Manfaat Kangkung untuk Diet – GueSehat


 

Kangkung adalah salah satu sayuran yang umum disantap oleh orang Indonesia dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya itu, ternyata ada pula lho manfaat kangkung untuk diet Gengs. Kaya akan nutrisi, lantas apa sajakah manfaat kangkung untuk diet?

 

Kandungan Nutrisi Kangkung

Sebelum mengetahui manfaat kangkung untuk diet, Kamu perlu mengetahui kandungan nutrisi dari kangkung terlebih dahulu. Kangkung rendah kalori dan lemak, namun kaya akan serat, vitamin, antioksidan, dan mineral. Setiap 100 gram kangkung mengandung 19 kalori. 

 

Kangkung mengandung banyak antioksidan fenolik, seperti betakaroten, lutein, xanthin, dan crytoxanthin. Selain itu, setiap 100 gram kangkung mengandung 55 mg vitamin C. Seperti yang diketahui, vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air yang berperan untuk melawan radikal bebas serta melindungi tubuh dari penyakit.

 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C secara teratur bagus untuk memperbaiki jaringan dalam tubuh, bermanfaat untuk rambut, kulit, serta dapat mencegah anemia defisiensi besi, penuaan, hingga kanker. Tidak hanya vitamin C, kangkung juga merupakan sumber vitamin A yang baik. 

 

Dalam setiap 100 gram kangkung, terkandung 6.300 IU vitamin A. Vitamin A penting untuk kesehatan kulit, rambut, hingga penglihatan. Vitamin yang satu ini juga berfungsi sebagai antikanker, mencegah penuaan, serta berperan untuk memperbaiki sel atau jaringan dalam tubuh manusia. 

 

Kangkung mengandung vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, vitamin B6, dan asam folat yang penting proses metabolisme tubuh. Sayuran hijau ini pun mengandung mineral, seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, mangan, dan fosfor. 

 

Dengan kandungan nutrisinya yang beragam, kangkung memiliki rasa yang manis dan lembut dengan tekstur yang agak berlendir. Sebelum mengolah atau memasak, pastikan Kamu membersihkan kangkung terlebih dahulu di bawah air mengalir. Oleh karena itu, kangkung lebih baik dimasak dengan ditumis atau direbus. 

 

Baca juga: Manfaat Kangkung bagi Kesehatan

 

 

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Seperti yang kita ketahui, sayuran tentu memiliki kandungan gizi yang beragam dengan manfaat yang beragam pula. Yuk, ketahui manfaat kangkung untuk kesehatan berikut ini sebelum mengenal manfaat kangkung untuk diet! 

 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kaya akan nutrisi, sayuran berdaun hijau ini diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dibandingkan dengan suplemen vitamin C. Mengonsumsi kangkung secara teratur juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan berperan untuk menetralkan serta menghilangkan racun dalam tubuh. 

 

2. Mengobati Penyakit Kuning dan Masalah Hati

Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kangkung merupakan sayuran yang sering kali digunakan untuk mengobati penyakit kuning atau masalah pada hati atau liver. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kangkung dapat mencegah kerusakan hati dan berperan melawan radikal bebas. 

 

3. Mengatasi Masalah Anemia

Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel darah merah yang berguna untuk pembentukan hemoglobin. Kaya akan zat besi, kangkung dapat mengatasi masalah anemia. Kangkung juga dapat menjadi salah satu pilihan sayuran bagi ibu hamil yang ingin memenuhi asupan zat besi

 

4. Bersifat sebagai Anti Diabetes

Ahli mengungkapkan bahwa mengonsumsi kangkung secara rutin dapat meningkatkan resistensi terhadap diabetes yang disebabkan oleh stres oksidatif. Kangkung juga baik dikonsumsi untuk mengobati diabetes gestasional secara alami. Namun, ibu hamil dengan diabetes tentu perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kangkung untuk mendukung pengobatan diabetesnya. 

 

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kangkung mengandung vitamin A, C, serta betakaroten yang tinggi yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas serta mencegah kolesterol teroksidasi. Kolesterol teroksidasi menempel pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung. 

 

Folat yang terkandung dalam kangkung pun dapat menurunkan zat kimia yang berpotensi berbahaya atau disebut homosistein. Jika kadar homosistein tinggi, maka akan menyebabkan serangan jantung atau stroke. Selain itu, magnesium juga menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. 

 

Baca juga: Ini Dia Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

 

 

6. Mencegah Kanker

Kangkung mengandung 13 jenis antioksidan yang berbeda-beda. Semua antioksidan yang berbeda-beda ini mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal inilah yang membuat sayuran berdaun hijau ini baik dikonsumsi untuk mencegah kanker

 

7. Baik untuk Mata

Sayuran berdaun hijau ini mengandung lutein, karotenid, dan vitamin A yang berperan penting untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, kangkung dapat meningkatkan kadar glutathione yang dapat mencegah katarak. 

 

8. Mencegah Penuaan Dini

Kangkung kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas. Dengan mengonsumsi kangkung, sel-sel kulit akan lebih kuat dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan hal tersebut bisa mengurangi risiko penuaan dini. 

 

9. Mengatasi Kondisi Kulit Tertentu

Tunas kangkung diyakini dapat mengobati penyakit kulit, seperti kurap. Selain itu, kangkung juga diyakini dapat mengobati jerawat, eksem, psoriasis, atau gatal akibat gigitan serangga karena memiliki efek detoksifikasi. Kamu cukup mencampurkan kangkung dengan garam yang kemudian digiling hingga halus dan aplikasikan pada area kulit yang terkena. 

 

10. Membuat Rambut Sehat

Agar kulit kepala dan rambut tetap sehat, Kamu tentu membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Nah, kangkung yang kaya akan nutrisi ini baik untuk rambut yang sehat. Jus dari kangkung diyakini baik untuk pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok dengan cara meningkatkan kualitas dan tekstur rambut.

 

Baca juga: Yuk, Mengenal Berbagai Khasiat Buah Leunca untuk Pria!

 

Manfaat Kangkung untuk Diet

Tidak hanya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, ada juga lho manfaat kangkung untuk diet. Mengonsumsi kangkung yang kaya akan serat secara teratur diyakini dapat menurunkan berat badan dan dapat memperlancar pencernaan bagi orang-orang yang menderita sembelit atau kesulitan untuk buang air besar.

 

Untuk mengonsumsinya, Kamu bisa membuat jus kangkung beserta dengan campuran sayuran lainnya atau menambahkan kangkung dalam menu harianmu. Selain itu, menurut penelitian, kangkung juga dapat mengurangi kadar kolesterol serta trigliserida secara alami. 

 

Baca juga: Manfaat Jengkol untuk Kanker yang Perlu Diketahui!

Nah, sekarang Kamu tahu kan kandungan nutrisi dan manfaat kangkung untuk diet? Dengan kandungan nutrisi yang beragam, ternyata kangkung dapat menurunkan berat badan dan mampu memperlancar pencernaan. Namun, jika Kamu ingin mendapatkan manfaat yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu. 

 

Oh iya, kalau punya pertanyaan atau masalah seputar kesehatan dan ingin berkonsultasi dengan ahli, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan fitur online consultation ‘Tanya Dokter’ yang tersedia di aplikasi GueSehat khusus Android. Penasaran? Cobain yuk Gengs fiturnya sekarang!

 

Sumber:

Style Craze. 2019. 15 Best Benefits of Water Spinach for Skin, Hair, and Health

Nutrition and You. Kangkong (water spinach) nutrition facts.

University of Florida. Kangkong–Ipomoea aquatica Forsk., also Ipomoea reptans Poir. 

Tinggalkan komentar