gram Glucomannan, karbohidrat meliputi glukosa, fruktosa, sukrosa, 1,64 gram protein, 0,0004 gram lemak, 57 mg fosfor, 4,06 mg besi, 0,2 mg mangan, dan 0,08 mg tembaga. 

 

Seperti yang diketahui, saat Kamu mengonsumsi makanan dengan karbohidrat, tubuh akan memecahnya menjadi bagian terkecil seperti gula yang kemudian diserap dan diproses lebih lanjut dalam tubuh. Glukosa dari porang akan diserap melalui usus dan disalurkan melalui darah. Sedangkan, fruktosa akan disalurkan ke hati dan diproses dalam organ itu.

 

Baca juga: Ini 9 Manfaat Vitamin C yang Kamu Harus Tahu!

 

Cara Mengonsumsi Porang

Sekarang, Kamu tahu kan Gengs apa saja manfaat porang bagi kesehatan dan kandungan karbohidrat porang? Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Kamu mungkin tertarik untuk mengonsumsi porang. Tapi, bagaimana ya cara mengonsumsi porang?

 

Porang sebenarnya bisa dikonsumsi dalam bentuk yang sudah diolah seperti suplemen, olahan mi, ataupun jeli. Namun, beberapa orang mungkin lebih memilih untuk mengonsumsi porang dalam bentuk suplemen karena dinilai praktis tanpa harus mengolahnya lagi. 

 

Sebelum mengonsumsi suplemen porang, pastikan Kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apalagi jika memiliki kondisi medis tertentu. Selain dalam bentuk suplemen, Kamu juga bisa mengonsumsi porang dalam bentuk olahan mi. Pastikan kembali untuk mengonsumsi mi porang yang aman dikonsumsi.

 

Oh iya Gengs, Kamu tidak perlu repot lagi lho kalau ingin mencari dokter yang praktik di sekitarmu. Cukup menggunakan fitur ‘Direktori Dokter’, Kamu sudah bisa mencari dokter terdekat. Penasaran? Cobain yuk fiturnya sekarang!

Sumber: 

Medical News Today. 2017. What are the benefits of konjac? 

Healthline. What Is Konjac?

Konjac Foods. Benefits and Nutritional Information about Konjac

Healthline. Glucomannan, Is It an Effective Weight Loss Supplement?

Tinggalkan komentar