Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan


Daun salam merupakan salah satu daun dengan aroma khas yang sering kali digunakan dalam masakan. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, namun daun salam ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan lho Gengs. Sudahkah Kamu tahu manfaat daun salam untuk kesehatan?

 

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam merupakan tanaman herbal yang umum digunakan dalam masakan untuk berbagai menu seperti tumis, rebus, kukus, hingga sup. Berikut ini berbagai manfaat daun salam untuk kesehatan yang perlu Kamu ketahui!

 

1. Membantu pengobatan diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu penderita diabetes tipe 2. Tidak hanya memberikan rasa yang khas pada makanan, daun salam juga memiliki peranan penting dalam metabolisme glukosa. Selain itu, daun salam juga membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada penderita diabetes tipe 2. 

 

2. Mencegah peradangan

Dalam penelitian yang dilakukan di Australia, daun salam dapat menghambat aktivitas enzim COX-21 yang diketahui dapat memicu peradangan. Kandungan dalam daun salam diyakini dapat melawan peradangan dengan cara menghambat produksi oksida nitrat. 

 

Menurut penelitian, oksida nitrat dalam konsentrasi yang lebih tinggi dapat menyebabkan atau memicu peradangan. Cineole, senyawa utama yang terkandung dalam daun salam diyakini dapat mencegah peradangan. Senyawa tersebut bekerja dengan menghambat inflamasi atau peradangan. 

 

Baca juga: Manfaat Daun Jambu Biji untuk Meningkatkan Trombosit 

 

3. Diduga bisa mencegah kanker

Berdasarkan penelitian, ekstrak daun salam memiliki peran sebagai agen antikanker. Senyawa utama yang terkandung dalam daun salam, seperti Cineole dipercaya dapat menekan pertumbuhan sel-sel kanker leukemia. Dalam penelitian yang dilakukan di Australia, memasukkan daun salam dalam menu masakan dapat mencegah kanker usus besar

 

4. Mencegah infeksi jamur

Selain mencegah kanker, salah satu manfaat daun salam untuk kesehatan ialah dapat berperan untuk melawan infeksi jamur. Daun salam memiliki sifat antijamur yang berguna untuk mencegah Candidiasis. Perlu diketahui bahwa Candidiasis adalah infeksi akibat jamur Candida yang gejalanya bisa berupa timbulnya ruam, membuat kulit gatal, pecah-pecah, hingga kering. 

 

5. Membantu penyembuhan luka

Salah satu manfaat daun salam untuk kesehatan ialah membantu penyembuhan luka nih, Gengs. Hal ini dibuktikan pada penelitian eksperimen yang dilakukan pada tikus. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, luka pada tikus yang diberikan daun salam mengalami penyembuhan yang lebih cepat. 

 

Baca juga: Ketahui Berbagai Manfaat Virgin Coconut Oil Yuk, Mums!

6. Baik untuk pencernaan

Daun salam memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam efektif untuk mengatasi sakit perut dan mencegah gejala penyakit Celiac. 

 

7. Berguna untuk perawatan rambut

Daun salam juga memiliki manfaat untuk rambut lho, Gengs. Daun salam diyakini dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut dan menghilangkan ketombe. Kamu cukup merendam daun salam dalam air lalu gosokkan pada kulit kepala setelah keramas. 

 

Jadi, sekarang Kamu tahu kan berbagai manfaat daun salam untuk kesehatan? Ternyata tidak hanya berguna sebagai pelengkap masakan, daun salam juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan ya Gengs. 

 

Baca juga: Cari Tahu Manfaat Daun Mint untuk Diet!

Oh iya, kalau Kamu punya masalah seputar kesehatan atau ada hal lain yang ingin ditanyakan pada ahli atau dokter, jangan ragu untuk menggunakan fitur ‘Forum’ yang tersedia di GueSehat.com. Cobain yuk fiturnya sekarang!

 

 

Referensi:

Very Well Fit. 2019. The Health Benefits of Bay Leaf.

Style Craze. 2019. Top 5 Bay Leaf Benefits You Should Know Today + Side Effects

Twigs Natural. Top 8 Benefits of Bay Leaves

Tinggalkan komentar