Kekurangan Nutrisi – Guesehat


 

Beberapa orang bisa menerima asupan nutrisi yang cukup dan tepat hanya dari makanan saja. Namun, banyak orang yang membutuhkan bantuan suplemen supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Menurut ahli, ada beberapa kekurangan nutrisi yang paling umum di dalam tubuh manusia.

 

Hal ini bisa saja terjadi karena kebanyakan orang sulit mengetahui nutrisi spesifik yang masih kurang dan yang sudah cukup. Meskipun tidak ada ketentuan yang pasti  tentang kebutuhan nutrisi setiap orang, ahli imunologi mengingatkan ada pola kekurangan nutrisi yang umum ditemukan pada kebanyakan orang.

 

Lalu, apa saja kekurangan nutrisi yang paling kerap dijumpai tersebut? Geng Sehat bisa baca penjelasannya di bawah ini!

 

Baca juga: Kaya akan Nutrisi, Inilah Manfaat Brokoli untuk Anak!

 

3 Jenis Kekurangan Nutrisi yang Paling Umum

Menurut ahli imunologi, berikut tiga kekurangan nutrisi yang paling umum pada kebanyakan orang:

 

1. Kekurangan Vitamin B

Jika ditelusuri, dokter akan banyak menemukan kejadian pasien kekurangan vitamin B. Padahal, ada banyak sekali makanan sumber vitamin B baik makanan nabati maupun hewani di sekitar kita.

 

Para ahli kemudian menduga, alasan orang sampai kekurangan vitamin B adalah karena memang kebutuhannya banyak. Vitamin B digunakan di hampir semua sistem di dalam tubuh.

 

Vitamin B digunakan untuk detoksifikasi, membentuk energi, mengoperasikan sistem saraf, dan menjaga kekebalan tubuh. Ini artinya, tubuh sangat bergantung dengan vitamin B agar semua fungsi tadi berjalan baik. 

 

Penyebab lain adalah masalah pada saluran pencernaan. Biasanya orang dengan gangguan pencernaan akan mengalami kekurangan vitamin B. Karena kebutuhannya tinggi, asupan vitamin B tidak cukup hanya diperoleh dari konsumsi makanan sehari-hari. 

 

 

2. Kekurangan Zinc

Mungkin Kamu tidak berpikir bahwa zinc adalah mineral yang penting untuk tubuh. Zinc merupakan salah satu jenis kekurangan nutrisi yang paling umum. Fungsi zinc terutama pada menjaga daya tahan tubuh. Zinc juga membantu proses pembuatan protein penting di dalam tubuh.

 

Oleh sebabnya, penting untuk memenuhi asupan zinc.Untuk memenuhi kebutuhan zinc, tingkatkan konsumsi makanan laut. Tiram dan moluska khususnya sangat kaya akan zinc.

 

Baca juga: Manfaat Buah-buahan dan Sayuran, Cegah Kanker Hingga Diabetes

 

3. Kekurangan Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Tubuh membutuhkan magnesium untuk menjalankan sekitar 300 reaksi biokimia. Sayangnya, kekurangan magnesium adalaj salah satu dari 3 jenis kekurangan nutrisi yang kerap ditemui.

 

Untuk mencegah kekurangan magnesium, Kamu disarankan mengonsumsi suplemen magnesium. Pasalnya, tidak banyak makanan yang secara alami mengandung nutrisi ini. 

 

Namun, sebelum membeli suplemen magnesium, sebaiknya Kamu konsultasi dulu dengan dokter. Pasalnya, ada banyak suplemen magnesium yang dijual di pasaran. Dokter akan merekomendasikan suplemen magnesium yang sesuai dengan kondisi Kamu. 

 

Penjelasan di atas memaparkan tiga jenis kekurangan nutrisi yang paling umum menurut dokter. Pastikan Geng Sehat tidak kekurangan ketiga nutrisi tersebut. Untuk memperoleh asupan nutrisi yang tepat, konsumsilah makanan sehat dan seimbang. Makanlah berbagai jenis makanan yang bervariasi, terutama dari segi warna.

 

Tidak ada satu makanan pun yang memiliki zat gizi lengkap. Dengan makan bervariasi, Kamu akan mendapatkan semua zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumi suplemen vitamin dan mineral, boleh saja. Hanya saja Kamu harus memeriksakan dulu dengan dokter apakah Kamu memang kekurangan salah satu zat gizi mikro. 

 

Baca juga: Ingin Hidup Sehat? Jangan Lupakan Manfaat Minum Air Mineral Secara Rutin!

 

Sumber:

MindBodyGreen. The 3 Vitamins We’re Most Deficient In, According To An Immunologist. September 2019.

HealthLine. Nutrient Deficiencies That Are Incredibly Common. Mei 2019.

Tinggalkan komentar