Manfaat Air Kelapa – Guesehat


Manfaat air kelapa untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi di kalangan ahli. Minuman alami ini dikenal dengan kandungan elektrolit, vitamin, dan mineralnya. Air kelapa adalah dari cairan bening yang berasal dari dalam kelapa hijau. Air kelapa berbeda dengan susu kelapa yang terbuat dari air dan daging kelapa yang sudah matang.

 

Di Indonesia, air kelapa sangat mudah didapatkan. Minuman alami ini sangat segar dan biasa dikonsumsi mengobati dehidrasi. Namun, masih banyak orang yang perlu tahu manfaat air kelapa untuk kesehatan. Kalau Geng Sehat salah satunya yang belum mengetahuinya, berikut deretan manfaat air kelapa untuk kesehatan!

 

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Minum Air Kelapa?

 

7 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Tidak hanya segar, air kelapa mengandung beragam manfaat kesehatan. Berikut manfaat air kelapa yang sudah dibuktikan dengan penelitian:

 

1. Minuman Olahraga Alami

Elektrolit alami yang terkandung di dalam air kelapa membuatnya menjadi pilihan yang baik sebagai minuman olahraga. Air kelapa alami tidak mengandung gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan, sehingga menjadi pilihan minuman yang lebih sehat dan alami.

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa memang baik dikonsumsi sebagai minuman olahraga untuk menjaga agar Kamu tetap terhidrasi. Air kelapa juga membantu mengembalikan cairan setelah olahraga lari.

 

Namun, air kelapa mengandung sodium yang lebih sedikit ketimbang minuman olahraga komersil. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan karbohidrat yang lebih sedikit ketimbang minuman olahraga komersil yang memang ditujukan untuk meningkatkan performa ketahanan tubuh.

 

Ini artinya, air kelapa kemungkinan tidak akan memberikan Kamu energi yang cukup jika akan berolahraga lebih dari 90 menit. Namun, air kelapa bisa diminum setelah olahraga untuk mengembalikan cairan tubuh.

 

Meskipun air kelapa tidak bisa memberikan energi dalam jumlah yang sama dengan minuman olahraga komersil, penelitian menemukan minuman alami ini lebih mudah untuk dikonsumsi tanpa menyebabkan mual atau sakit perut.

 

2. Rendah Kalori

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, dengan kandungan 45 kalori per cangkir, air kelapa adalah minuman alternatif yang baik untuk minuman yang mengandung kalori lebih tinggi seperti soda atau jus.

 

Air kelapa memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang lebih sedikit ketimbang kebanyakan jus. Selain itu, air kelapa juga mengandung lebih banyak mineral dan elektrolit seperti sodium dan potasium.  Namun, dibandingkan dengan air putih, maka air kelapa masih mengandung lebih banyak kalori.

 

3. Potasium

Air kelapa mengandung potasium dalam jumlah 10 kali lipat lebih banyak ketimbang kebanyakan minuman olahraga. Dalam porsi satu cangkir, kandungan potasium air kelapa mencapai 405 miligram. Dengan jumlah sebanyak itu, salah satu manfaat air kelapa adalah meredakan kram.

 

Potasium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh, khususnya selama olahraga. Karena terdapat lebih banyak potasium ketimbang sodium di dalam air kelapa, kandungan potasium tersebut membantu menyeimbangkan dampak sodium pada tekanan darah, dan bahkan menurunkannya.

 

Baca juga: Benarkah Air Kelapa Hijau Baik untuk Ibu Hamil?

 

4. Kalsium dan Magnesium

Kalsium adalah mineral yang penting untuk kekuatan tulang dan gigi. Kalsium membantu kontraksi otot untuk bekerja dengan cepat. Ketika olahraga, otot menarik tulang. Ketika tubuh mengalami pemulihan, tulang menggunakan kalsium untuk mengembalikan kekuatannya.

 

Sementara itu, magnesium membantu mengangkut kalsium dan potasium ke dalam otot untuk membantu kontraksi dan relaksasi. Mineral ini juga membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ. Olahraga yang berat bisa membuat kandungan magnesium di dalam tubuh menurun sehingga lebih mudah mengalami kram dan penegangan otot.

 

Namun, meskipun air kelapa mengandung lebih banyak kalsium dan magnesium ketimbang minuman olahraga komersil atau jus, minuman alami ini bukan sumber yang terkonsentrasi dari kedua mineral tersebut. Air kelapa hanya mengandung kurang dari 5 persen kalsium dan magnesium dari jumlah asupan harian yang direkomendasikan.

 

5. Antioksidan

Selain manfaatnya untuk menghidrasi tubuh, air kelapa mengandung antioksidan yang membantu menetralisir stres oksidatif dan radikal bebas akibat olahraga. Jadi, salah satu manfaat air kelapa untuk kesehatan adalah kandungan antioksidannya.

 

6. Asam Amino

Asam amino itu sangat penting untuk memperbaiki jaringan dan pembangunan protein. Air kelapa mengandung lebih banyak alanin, arginin, sistein, dan serin ketimbang susu sapi. Air kelapa adalah sumber arginin yang baik. Arginin adalah jenis asam amino yang membantu tubuh merespon stres. Arginin juga membantu menjaga kesehatan jantung. 

 

7. Sitokinin

Hormon sitokinin membantu pertumbuhan tumbuhan. Hormon ini terkandung di dalam air kelapa. Sitokinin dipercaya memiliki efek  mencegah penuaan dini dan melawan kanker. Inilah salah satu manfaat air kelapa untuk kesehatan.

 

Jadi, karena manfaat air kelapa untuk menghidrasi tubuh, minuman alami ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Namun, jika dibandingkan dengan air putih, tentunya air putih lebih baik karena sama sekali tidak mengandung kalori dan gula. (UH)

 

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat, Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa?

 

Sumber:

Medical News Today. Seven health benefits of coconut water. Juli 2016.

Academy of Nutrition and Dietetics. Coconut Water – Is It What Its Cracked Up to Be. Juli 2017.

Tinggalkan komentar