Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan


Buah naga adalah buah yang memiliki ciri khas kulitnya yang menyerupai kulit naga dan berwarna merah. Buah ini tumbuh di wilayah tropis, termasuk di Indonesia. Nah, Geng Sehat tahu enggak, kalau manfaat buah naga untuk kesehatan itu sangat banyak?

 

Tidak hanya rasanya yang menyegarkan dan bentuknya yang unik, buah naga juga baik untuk kesehatan. Kalau Geng Sehat belum tahu beragam manfaat buah naga untuk kesehatan, baca artikel di bawah ini, ya!

 

Baca juga: Resep MPASI dari Buah Naga

 

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah naga sangat kaya nutrisi. Berikut manfaat buah naga untuk kesehatan:

 

1. Kaya Nutrisi

Buah naga itu rendah kalori namun kaya akan vitamin dan mineral penting. Buah naga juga kaya akan serat. Berikut kandungan nutrisi buah naga dalam porsi satu cangkir (227 gram):

  • Kalori: 136
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Zat besi: 8 persen dari rekomendasi asupan harian (RDI)
  • Magnesium: 18 persen dari rekomendasi asupan harian (RDI)
  • Vitamin C: 9 persen dari rekomendasi asupan harian (RDI)
  • Vitamin E: 4 persen dari rekomendasi asupan harian (RDI)

Selain nutrisi-nutrisi penting tersebut, buah naga juga mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan, seperta polifenol, karotenoid, dan betasianin. Jadi, tidak heran jika manfaat buah naga untuk kesehatan sangat beragam.

 

2. Membantu Melawan Penyakit Kronik

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang bisa menimbulkan kerusakan sel, sehingga menyebabkan inflamasi dan penyakit. Satu cara untuk melawan hal ini  adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah naga.

 

Penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan antioksidan bisa membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan artritis. Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk:

 

Vitamin C: penelitian menemukan hubungan antara asupan vitamin C dengan risiko kanker. Sebagai contoh, penelitian pada 120,852 orang yang mengonsumsi asupan vitamin C lebih tinggi, menunjukkan bahwa mereka juga memiliki kasus kanker kepala dan leher yang lebih rendah.

 

Betalain: penelitian menunjukkan indikasi bahwa betalain bisa melawan stres oksidatif dan memiliki kemampuan untuk menahan sel kanker. 

 

Karotenoid: beta karoten dan likopen adalah pigmen yang memberikan buah naga warnanya yang mencolok. Diet yang kaya akan karotenoid diketahui bisa menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. 

 

Jadi, karena kaya akan antioksidan, manfaat buah naga untuk kesehatan menjadi sangat penting. Antioksidan paling baik jika dikonsumsi secara alami di dalam makanan, ketimbang dalam pil atau suplemen. Jadi, sebaiknya konsumsi buah naga secara alami.

 

3. Kaya Serat

Serat merupakan karbohidrat yang tidak bisa dicerna, dan memiliki manfaat kesehatan. Ahli merekomendasikan konsumsi 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram per hari untuk pria.

 

Sama seperti antioksidan, suplemen serat tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan serat yang terkandung alami di dalam makanan. Nah, dengan kandungan serat 7 gram per porsi satu cangkir, buah naga merupakan sumber makanan yang baik.

 

Meskipun serat dikenal dengan manfaatnya untuk pencernaan, penelitian menunjukkan bahwa serat juga memiliki peran dalam melawan penyakit jantung, mengontrol diabetes tipe 2, serta menjaga berat badan sehat.

 

Meskipun penelitian lebih dalam dibutuhkan, penelitian menunjukkan bahwa diet kaya akan serat dan bisa melindungi tubuh dari kanker usus besar. Jadi, salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan seratnya!

 

Baca juga: Buah Naga Merah, Si Merah Kaya Manfaat

 

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Usus merupakan rumah dari triliun mikroorganisme, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Banyak ahli yang percaya bahwa mikroorganisme di dalam usus memengaruhi kesehatan kita.

 

Baik penelitian pada manusia maupun hewan menunjukkan bahwa ketidakseimbangan di bakteri di usus bisa menyebabkan asma dan penyakit jantung. Karena buah naga mengandung prebiotik, maka buah ini bisa meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus.

 

Prebiotik adalah jenis serat spesifik yang meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus. Sama seperti serat pada umumnya, usus tidak bisa mencerna prebiotik, jadi bakteri di dalam usus bisa mencernanya. Bakteri menggunakan serat sebagai bahan bakar untuk pertumbuhan.

 

Mengonsumsi prebiotik secara rutin bisa mengurangi risiko infeksi di dalam saluran pencernaan, dan diare. Pasalnya, prebiotik meningkatkan pertumbuhan bakteri baik. Jadi, ini termasuk salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan.

 

5. Menguatkan Sistem Imun

Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ditentukan dari beberapa faktor yang berbeda, termasuk kualitasnya dalam diet. Vitamin C dan karotenoid di dalam buah naga bisa meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi dengan cara menlindungi sel darah putih dari kerusakan.

 

Sel darah putih di dalam sistem imun berfungsi melawan dan menghancurkan zat berbahaya di dalam tubuh. Namun, sel darah putih sangat sensitif terhadap radikal bebas. 

 

Jadi, sebagai buah yang kaya akan antioksidan, vitamin C, dan karotenoid, salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan adalah melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem imun.

 

6. Meningkatkan Kadar Zat Besi yang Rendah

Buah naga adalah salah satu buah segar yang kaya akan zat besi. Zat besi memiliki peran penting dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga penting dalam mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi.

Namun, banyak orang yang tidak memperoleh asupan zat besi yang cukup. Bahkan, diperkirakan 30 persen populasi dunia kekurangan zat besi. Untuk mencegah hal ini, maka Kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Nah, buah naga merupakan salah satu buah yang mengandung zat besi. Jadi, salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan adalah mencegah kekurangan zat besi.

 

7. Sumber Magnesium yang Baik

Buah naga memiliki kandungan magnesium yang jauh lebih banyak ketimbang kebanyakan buah. Dalam satu porsi, buah naga mengandung 18 persen rekomendasi asupan harian untuk magnesium.

 

Mineral ini cukup penting untuk tubuh dan berperan dalam lebih dari 500 reaksi kimia di dalam tubuh. Magnesium juga berperan dalam kontraksi otot, pembentukan, tulang, serta DNA.

 

Jadi, salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan berkaitan dengan magnesium, sehingga berperan dalam beragam fungsi organ dalam tubuh.

 

Baca juga: Buah Sebaiknya Dimakan atau Diminum?

 

Jadi, manfaat buah naga untuk kesehatan sangat banyak ya, Gengs. Selain rasanya yang enak, buah ini juga sangat baik untuk kesehatan. Untuk merasakan manfaat buah naga untuk tubuh, biasakan konsumsi buah ini, ya! (UH)

 

 

Sumber:

Healthline. Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet. Mei 2018.

Journal of Food Science. Comparative antioxidant and antiproliferative activities of red and white pitayas and their correlation with flavonoid and polyphenol content. 2011.

British Journal of Pharmacology. The oxidative stress theory of disease: levels of evidence and epistemological aspects. 2017.

The American Journal of Clinical Nutrition. Metabolomic profile of response to supplementation with β-carotene in the Alpha-Tocopherol, Beta-Carotene Cancer Prevention Study. Agustus 2013.

Tinggalkan komentar