Makan Enak Tetapi Tetap Sehat


Sewaktu kecil, mungkin kita masih lebih bebas makan apa pun yang disuka. Apalagi, anak kecil biasanya jauh lebih aktif daripada orang dewasa. Dengan banyak bermain dan berlari, kalori di tubuh mereka pun cepat terbakar. Yang menjadi hambatan hanyalah mereka belum punya penghasilan sendiri untuk membeli segala makanan yang mereka suka.

 

Ironisnya, saat dewasa, kita harus mulai menjaga pola makan demi kesehatan. Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh pun melambat. Padahal, kita punya penghasilan sendiri untuk membeli makanan yang disuka. 

 

Hmm, enaknya bagaimana, ya? Bila ingin makan enak, tetapi tetap sehat ada caranya lho, Gengs. Ada 10 cara mudah yang bisa Kamu coba!

 

  1. Jangan makan berlebihan

Terdengar mudah, bukan? Sayangnya, pada kenyataannya tidak. Apalagi bila makanan yang akan disantap adalah makanan favoritmu. Namun, makanlah bila sedang lapar saja, bukan karena ingin. Saat ada tawaran teman untuk mentraktir, jangan sampai kalap dan memesan terlalu banyak. Selain terkesan rakus, teman mungkin akan berpikir Kamu sedang aji mumpung.

 

Baca juga: Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

 

  1. Tetap aktif berolahraga atau minimal banyak bergerak

Mungkin Kamu suka penasaran melihat banyak orang Italia yang gemar makan, apalagi ketika kumpul keluarga besar. Dengan makanan yang kaya akan kalori seperti pasta dan lemak seperti daging giling, bagaimana mereka bisa menjaga kebugaran tubuh mereka?

 

Rahasianya tentu saja banyak berjalan kaki sesudah makan. Cara ini bisa ditiru. Bila tidak sempat berolahraga secara khusus, luangkan waktu untuk banyak bergerak setiap hari. Misalnya, jalan kaki bila lokasi tujuan dekat dari rumah daripada naik motor.

 

  1. Jadikan makanan sehat menu wajib di rumah

Batasi waktu makan enak-enak demi kesehatan badan sekaligus isi dompetmu. Tahu sendiri kan banyak pesan makanan berarti harganya semakin mahal? Untuk membatasinya, tetapkan jadwal dan persyaratan yang harus diikuti. Misalnya, hanya makan enak saat akhir pekan dan ada teman atau keluarga yang mengajak. Bila hanya sendiri, lebih baik memasak dan makan menu yang lebih sehat di rumah.

 

Baca juga: Manfaat Buah-buahan dan Sayuran, Cegah Kanker Hingga Diabetes

 

  1. Banyak minum air putih

Bolehlah sesekali minum yang manis, seperti cokelat, es teh manis, kopi susu, hingga soda. Namun, jangan lupa selingi di antaranya dengan banyak minum air putih. Kandungan gula di dalam semua minuman tersebut ibarat kalori kosong, sementara kafein bersifat diuretik.

 

  1. Niatkan dengan kuat

Siapkan standar tujuan untuk memperkuat niat. Misalnya, meskipun ingin makan enak, Kamu masih ingin menabung untuk traveling ke luar kota atau ke luar negeri. Contoh lainnya cobalah daftarkan diri ikut program diet dan olahraga terkontrol dengan bantuan pelatih profesional. Berhubung mahal, pastinya Kamu tidak akan menyia-nyiakan investasi tersebut dan dapat lebih disiplin.

 

 

  1. Sediakan camilan yang sehat

Jangan khawatir, Kamu masih boleh makan camilan bila mendadak lapar sebelum waktunya. Namun, sebaiknya minum segelas air putih dulu untuk memastikan dirimu benar-benar lapar, bukan haus belaka. Bila ternyata memang masih lapar, barulah ambil camilan. Namun, pilihlah yang sehat, seperti buah-buahan atau granola bar.

 

Baca juga: Vitamin C 1.000 mg, Perlukah?

 

  1. Jangan berdiri terlalu dekat meja prasmanan saat pesta

Mungkin terdengar sepele, tetapi tanpa sadar bisa menjebak. Saat berdiri terlalu dekat dengan meja prasmanan saat pesta, tanpa sadar Kamu tergoda untuk mengambil makanan terus-menerus.

 

Lebih baik ambil sedikit lalu segera menjauh. Bahkan, lebih baik jadikan meja prasmanan sebagai dekorasi belaka. Alihkan perhatian dengan mengobrol bersama tamu-tamu lain, apalagi yang sudah dikenal.

 

  1. Pilih menu yang mengandung protein tinggi

Kurangi karbohidrat, tambah menu yang mengandung protein tinggi. Contohnya ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Bahkan, usahakan lebih banyak makan protein nabati daripada hewani.

 

  1. Jangan menyimpan perasaan bersalah setelah makan enak

Jangan pernah menahan keinginan untuk makan enak. Apalagi bila kebetulan ada undangan ke pesta tertentu. Sesudah makan, jangan juga menyimpan rasa bersalah karena telah ‘melanggar diet’ yang sudah ditetapkan. Justru, anggap saja ini ‘cheating day’ dan nikmatilah. Habis itu, jangan lupa kembali ke pola makan sehat.

 

  1. Ingat tujuan utama

Apa tujuan utama Kamu memutuskan ingin makan enak, tetapi tetap sehat? Menikmati hidup sekaligus menjaga kebugaran badan? Keduanya bisa dijalani kok selama konsisten.

 

Nah, kata siapa makan enak dan hidup sehat tidak bisa beriringan? Tentu saja, asal semua berada dalam porsi yang pas. Jangan lupa konsultasikan dengan ahlinya bila ingin melakukan yang benar. (AS)

 

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh Kita

 

 

Sumber

Wolipop: 10 Tips Makan Enak Namun Tetap Sehat

Pesona: Tetap Sehat Walau Makan Enak

Tinggalkan komentar