Manfaat Ketumbar untuk Jantung dan Kolesterol


 

Ketumbar adalah rempah yang sering kali digunakan sebagai bumbu dapur atau untuk memasak. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu, ternyata ketumbar juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan, terutama jantung dan kolesterol lho. Apa sajakah manfaat ketumbar untuk jantung dan kolesterol itu?

 

Apa Itu Ketumbar?

Ketumbar adalah rempah yang bentuknya seperti biji-biji kecil dan biasa digunakan untuk bumbu masakan. Ketumbar merupakan sumber serat, mengandung mangan, zat besi, serta magnesium. Selain itu, ketumbar juga kaya akan vitamin C, K, protein, kalsium, fosfor, kalium, tiamin, niasin, dan karoten. 

 

Berkat kandungannya tersebut, ketumbar sering kali digunakan untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu, seperti sakit perut, kehilangan nafsu makan, hernia, mual, diare, campak, wasir, sakit gigi, nyeri sendi, infeksi akibat bakteri, dan jamur, meningkatkan produksi ASI, hingga mencegah keracunan makanan. 

 

Baca juga: Manfaat Ketumbar untuk Darah Tinggi

 

 

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

Sebelum mengetahui manfaat ketumbar untuk jantung dan kolesterol, Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai manfaat ketumbar untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan ketumbar dalam menu harian dapat menurunkan risiko terhadap kondisi kesehatan tertentu. 

 

1. Sebagai Antikanker

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, rempah-rempah termasuk ketumbar dapat mencegah pembentukan heterosiklik amina (HCA) pada daging saat memasak. Menurut National Cancer Institute, HCA merupakan bahan kimia yang terbentuk saat daging dimasak dalam suhu yang tinggi. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan HCA dapat meningkatkan risiko kanker

 

2. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Ada semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ketumbar bisa berguna sebagai obat analgesik dan antiinflamasi. Menurut penelitian, ketumbar dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit secara signifikan. Namun, para ahli merasa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi pada manusia. 

 

3. Baik untuk Kesehatan Kulit

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food pada 2015 menunjukkan bahwa ketumbar, terutama daunnya bisa melindungi kulit terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet B (UVB). Artinya, ketumbar dapat mencegah photoaging pada kulit. 

 

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh Kita 

 

4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Ketumbar ternyata juga baik untuk penderita diabetes nih, Gengs. Yup, hal ini karena ketumbar dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Ketumbar bekerja dengan meningkatkan fungsi sel beta pankreas (sel yang melepas insulin dan mengendalikan kadar gula darah). 

 

Dalam penelitian lainnya, ketumbar tidak hanya mengendalikan kadar gula darah, tetapi juga meningkatkan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan sindrom metabolik. Memasukkan ketumbar dalam menu harian juga dapat mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular yang terkait dengan prediabetes, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolik. 

 

5. Baik untuk Pencernaan

Ketumbar dapat merangsang hati untuk memproduksi dan mengeluarkan asam empedu pekat yang penting untuk pencernaan dan penyerapan. Ketumbar juga memiliki efek karminatif, yaitu meredakan perut kembung. Selain itu, ketumbar juga meningkatkan aktivitas trypsin, enzim pankreas yang memecah protein dalam usus kecil. 

 

Ketumbar ternyata memberikan berbagai manfaat untuk pencernaan jika Kamu memasukkannya dalam menu harian. Minyak dari ketumbar dapat meringankan gejala dari sindrom iritasi usus besar berkat sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya. Ketumbar juga dapat menyembuhkan mual serta diare.

 

6. Dapat Meringkankan Gejala Artritis

Tahukah Kamu kalau ketumbar juga dapat meredakan nyeri artritis? Yup, ketumbar bekerja dengan melawan aktivitas sitokin proinflamasi di sinovium (membran yang melapisi permukaan bagian dalam sendi). Ketumbar juga dapat digunakan secara eksternal untuk mengobati nyeri radang sendi. 

 

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Jantung

 

7. Membantu Mengatasi Gejala Konjungtivitis

Penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat mengatasi mata yang gatal. Seperti yang diketahui, mata gatal merupakan gejala utama dari konjungtivitis. Dalam penelitian tersebut, para peserta penelitian yang diobati dengan spray dari ketumbar mengalami perubahan atas gejala yang dialami itu. 

 

8. Baik untuk Kesehatan Wanita

Manfaat ketumbar untuk kesehatan wanita memang belum banyak dilakukan. Namun, beberapa sumber penelitian menyebutkan bahwa minuman yang dibuat dari campuran air ketumbar dan kelopak mawar dapat meringankan rasa tidak nyaman saat menstruasi, seperti kram saat menstruasi

 

9. Meningkatkan Kesehatan Saraf

Linalool merupakan senyawa utama yang terkandung dalam ketumbar. Penelitian menunjukkan bahwa linalool dapat mengurangi kecemasan. Selain itu, linalool juga bermanfaat untuk sistem saraf pusat dan memiliki sifat antikonvulsan yang dapat mengurangi risiko kejang atau penyakit epilepsi. Daun ketumbar juga berperan penting untuk mencegah penyakit neurologis, seperti Alzheimer. 

 

10. Mengurangi Tekanan Darah

Ketumbar baik untuk Kamu yang menderita hipertensi karena ketumbar terbukti dapat mengurangi tekanan darah. Ketumbar memiliki efek diuretik pada tubuh yang sangat membantu mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Jika kondisi hipertensi terkendali, Kamu pun akan mengurangi risiko terhadap kondisi serius, seperti stroke dan pembekuan darah. 

 

Baca juga: Rutin Minum Obat Penurun Kolesterol Hindari Penyakit Jantung!

 

11. Mencegah Keracunan Makanan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar memiliki sifat antimikroba yang kuat terhadap patogen bawaan makanan. Hal ini tentu baik untuk mencegah keracunan makanan. Selain itu, ketumbar juga sebenarnya mengandung senyawa antibakteri yang secara khusus dapat melawan Salmonella choleraesuis

 

 

Manfaat Ketumbar untuk Jantung

Salah satu manfaat ketumbar untuk jantung ialah dapat menghambat agregasi trombosit yaitu penggumpalan keping-keping darah sehingga menimbulkan bekuan darah. Saat arteri mengalami agregasi trombosit, hal ini akan menyebabkan sumbatan dan gangguan aliran darah ke jantung yang pada akhirnya akan memicu serangan jantung. Ketumbar memiliki manfaat untuk menghambat agregasi tersebut.

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketumbar juga bermanfaat untuk mencegah risiko komplikasi kadiovaskular. Memasukkan ketumbar dalam menu harian Kamu dapat mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular yang terkait dengan prediabetes, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolik. 

 

Lalu, Apa Manfaat Ketumbar untuk Kolesterol?

Tidak hanya bermanfaat untuk jantung, secara khusus ada manfaat ketumbar untuk kolesterol. Hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan kolesterol total dan trigliserda, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. 

 

Meski memiliki berbagai manfaat untuk jantung, kolesterol, atau manfaat kesehatan lainnya, namun perlu diingat bahwa ketumbar bisa saja memiliki efek samping bagi beberapa orang. Beberapa orang mungkin alergi dengan ketumbar dan jika mengonsumsinya akan memicu reaksi alergi, seperti mata, mulut, tenggorokan yang gatal hingga demam. 

 

Baca juga: Murmur Jantung pada Bayi, Berbahayakah?

Sekarang, Kamu jadi tahu kan apa saja manfaat ketumbar untuk jantung dan kolesterol? Ketumbar merupakan bahan masakan atau rempah yang sering kali digunakan atau dimasukkan dalam menu harian. Dengan mengetahui berbagai manfaat tersebut, Kamu pun bisa berkreasi dengan resep baru yang menggunakan ketumbar. 

 

Namun, jika Kamu memiliki alergi terhadap makanan tertentu atau bahkan menunjukkan reaksi tertentu setelah mengonsumsi makanan yang mengandung ketumbar, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter. Kamu bisa mencari dokter yang ada di sekitarmu dengan mudah menggunakan fitur ‘Direktori Dokter’ yang ada di GueSehat.com lho. Cobain yuk fiturnya sekarang!

 

 

Sumber: 

WebMD. Coriander

Dr. Axe. 2019. Coriander Helps Control Blood Sugar, Cholesterol and Blood Pressure

Style Craze. 2019. 7 Impressive Benefits of Coriander Seeds: Boost Heart Health, Treat Diabetes, and More

Medical News Today. 2018. Health benefits of cilantro (coriander).

Tinggalkan komentar