Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh Kita


Geng Sehat pasti sudah tahu ya kalau ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang kerap ditambahkan dalam berbagai jenis masakan. Namun, tahu enggak sih Gengs kalau ternyata ketumbar tak hanya bisa digunakan dalam masakan saja?

 

Meski belum banyak orang yang tahu, air rendaman ketumbar bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Wah, kira-kira apa saja ya manfaat air ketumbar untuk kesehatan tubuh kita? Berikut penjelasannya!

 

Kandungan Biji Ketumbar

Ketumbar, dalam bahasa ilmiahnya disebut juga dengan Coriandrum sativum, adalah salah satu tumbuhan rempah-rempah yang cukup populer. Aroma dan rasanya yang khas sangat baik untuk menambah kelezatan masakan.

 

Selain dimanfaatkan untuk masakan, ketumbar juga merupakan sumber vitamin serta mineral yang baik bagi tubuh. Ketumbar mengandung vitamin A, K, dan C, asam folat, magnesium, kalsium, kalium, serta zat besi. Kandungan-kandungan inilah yang dipercaya dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh.

 

Baca juga: Rahasia Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Bahan Herbal!

 

Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh Kita

Minum rendaman air ketumbar secara rutin dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat. Nah, berikut ini beberapa manfaat air ketumbar untuk kesehatan tubuh kita:

 

1. Menjaga kesehatan jantung

Biji ketumbar memiliki kandungan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa tikus yang diberikan biji ketumbar mengalami penurunan kolesterol dan trigliserida dalam tubuh mereka.

 

Di sisi lain, biji ketumbar tak hanya menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh, melainkan juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kandungan dalam biji ketumbar, seperti asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C), dan asam stearat, sangat efektif mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

 

Biji ketumbar juga dapat menghambat penyumbatan darah yang memicu permasalahan kardiovaskular hingga serangan jantung. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam ketumbar dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan cara memperlebar pembuluh darah. Untuk mendapat manfaat ini, rendam biji ketumbar dalam air kurang lebih semalaman, kemudian minumlah secara teratur.

 

2. Membantu pengobatan diabetes

Ketumbar dapat membantu menurunkan kadar gula darah, dengan cara meningkatkan fungsi sel beta pankreas (sel yang melepaskan insulin dan mengatur kadar gula darah). Studi lain juga membuktikan bahwa penggunaan biji ketumbar untuk pengobatan diabetes terbilang efektif.

 

Dalam sebuah studi terhadap hewan tikus, ekstrak biji ketumbar tidak hanya mengatur kadar gula darah, melainkan juga meningkatkan manfaat lain yang terkait dengan sindrom metabolik. Minum air rendaman biji ketumbar secara rutin juga dapat mengurangi risiko komplikasi dari masalah kardiovaskular, seperti prediabetes, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolik.

 

Baca juga: Diet untuk Penderita Diabetes

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Biji ketumbar dapat merangsang organ hati untuk memproduksi dan mengeluarkan asam empedu pekat. Asam-asam ini memainkan peranan penting dalam proses pencernaan dan penyerapan. Biji ketumbar juga memiliki efek karminatif, yang dapat menghilangkan gejala perut kembung. Sifat antibakteri dari ketumbar juga dapat meringankan gejala sindrom iritasi usus besar.

 

Tak hanya itu, biji ketumbar juga dapat membantu mengurangi gejala mual dan diare. Untuk mendapatkan manfaat ini, seduhlah ketumbar dalam air panas selama 15-20 menit, kemudian tiriskan dan minum airnya.

 

4. Meringankan gejala arthritis dan rematik

Rematik, dalam bahasa medis disebut rheumatoid arthritis, adalah penyakit yang menyebabkan radang. Peradangan ini menimbulkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Biji ketumbar dapat meredakan gejala nyeri arthritis dengan melawan aktivitas sitokin proinflamasi di sinovium (membran yang melapisi permukaan bagian dalam sendi).

 

Sitokin proinflamasi sendiri merupakan senyawa dalam sistem tubuh manusia yang meningkatkan inflamasi atau peradangan. Biji ketumbar juga memiliki senyawa asam linoleat dan cineole yang bersifat antiartritik dan antirematik.

 

5. Mengatasi permasalahan pada mata

Studi menemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam biji ketumbar dapat mengatasi permasalahan pada mata, seperti mata merah dan gatal. Kandungan dalam biji ketumbar juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi mata.

 

Cara penggunaannya cukup mudah, yakni merebus air bersama ketumbar kemudian dinginkan dalam suhu kamar. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk mencuci mata sesering mungkin agar mendapat manfaat yang maksimal.

 

6. Meredakan rasa tidak nyaman saat menstruasi

Beberapa sumber ilmiah menunjukkan bahwa air rebusan ketumbar yang ditambahkan gula dapat meringankan ketidaknyamanan saat menstruasi, termasuk kram menstruasi.

 

Baca juga: Makanan yang Tepat saat Menstruasi

 

7. Meningkatkan kesehatan saraf

Linalool adalah senyawa utama dalam biji ketumbar. Studi menunjukkan bahwa linalool dapat mengurangi kecemasan yang terjadi pada seseorang. Linalool memiliki efek positif pada sistem saraf pusat. Senyawa ini juga memiliki sifat antikonvulsan, yang dapat mengurangi risiko kejang atau penyakit epilepsi. Biji ketumbar juga dapat mencegah penyakit neurologis seperti alzheimer.

 

8. Mencegah osteoporosis

Kandungan antioksidan dalam biji ketumbar, seperti vitamin A, riboflavin, niacin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium, dan karoten, dapat mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan persendian. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup seduh 3 gr biji ketumbar dalam 150 ml air. Minum air rebusan tersebut setiap hari.

 

9. Meredakan peradangan pada kulit

Kandungan linolenat dan esensial dalam ketumbar dapat mencegah tubuh dari risiko peradangan dan infeksi. Senyawa ini juga dapat mengurangi pembengkakan karena bersifat antiinflamasi.

 

Di sisi lain, sifat antiinflamasi dari senyawa ini juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit hingga mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti eksem, kulit kering, gatal-gatal, atau pecah-pecah. Untuk memanfaatkannya, minumlah secara rutin rendaman air ketumbar atau bisa juga dibuat jus.

 

10. Meredakan gejala batuk dan pilek

Biji ketumbar memiliki kandungan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat meredakan gejala batuk dan pilek.

 

Baca juga: Solusi Atasi Batuk Secara Alami

 

11. Menghilangkan bau badan

Air ketumbar tidak hanya dapat digunakan sebagai pewangi alami untuk tubuh. Minum air ketumbar secara rutin juga dapat mengatasi bau mulut. Untuk menghilangkan bau mulut, gunakan air rendaman ketumbar layaknya obat kumur.

 

12. Menjaga kesehatan rambut

Ketumbar kaya akan vitamin B, C, dan K, serta sejumlah mineral lain. Kandungan-kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dengan meningkatkan pertumbuhannya. Selain itu, ketumbar juga dapat menunda rambut menjadi cepat beruban.

 

Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika Ingin Mengonsumsi Air Ketumbar

Meski ada banyak manfaat air ketumbar untuk kesehatan tubuh kita, tetap perhatikan beberapa hal berikut sebelum Kamu mengonsumsinya ya, Gengs.

 

1. Dapat menyebabkan alergi

Pada beberapa orang, ketumbar dapat memicu reaksi alergi. Gejala-gejala alergi yang timbul biasanya meliputi rasa gatal pada bibir, mulut, tenggorokan, hingga demam. Apabila muncul gejala-gejala ini, sebaiknya hentikan penggunaan.

 

2. Menurunkan gula darah terlalu drastis

Telah disebutkan sebelumnya jika minum air ketumbar dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Akan tetapi, jangan sembarangan meminumnya jika Kamu menggunakan obat-obatan lain untuk menurunkan gula darah. Ini demi menghindarkan Kamu dari risiko penurunan gula darah terlalu drastis.

 

3. Penurunan tekanan darah terlalu drastis

Sama halnya dengan manfaat ketumbar untuk menurunkan kadar gula darah, penggunaan air ketumbar untuk menurunkan tekanan darah juga sebaiknya diperhatikan. Konsultasikan kepada dokter jika sedang menggunakan obat penurun tekanan darah.

 

Tuh kan Gengs, ternyata biji ketumbar tidak hanya bisa digunakan sebagai penyedap dalam masakan saja, lho. Ada banyak manfaat air ketumbar untuk kesehatan tubuh kita. Ayo, kira-kira Geng Sehat ada yang sudah pernah mencobanya dan merasakan manfaat-manfaat di atas belum?

 

Jika sudah pernah atau baru ingin mencobanya, yuk bagikan pengalaman Geng Sehat saat mengonsumsi air ketumbar tersebut dengan cara menulis artikel di website atau aplikasi GueSehat! (AS)

 

Baca juga: 5 Obat Herbal Berkhasiat Wajib Punya di Rumah

 

 

Sumber

Medlife. “19 Health Benefits of Coriander Leaves, Seeds, and Oil”.

Style Craze. “7 Impressive Benefits Of Coriander Seeds: Boost Heart Health, Treat Diabetes, And More”.

WebMD. “Coriander”.

 

 

 

Tinggalkan komentar