Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan


Beberapa waktu lalu, Apple Cider Vinegar alias cuka apel menjadi tren di kalangan beauty enthusiast. Disebutkan, ada banyak sekali manfaat cuka apel untuk kecantikan, sehingga bahan yang satu ini digunakan sebagai skin care yang dipakai secara rutin. Benarkan demikian?

 

Cuka apel merupakan bahan yang mampu menjaga kesehatan kulit. Ini kaya akan acetic, citric, malic, dan asam amino. Tidak hanya sampai di situ, cuka apel juga mengandung banyak vitamin, enzim, dan garam mineral.

 

Sebagai wanita, ada baiknya bagi Kamu untuk selalu menyimpan cuka apel di dapur. Pasalnya, manfaat cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan kulit tidak perlu diragukan, mulai dari meredakan sunburn (kulit terbakar matahari), mengilangkan jerawat dan noda pada kulit, sekaligus membantu mengatasi infeksi kulit!

 

  1. Menghilangkan Jerawat

Rasanya jerawat menjadi musuh setiap orang, baik wanita ataupun pria. Umumnya, jerawat sering muncul ketika seseorang memasuki masa puber atau remaja. Namun, tidak menutup kemungkinan Kamu yang tidak pernah berjerawat malah akan mengalaminya ketika sudah dewasa!

 

Di saat inilah manfaat cuka apel untuk kecantikan bisa dibuktikan! Cuka apel dinilai mampu membunuh bakteri dan membantu menyeimbangkan kadar pH pada kulit. Selain itu, cuka apel dapat membantu menyerap minyak berlebih pada permukaan wajah.

 

Kamu bisa mencampurkan cuka apel ke dalam air ukuran ¾. Lalu, aplikasikan campuran tersebut ke area kulit yang berjerawat menggunakan cotton bud atau kapas. Diamkan semalam 10 menit, kemudian cuci muka. Banyak yang menyarankan hal ini dapat Kamu lakukan secara rutin, yakni 3 kali sehari.

 

  1. Meredakan Sunburn

Sebelumnya, GueSehat sudah menyebutkan bahwa cuka apel mengandung asam amino. Jadi, apa tidak masalah menotolkan bahan yang satu ini ke area kulit yang mengalami sunburn? Percaya tidak percaya, asam amino aman yang terkandung dalam cuka apel tidak akan memperparah kondisi sunburn! Cuka apel juga dapat menetralisasi bahaya radikal bebas.

 

Cara menggunakannya yaitu campurkan setengah cangkir cuka apel dengan 4 gelas air. Gunakan waslap untuk mengaplikasikan cuka apel ke area kulit yang mengalami sunburn. Kemudian, pijat kulit secara lembut agar cuka apel dapat terserap. Ulangi metode ini beberapa kali sehari sampai kulit yang terbakar reda dan hilang.

 

  1. Menenangkan dan Mengeksfoliasi Kulit

Manfaat cuka apel untuk kecantikan berikutnya ialah menenangkan dan mengeksfoliasi kulit. Kandungan asam alfa hidroksil di dalamnya dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga sel-sel kulit baru yang lebih sehat dapat terbentuk.

 

Untuk menggunakannya, tuang cuka apel ke dalam air hangat lalu biarkan hingga 15-20 menit. Setelah itu, berendamlah supaya asam alfa hidroksil dapat menyerap ke kulit. Lakukan rutinitas ini untuk menjaga kadar pH pada kulit Kamu.

 

  1. Menjadi Toner Wajah

Cuka apel bersifat astringen, sehingga mampu membantu meningkatkan aliran darah ke kulit dan mengecilkan pori-pori. Ini amat baik, terutama bagi orang-orang yang memiliki kulit dengan tipe berminyak. Selain itu, menggunakan cuka apel sebagai toner juga bisa membantu meregulasi kadar pH pada wajah.

 

Cara menggunakannya, campurkan cuka apel dengan air. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial jika diinginkan. Setelah itu, aplikasikan ke wajah menggunakan kapas dan biarkan beberapa menit. Terakhir, bilas wajah dengan air yang sejuk. Kamu bisa melakukannya 1-2 kali sehari, sesuai kebutuhan.

 

  1. Membantu Menghilangkan Spot-spot Hitam dan Melawan Kerutan

Manfaat cuka apel untuk kecantikan yang selanjutnya adalah membantu menghilangkan spot-spot hitam serta menghilangkan kerutan. Untuk yang satu ini, Geng Sehat dapat menuangkan sedikit cuka apel ke kapas dan aplikasikan secara langsung ke area kulit yang sudah menunjukkan spot-spot hitam dan kerutan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas wajah dengan air yang sejuk. Lakukan rutinitas ini 2 kali sehari selama 6 minggu, dan Kamu pun akan melihat perbedaannya.

 

  1. Membersihkan Peralatan Make Up

Wah, membersihkan peralatan make up kerap dilupakan oleh para wanita. Padahal, secara tidak langsung ini dapat membantu Kamu menjaga kecantikan, lho! Antibakteri yang terkandung di dalam asam pada cuka apel tidak hanya berguna jika diaplikasikan ke wajah dan kulit tubuh, tetapi juga dapat membantu membersihkan alat-alat yang melakukan kontak langsung dengan kulit wajah Kamu setiap harinya.

 

Kombinasikan 1 sendok makan cuka apel dengan air hangat, lalu tambahkan perasan setengah lemon. Setelah itu, rendam kuas atau spons untuk make up ke dalamnya selama beberapa saat. Bilas dengan sabun dan air mengalir hingga bersih, lalu keringkan.

 

  1. Spa untuk Kaki

Apakah Geng Sehat memiliki masalah kaki bau? Duh, ini enggak banget! Nah, cuka apel dapat membantu mengatasinya, lho! Caranya, rendam kaki ke dalam air hangat yang sudah dicampurkan ¼ cangkir cuka apel. Asam di dalam cuka apel amat baik untuk menetralisasi bau tidak sedap dari kaki Kamu. Cara ini juga bisa membantu Kamu mengatasi kutil, jamur, serta kutu air di kaki. Selamat datang kaki yang sehat dan cantik!

 

  1. Membantu Rambut Jadi Berkilau

Rambut yang kusam dan tidak berkilai memang dapat menurunkan kepercayaan diri para wanita. Sayangnya, beberapa perawatan rambut menggunakan bahan yang agak mengkhawatirkan, misalnya formaldehida. Sementara, ada pula perawatan rambut, tetapi harganya selangit dan lumayan menguras kantong.

 

Jika Kamu sedang berhemat dan ingin mengurangi penggunaan terlalu banyak serum agar rambut bisa beristirahat sejenak dari produk-produk kimia, maka menggunakan cuka apel dapat menjadi solusinya. Asam asetat yang terkandung di dalam cuka apel mampu membantu menyeimbangkan kadar pH pada rambut, menstimulasi kulit kepala, serta menghilangkan beberapa residu produk rambut yang mengendap di rambut.

 

Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan 1/3 cangkir cuka apel dengan 4 cangkir air. Tuangkan ke rambut setelah keramas, lalu pijat kulit kepala secara lembut. Gunakan shower cap dan biarkan hingga 10 menit. Terakhir, bilas rambut dengan air dingin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Memutihkan Gigi

Untuk Geng Sehat yang suka minum kopi atau teh, gigi akan sangat rentan terkena noda. Mungkin Kamu sudah pada tahu kalau cuka apel mampu menghilangkan noda keduanya pada pakaian. Namun, ternyata ini juga berlaku pada gigi, lho!

 

Walaupun bahan ini tidak bisa membuat gigimu putih cerah kembali seperti sedia kala, setidaknya cuka apel dapat membantu menghilangkan noda yang menempel akibat pengonsumsian kopi dan teh yang rutin. Untuk hasil yang lebih maksimal, Kamu juga bisa mencampurkan cuka apel dengan baking soda! Campur keduanya dan buat menjadi pasta, lalu gunakan ketika menyikat gigi. Selamat mencoba!

 

  1. Meredakan Psoriasis

Apakah ada di antara Geng Sehat yang mengalami psoriasis? Masalah kulit yang juga dialami oleh bintang terkenal Kim Kardashian ini, memang tidak akan pernah hilang. Namun Kamu bisa membantu meredakannya dengan cara mengonsumsi cuka apel.

 

Mungkin rasanya akan membuat Kamu berjengit. Akan tetapi, manfaatnya bagi kesehatan tentu akan membuat Kamu bertahan untuk mengonsumsinya, bukan? Tidak hanya sekadar meningkatkan kesehatan kulit atau mencerahkannya, cuka apel pun mampu membantu meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan dari psoriasis. Caranya, campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan air putih, lalu minum.

 

Itulah 10 manfaat cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Semoga ini bisa menjadi alternatif bagi Geng Sehat, ya! Apabila muncul reaksi alergi atau iritasi selama menggunakan cuka apel, maka hentikan penggunaan, ya. (AS)

 

Referensi

Elle: 7 Unexpected Beauty Uses For Apple Cider Vinegar

NDTV Food: 5 Amazing Ways To Use Apple Cider Vinegar For Beautiful Skin

Tinggalkan komentar