Manfaat Buah Duwet atau Jamblang untuk Kesehatan


Beberapa dari Geng Sehat mungkin merasa asing dengan buah duwet atau jamblang. Duwet atau jamblang memang tumbuh di beberapa negara Asia, seperti Indonesia, India, Bangladesh, Sri Lanka, Malaysia, Filipina hingga Thailand. Namun, sudah tahukah Kamu manfaat buah duwet atau jamblang untuk kesehatan? 

 

Kandungan Nutrisi Buah Duwet atau Jamblang

Sebelum mengetahui manfaat buah duwet atau jamblang untuk kesehatan, Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi dari buah yang satu ini. Duwet atau jamblang memang merupakan salah satu buah yang bernutrisi. Hal inilah yang membuat duwet atau jamblang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. 

 

Buah yang mirip seperti anggur ini mengandung karbohidrat, serat, protein, berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B6, C, mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, potasium, sodium, fosfor dan juga mengandung air. 

 

100 gram duwet atau jamblang mengandung 14 gram karbohidrat, 0,6 gram serat, 0,9 gram protein, 0,019 mg vitamin B1, 0,009 mg vitamin B2, 0,245 mg vitamin B3, 0,038 mg vitamin B6, 11,85 mg vitamin C, 11,65 mg kalsium, 1,41 mg zat besi, 35 mg magnesium, 55 mg potasium, 26,2 mg sodium, dan juga air. 

 

Baca juga: Ini 9 Manfaat Vitamin C yang Kamu Harus Tahu! 

 

Manfaat Buah Duwet atau Jamblang untuk Kesehatan

Meski tak banyak yang tahu, ternyata tersimpan berbagai manfaat buah duwet atau jamblang untuk kesehatan nih Gengs. Apa sajakah manfaat buah duwet atau jamblang untuk kesehatan yang perlu Kamu ketahui? Simak yuk satu per satu manfaatnya di bawah ini, Gengs!

 

1. Mencegah Kanker

Tahukah Kamu kalau buah ini dapat mencegah kanker? Duwet atau jamblang mengandung antioksidan yang tinggi. Inilah yang membuat buah ini diyakini dapat mencegah kanker. Polifenol dan antosianin, antioksidan yang terkandung dalam duwet atau jamblang dapat bekerja dengan mengikat sel-sel radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel-sel kanker. 

 

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah duwet atau jamblang untuk kesehatan ialah meningkatkan kesehatan jantung. Kalium yang terkandung dalam duwet dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam 100 gram duwet ialah 55 mg. Selain berkat kandungan kaliumnya, potasium juga memiliki manfaat untuk mencegah stroke dan tekanan darah tinggi

 

3. Dapat Mengatasi Konstipasi

Manfaat buah duwet atau jamblang untuk kesehatan ialah mengatasi konstipasi. Buah yang mirip dengan anggur ini mengandung 0,9 gram serat yang dapat membantu sistem kerja usus besar. 

 

4. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Duwet atau jamblang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi yang terkandung di dalam duwet atau jamblang dapat menjaga kepadatan tulang dan mencegah gigi keropos. Seperti yang kita ketahui, kekurangan kalsium berisiko terhadap osteoporosis, terutama pada mereka yang berusia lanjut.

 

Baca juga: Yuk, Kenali 13 Manfaat Buah Bit!

5. Membuat Kulit Lembut dan Bercahaya

Kaya akan vitamin C, duwet atau jamblang akan membuat kulit Kamu lembut dan bercahaya. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam duwet dapat membentuk kolagen di kulit yang bermanfaat untuk kulit yang sehat. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, Kamu perlu mengonsumsi duwet secara rutin. 

 

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat buah duwet atau jamblang untuk kesehatan ialah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena duwet mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun nutrisi yang terkandung dalam duwet ialah kalsium, mineral, vitamin C, protein, dan sebagainya. 

 

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Siapapun bisa mungkin saja tidak selera untuk makan. Penyebab tidak nafsu makan ini pun beragam mulai dari masalah pencernaan, konstipasi, nyeri perut, ataupun kondisi-kondisi lainnya. Mengonsumsi duwet secara rutin dapat meningkatkan selera makan. Cukup mengonsumsi 50 gram duwet dan campur dengan air gula atau madu. 

 

8. Meredakan Sakit Kepala

Tahukah Kamu kalau duwet juga bisa untuk meredakan sakit kepala? Astrigen yang terkandung dalam jamblang dapat meredakan sakit kepala yang ringan. Kamu bisa mengonsumsi jamblang sebagai camilan untuk meredakan sakit kepala nih, Gengs.

 

9. Mencegah Batuk Kronis

Batuk kronis dapat menjadi batuk yang parah dan memengaruhi tenggorokan ataupun sistem pernapasan. Mengonsumsi duwet atau jamblang secara rutin dapat mencegah Kamu terkena batuk kronis. 

 

10. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Sel-sel darah merah dalam tubuh memiliki peran yang penting. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan anemia, konsentrasi yang rendah, dan membuat tubuh merasa lemas. Kaya akan zat besi, cobalah untuk mengonsumsi duwet atau jamblang 100 gram sehari.

 

Baca juga: Manfaat Daun Jambu Biji untuk Meningkatkan Trombosit

11. Mengobati Gangguan Limfatik

Saat limfa membesar, hormon yang mengendalikan limfa tidak dapat berfungsi dengan baik. Penyakit pembesaran limfa ini biasanya akan diikuti dengan beberapa gejala, seperti rasa tidak nyaman di perut, nafsu makan yang berkurang, penurunan berat badan, serta rasa sakit di hati. 

 

12. Meningkatkan Stamina pada Tubuh

Jus duwet atau jamblang dapat membuat Kamu lebih berstamina, meningkatkan gairah seks, meningkatkan fokus, konsentrasi, dan sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, konsumsilah duwet bersamaan dengan madu secara teratur. 

 

13. Baik untuk Penderita Asma

Penderita asma akan merasa terganggu saat asmanya kambuh. Nah, salah satu manfaat buah duwet atau jamblang untuk kesehatan ialah dapat menjadi obat alami untuk penderita asma

 

14. Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas bisa berdampak buruk pada sel-sel dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam duwet atau jamblang dapat mencegah radikal bebas ini Gengs sehingga Kamu pun terhindar dari penuaan dini. 

 

Baca juga: Ketahui Berbagai Manfaat Virgin Coconut Oil Yuk, Mums! 

 

15. Baik untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Tahukah Kamu kalau daun dari duwet atau jamblang memiliki sifat antibakteri yang baik untuk kesehatan mulut dan gigi? Astrigen yang terkandung dalam daunnya baik untuk mengatasi masalah tenggorokan. Selain itu, berkumur dengan kulit buah duwet atau jamblang dapat mencegah pendarahan pada gusi. 

 

16. Sebagai Pewarna Makanan yang Alami

Seperti yang kita ketahui, tumbuhan, sayur, ataupun buah dapat dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Nah, warna ungu dari duwet atau jamblang sering kali digunakan sebagai pewarna makanan yang alami, entah untuk kue ataupun jenis makanan lainnya. 

 

 

Buah Duwet Ampuh Kendalikan Luka Diabetes

Duwet atau jamblang digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati atau mencegah diabetes. Glikosida jambolin dan alkaloid yang terkandung dalam duwet dapat memecah gula menjadi energi sehingga kadar gula darah menjadi stabil dan dapat mencegah diabetes. Inilah juga yang membuat buah duwet ampuh kendalikan luka diabetes. 

 

Sekarang Kamu tahu kan apa saja manfaat buah duwet atau jamblang untuk kesehatan? Selain itu, ternyata buah duwet ampuh kendalikan luka diabetes ya, Gengs! Apakah Kamu sudah pernah mengonsumsi buah yang satu ini? Jika ingin memperoleh berbagai manfaatnya, cobalah untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. 

 

 

Referensi:

Science Direct. Java Plum. 

Pain Assist. 2018. 20 Amazing Health Benefits of Java Plum or Jamun

 

Tinggalkan komentar