Kenapa Kanker Menyebar ke Organ Lain?



Jakarta – Aktris Ria Irawan kembali dirawat di rumah sakit. Sang kakak, Dewi Irawan, menyebut Ria mengalami metastase, kondisi ketika sel kanker menyebar ke organ lain.

Kenapa sel kanker menyebar? Tidak seperti sel-sel normal di dalam tubuh, sel kanker tidak merespons sinyal tubuh untuk mati dan selalu tumbuh dan menggandakan diri. Kehebatannya lagi, sel kanker sangat pandai bersembunyi dari pantauan sistem imun.

Dikutip dari Healthline, sel kanker yang masih berada dalam jaringan tempat ia tumbuh disebut karsinoma in situ. Begitu ia keluar dari membran jaringan, ia disebut kanker invasif.


Metastase atau metastasis adalah kondisi kanker yang menyebar dari tempat asalnya. Biasanya akan menyebar ke organ yang lokasinya berdekatan terlebih dahulu.

Sel kanker bisa menyebar melalui:

1. Jaringan tubuh
Tumor yang tumbuh akan menekan jaringan di sekitarnya, atau masuk ke dalam organ. Sel kanker yang keluaar dari tempat asalnya bisa membetuk tumor baru di lokasi terdekat.

2. Sistem limfatik
Sel kanker bisa masuk ke dalam kelenjar limfa atau getah bening. Dari situ, kanker bisa menyebar ke seluruh sistem limfatik dan membentuk tumor baru di bagian tubuh lain.

3. Aliran darah
Tumor padat butuh oksigen dan nutrisi untuk tumbuh. Lewat proses yang disebut angiogenesis, tumor bisa memicu pertumbuhan pembuluh darah baru untuk bertahan hidup. Kanker juga bisa masuk ke dalam aliran darah untuk menyebar ke organ yang sangat jauh dari tempat asal.

Simak Video “Apa Benar Konsumsi Ikan Berlebihan Bisa Memicu Kanker?
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Tinggalkan komentar