Manfaat Jalan Pagi bagi Ibu Hamil


Sudah menjadi rahasia umum jika melakukan olahraga atau aktivitas fisik dapat menyehatkan tubuh, termasuk bagi Mums yang sedang menjalani masa kehamilan. Ya, menjalani kehamilan bukan berarti membuat Mums tidak bisa melakukan berbagai aktivitas fisik. Sebaliknya, melakukan olahraga atau aktivitas fisik dapat membantu Mums tetap bugar selama hamil hingga mempersiapkan persalinan.

 

Tak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat atau intens, aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki di pagi hari saja sudah bisa memberikan dampak yang positif bagi tubuh Mums. Nah, tentunya Mums penasaran dong apa saja sih manfaat jalan pagi bagi ibu hamil ini dan berapa lama jalan pagi untuk ibu hamil yang direkomendasikan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Baca juga: Manfaat Rutin Jalan Kaki untuk Kebugaran Tubuh

 

Mengapa Baik untuk Melakukan Olahraga di Pagi Hari?

Berolahraga di pagi hari memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh sepanjang hari dan memastikan Mums untuk benar-benar melakukan aktivitas fisik sebelum disibukkan dengan rutinitas. Ada banyak manfaat melakukan olahraga di pagi hari, berikut di antaranya:

– Kebanyakan orang yang melakukan olahraga di pagi hari secara konsisten akan lebih mudah untuk membangun kebiasaan sehat ini.

– Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 menemukan bahwa 45 menit olahraga di pagi hari atau aktivitas fisik lain dapat membuat seseorang lebih tidak tertarik ketika melihat foto-foto makanan.

– Studi lain tahun 2013 menemukan bahwa pria yang berkendara menggunakan sepeda memiliki kapasitas daya tahan yang lebih baik di pagi hari dibandingkan di malam hari.

– Berolahraga di pagi hari mungkin akan lebih sedikit gangguan.

– Meningkatkan energi selama beberapa jam ke depan sebagai bekal tubuh untuk menjalani rutinitas.

– Tingkat polusi udara yang lebih rendah ketika pagi hari.

 

Lalu, Apa Saja Manfaat Jalan Pagi bagi Ibu Hamil?

Jalan pagi bagi ibu hamil ternyata tak hanya menyehatkan fisik Mums, tapi juga kondisi psikologis dan si Kecil dalam kandungan. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat jalan pagi bagi ibu hamil, berikut penjelasan selengkapnya.

 

  1. Menjaga tubuh Mums tetap bugar

Bagi ibu hamil, jalan pagi bisa membuat fisik lebih sehat dan juga lebih aktif. Jalan pagi merupakan salah satu olahraga yang melatih tubuh secara lengkap, yang meningkatkan kesehatan jantung dan otot.

 

  1. Mendukung kesehatan si Kecil

Berjalan akan menjaga berat badan Mums dan bayi lebih stabil. Ini akan membantu si Kecil mencapai berat badan yang sehat, sehingga membuat proses persalinan menjadi lebih mudah dan secara alami

 

  1. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan akan membuat Mums berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 setelah melahirkan. Ini juga dapat meningkatkan risiko persalinan prematur dan melahirkan bayi gemuk.

Olahraga seperti jalan pagi akan menjaga berat badan Mums tetap terkendali dan mengurangi risiko terkena diabetes gestasional.

 

  1. Menurunkan risiko pre-eklampsia

Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan kelebihan protein dalam urine.

Berjalan membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi kolesterol, sehingga dapat menyeimbangkan tingkat tekanan darah selama kehamilan. Dengan cara ini, Mums akan memiliki risiko lebih rendah terhadap persalinan prematur yang sering terjadi akibat preeklampsia.

 

  1. Mengurangi stres

Stres adalah gejala umum yang sering dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Perubahan hormon di masa kehamilan inilah yang memicu Mums kerap mengalami perubahan suasana hati yang cepat, dari senang menjadi cemas atau bahkan depresi.

Berjalan, sama seperti olahraga lainnya, dapat membantu tubuh melepaskan hormon endorfin, yakni zat kimia yang membuat tubuh terasa lebih nyaman. Kondisi ini sangat efektif menghilangkan stres yang Mums alami dan meningkatkan suasana hati, terutama ketika Mums sedang merasa tepuruk.

 

  1. Meningkatkan peluang persalinan normal

Berjalan di pagi hari selama hamil dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengencangkan otot-otot pinggul. Ini tentu menjadi modal yang sangat baik bagi Mums untuk melakukan persalinan yang lebih cepat, lebih mudah, dan minim rasa sakit. Jalan di pagi hari secara rutin sangat bermanfaat jika Mums ingin menempuh persalinan normal.

 

  1. Meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman

Selama kehamilan, Mums mungkin rentan mengalami nyeri dan ketidaknyamanan di beberapa area tubuh, bahkan saat sedang tidak beraktivitas. Berjalan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang Mums alami ini. Peregangan kaki selama berjalan akan membantu Mums menghilangkan rasa nyeri.

 

  1. Manfaat lain

Berjalan akan mengurangi kemungkinan timbulnya mual di pagi hari atau morning sickness, kelelahan, kram, sembelit, varises, dan sulit tidur terutama di malam hari. Berolahraga secara teratur dapat membakar energi yang berlebihan, sehingga mendiring Mums untuk tidur lebih nyenyak.

 

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

 

Berapa Lama Jalan Pagi untuk Ibu Hamil?

Setelah mengetahui manfaat jalan pagi bagi ibu hamil, tentu Mums sudah tidak sabar dong untuk memulai kebiasan sehat ini? Nah, sebelum memulainya, Mums perlu tahu dulu nih berapa lama jalan pagi untuk ibu hamil yang direkomendasikan.

 

Apabila Mums sudah melakukan kebiasaan jalan pagi ini sebelum hamil, maka teruslah melakukannya. Namun, jika Mums baru memulainya, cobalah untuk melakukan selama 15-30 menit, 3 hari dalam seminggu. Jika sudah mulai terbiasa, perpanjang waktu tempuhnya menjadi 60 menit dan lakukan secara rutin setiap hari.

 

Menurut Physical Activity Guidelines for Americans, setiap orang disarankan untuk berjalan setidaknya selama 150 menit dalam seminggu. Mums juga dapat melakukan kebiasaan sehat berjalan di pagi hari ini hingga trimester ketiga selama Mums masih merasa nyaman. Sambil berjalan, Mums juga bisa melakukan latihan lain untuk panggul. Ini dapat membantu meningkatkan kekuatan dan mencegah otot-otot panggul dari kelemahan.

 

Apa Saja yang Perlu Mums Persiapkan Sebelum Berjalan?

Agar olahraga jalan pagi Mums bisa tetap terasa nyaman dan pastinya aman, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Mums persiapkan:

– Gunakan sepatu khusus berjalan yang tepat sehingga dapat mendukung bagian telapak kaki serta pergelangan kaki Mums. Sandal atau sepatu sandal tidak disarankan untuk berjalan karena dapat meningkatkan risiko Mums terpleset.

– Bawalah botol minum berisi air mineral yang cukup guna menghindarkan Mums dari dehidrasi selama berjalan. Kemungkinan dehidrasi saat berjalan dapat meningkatkan suhu tubuh Mums. Kondisi ini bisa membahayakan Mums dan juga bayi dalam kandungan.

– Meskipun masih pagi, usahakan untuk tetap menggunakan tabir surya dan menggunakan topi untuk menghindarkan Mums dari paparan radiasi sinar matahari.

– Saat berjalan, usahakan untuk menjatuhkan tumit terlebih dulu, baru kemudian jari-jari kaki Mums.

 

Jalan pagi merupakan olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan, termasuk oleh Mums yang sedang hamil. Tak hanya itu, manfaat dari olahraga ini juga sangat banyak untuk Mums serta si Kecil.

 

Meski begitu, tetap perhatikan kondisi tubuh Mums. Hindari memaksakan diri jika Mums sudah merasa tidak kuat untuk berjalan. Tak masalah mengambil waktu beberapa saat untuk beristirahat baru kemudian melanjutkan lagi.

 

 

Nah, kira-kira apakah Mums berniat untuk menyelipkan jalan pagi ke dalam rutinitas olahraga Mums mulai sekarang? Jika iya, jangan lupa untuk sharing pengalaman Mums serta manfaat yang diperoleh dari melakukan jalan pagi ini melalui Fitur Forum Aplikasi Teman Bumil, ya! (BAG)

 

Baca juga: Jurus Antipikun dengan Jalan Kaki 1 Jam Setiap Hari
 

Sumber

Very Well Fit. “The Best Time of Day to Walk and Exercise“.

Mom Junction. “Walking During Pregnancy – Benefits, Tips & Precautions“.

Tinggalkan komentar