Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil


Tak hanya mudah diolah dan memiliki rasa enak, nyatanya cukup banyak lho, manfaat edamame untuk ibu hamil. Setelah membaca penjelasan berikut ini, dijamin Mums lebih menikmati camilan sehat satu ini. Kita bahas sekarang, yuk!

 

Di Balik Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Sebelum membahas panjang lebar tentang manfaat edamame untuk ibu hamil, Mums perlu tahu dulu ada fakta menarik apa di balik biji hijau ini. Tahukah Mums, bahwa edamame sebenarnya adalah kacang kedelai yang belum matang? 

 

Ya, edamame adalah kacang kedelai yang dipanen sebelum mulai mengeras namun tetap di dalam kulitnya. Kemudian, edamame dimasak setengah matang dan dibekukan untuk mempertahankan rasa segarnya. Edamame jarang dijual segar dan lebih umum dijual dalam kemasan beku, sehingga tersedia sepanjang tahun tanpa menunggu musim. Setelah polong edamame matang, mengeras, dan kering, barulah diolah untuk membuat susu kedelai dan tahu.

 

Cara mengolah edamame sangat mudah. Edamame biasanya dikukus dalam air kemudian bisa dimakan dengan menekan kacangnya hingga keluar dari polongnya. Untuk memberi rasa, Mums bisa menambahkan beberapa sendok garam setelah edamame selesai dikukus. Atau, langsung saja dimakan begitu sudah beres dikukus, karena rasa aslinya tetap gurih dan tidak tawar.

 

Popularitas kacang edamame mulai menanjak dalam satu dekade terakhir ini, terutama untuk warga Amerika. Itulah kenapa, orang-orang dulu hanya mengetahui bahwa kacang kedelai hanya bisa diolah menjadi produk kedelai populer seperti tahu, miso, dan susu kedelai. Padahal, kebiasaan makan edamame yang sudah direbus dalam air garam, sudah berlangsung lama dalam kebudayaan Jepang. Biasanya, edamame disajikan di bar sebagai snack ketika para pria minum bir.

 

Tapi, kenapa sih, edamame begitu populer sekarang? Beberapa orang menyebut edamame adalah sayuran super atau ajaib karena satu-satunya sayuran yang mengandung sembilan asam amino esensial. Ini menjadikan edamame sebagai sumber protein lengkap, mirip dengan daging atau telur. Edamame juga mengandung isoflavon yang memang umum ditemukan di semua produk kedelai. Lalu, apa hubungan antara isoflavon ini dengan manfaat edamame untuk ibu hamil?

 

Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil #1: Sumber Protein Nabati

Mendengar istilah protein tentu sudah sangat sering ya, Mums. Namun, mungkin belum semua tahu bahwa protein termasuk komponen terpenting untuk menyusun jaringan tubuh.

 

Pasalnya, protein ditemukan dalam setiap sel tubuh, pembentuk kulit, otot, rambut, kuku, dan jaringan lainnya. Protein inilah yang menyediakan struktur untuk sel-sel tubuh dan membantu sistem jaringan tubuh berfungsi dengan baik, seperti membantu sel-sel untuk memperbaiki dirinya sendiri.

 

Nah, protein ini paling dibutuhkan ketika seorang calon manusia sedang dibentuk di dalam rahim ibunya, alias saat masa kehamilan. Protein yang akan membantu pertumbuhan fisik si Kecil berjalan sempurna, serta membantu perkembangan area penting lainnya, seperti:

  • Pertumbuhan dan perbaikan jaringan baru dan yang rusak.
  • Membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh bayi.
  • Membuat hormon dan enzim.
  • Membantu otot berfungsi dengan baik.
  • Mengangkut oksigen melalui darah.

 

Begitu banyaknya fungsi protein, tak heran jika kebutuhan protein Mums akan meningkat tajam ketika hamil. Itulah mengapa, Mums disarankan untuk banyak mengasup protein, baik hewani maupun nabati, bahkan jauh sebelum Mums berencana hamil.

 

Nah, inilah salah satu manfaat edamame untuk ibu hamil, yaitu sebagai sumber protein nabati yang mudah didapat dan bisa dinikmati tanpa perlu banyak proses memasak. Sehingga Mums mendapatkan nutrisinya secara komplit dan sempurna. Edamame juga sumber kalsium dan protein jika Mums ternyata intoleransi laktosa (tubuh tidak bisa mencerna laktosa dari produk susu dengan baik dan menimbulkan beberapa gejala seperti mual dan perut kembung).

 

Baca juga: Makan Telur Setiap Hari Tenyata Aman untuk Kadar Kolesterol!

 

Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil #2: Sumber Folat

Folat adalah kelompok vitamin B yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Apa bedanya folat dan asam folat? Mineral ini disebut sebagai folat tanpa diikuti kata “asam” ketika didapatkan dari makanan alami, seperti sayuran hijau dan edamame. Sementara, akan disebut sebagai asam folat ketika diolah secara kimiawi menjadi suplemen.

 

Fungsi folat  untuk kehamilan tidak bisa disepelekan begitu saja. Nutrien ini telah teruji berkontribusi dalam pembentukan sistem saraf dan pencegahan cacat tabung saraf pada bayi. Selain itu, kecukupan folat juga membantu mencegah persalinan prematur yang berisiko menimbulkan komplikasi dan efek serius pada bayi.

 

Untunglah, salah satu manfaat edamame untuk ibu hamil adalah mengandung folat yang tinggi. Dan, karena edamame adalah kacang kedelai yang belum matang, ada perbedaan kandungan nutrisi pada edamame dan kacang kedelai matang yang biasa diolah menjadi tahu, tempe, atau susu kedelai. Berikut perbandingan kandungan vitamin dan mineral antara edamame dan kacang kedelai matang dalam 100 gram.

Kandungan Nutrisi

Edamame

Kacang Kedelai Matang

Folat

78%

14%

Vitamin K1

33%

24%

Tiamin

13%

10%

Riboflavin

9%

17%

Zat besi

13%

29%

Tembaga

17%

20%

Mangan 

51%

41%

 

Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil #3: Mencegah Osteoporosis

Kalsium menjadi salah satu kebutuhan mineral yang penting untuk dipenuhi selama kehamilan. Pasalnya, ketika hamil, tubuh akan berkonsentrasi untuk pertumbuhan janin, sehingga cadangan kalsium dari tubuh Mums akan diambil. Nah, jika ternyata tubuh Mums berada di kondisi kekurangan kalsium ketika hamil dan tidak segera dipenuhi dari asupan makanan atau suplemen, maka kebutuhan kalsium itu akan mengambil dari kalsium yang ada, yaitu tulang Mums sendiri. Kondisi inilah yang mendekatkan osteoporosis pada semua ibu hamil.

 

Dalam beberapa studi, ditemukan bahwa dengan rutin mengasup makanan hasil olahan kedelai yang mana kaya akan isoflavon, dapat menurunkan risiko osteoporosis karena mampu meningkatkan tingkat kepadatan tulang. Dan, seperti yang Mums sudah tahu, edamame merupakan kedelai yang punya kandungan nutrisi lebih kaya dibanding produk kedelai olahan. Mantap banget ya, manfaat edamame untuk ibu hamil yang satu ini!

 

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan
 

Efek Samping dari Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Manfaat edamame untuk ibu hamil serta kesehatan pada umumnya, memang tak perlu diragukan lagi. Walau begitu, Mums tetap perlu memerhatikan efek samping yang mungkin terjadi, jika Mums berada dalam kondisi ini:

1. Alergi kedelai

Jika Mums sudah mengetahui bahwa alergi  kedelai dan segala produk turunannya, maka sudah semestinya jangan mencoba untuk mengonsumsi edamame. Karena, bukan manfaat yang akan Mums dapatkan, melainkan mungkin saja mengalami beberapa gejala alergi kedelai seperti: Mual, gatal-gatal, diare, dan kulit memerah.

 

2. Mengonsumsi obat tertentu

Jika Mums harus mengonsumsi obat pengencer darah selama hamil berdasarkan saran dokter,  maka sebaiknya hindari segala bentuk kedelai dalam pola makan Mums. Pasalnya, akan meningkatkan risiko perdarahan yang berbahaya bagi kehamilan Mums.

 

3. Mengalami masalah perut

Mengonsumsi kedelai, termasuk edamame, dalam jumlah terlampau banyak, dapat berefek samping menimbulkan diare, konstipasi, dan kram perut.

 

Maka, agar benar-benar manfaat edamame untuk ibu hamil, tetap perhatikan takarannya dan sesuaikan dengan kondisi Mums, ya.

 

Baca juga: Ketahui Proses Terjadi Serta Tanda Awal Kehamilan

 

 

Sumber

Healthline. Edamame Benefits.

Pregnancy Birth and Baby. Folate in Pregnancy.

Mom Junction. Edamame During Pregnancy.

Tinggalkan komentar