Manfaat Menari untuk Balita – GueSehat.com


Suara musik memang memiliki magis tersendiri bagi tubuh. Bagaimana tidak? Baik orang tua maupun balita secara otomatis akan bergerak mengikuti irama musik yang terdengar di telinga. Dan tidak hanya meningkatkan mood, ada banyak lho manfaat menari untuk balita! Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini!

 

Anak-anak memang selalu aktif dan tidak pernah bisa diam. Karenanya, orang tua pasti berpikir, kira-kira aktivitas terbaik apa ya yang bisa dilakukan untuk menyalurkan seluruh energinya?

 

Menyertakan balita dalam klub olahraga mungkin masih kurang tepat karena si Kecil kemungkinan masih agak kesulitan memahami konsep untuk berolahraga dan bekerja sama dengan tim. Namun, mengikuti kelas menari rasanya bisa menjadi alternatif yang tepat untuk si Kecil! Saat ini, sudah banyak kelas menari untuk anak usia 2-3 tahun. Nah, manfaat menari untuk balita ternyata ada banyak sekali lho, Mums!

 

Manfaat Menari untuk Balita

Anak-anak memang selalu suka bergerak. Mereka tidak segan-segan menari dengan lincah ketika lagu favorit mereka diputar. Ada banyak sekali manfaat menari untuk balita, mulai dari untuk kesehatan fisik, kesehatan mental, menyalurkan energinya secara positif, hingga menjadi cara positif untuk mengekspresikan diri.

 

Joseph Corella, koreografer sekaligus intruktur dance fitness mengatakan bahwa manfaat menari untuk balita salah satunya mengajarkan mereka mempelajari bahasa yang lain, yakni bahasa dari gerakan-gerakan tubuh.

 

Jika si Kecil ikut kelas menari misalnya, ujar Joseph yang juga merupakan penari Broadway, ia akan mengobservasi sendiri aksi mereka di depan kaca. Dengan mendengarkan arahan dari guru dan berlatih keras, anak-anak pun akan mendapatkan hasil yang positif.

 

Ballroom dancer profesional sekaligus personal trainer bersertifikasi, Leon Turetsky, juga menambahkan manfaat menari untuk balita adalah membantunya untuk untuk belajar disiplin. Pasalnya, mereka akan berusaha mengingat gerakan tarian dan mempraktikkannya sesuai dengan arahan sang Guru.

 

Dan bila si Kecil menari secara berkelompok, ia pun akan belajar bekerja sama dengan teman sebayanya. Nantinya, keterampilan ini dapat diaplikasikan dalam setiap aspek kehidupan si Kecil kelak. Apa lagi ya manfaat menari untuk balita?

 

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Selain belajar gerakan tubuh, disiplin, dan kerja sama, manfaat menari bagi anak yang berikutnya adalah meningkatkan kesehatan fisik. Menari adalah aktivitas fisik tingkat tinggi. Dan, anak-anak yang ikut kelas menari secara regular mengalami peningkatan kesehatan fisik secara signifikan.

 

Berdasarkan keterangan dari Pro Dance Center, berlatih menari secara rutin akan meningkatkan fleksibilitas, rentang gerak, kekuatan fisik, dan stamina anak. Gerakan yang repetitif juga dapat meningkatkan pembentukan otot, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, serta bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular.

 

Menari juga merupakan latihan aerobik. Karenanya, ini pilihan yang baik bagi anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan. Yup, manfaat menari bagi anak dengan berat badan berlebih adalah dapat membantunya menurunkan berat badan dan memperbaiki kebiasaan makan yang buruk.

 

Lebih Mahir Bersosialisasi

Selain menjadi aktivitas fisik yang positif, menari juga menjadi sebuah aktivitas sosial. Berdasarkan FamilyTalk Magazine, manfaat menari bagi anak yang mengikuti kelas akan membantu meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasinya. Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ia pun akan belajar bagaimana bekerja sama dalam sebuah tim.

 

Tidak hanya itu, mengikuti kelas menari dapat meningkatkan rasa kepercayaan, kooperasi, serta berkenalan dengan teman baru. Jika si Kecil termasuk tipe anak yang pemalu, maka memasukkannya ke dalam kelas menari akan membantunya dekat dengan anak-anak seusianya, serta membantu mengurangi kecemasannya terhadap orang-orang dan lingkungan yang baru. Manfaat menari bagi anak juga membantu mengurangi rasa ketakutan dalam dirinya ketika tampil di depan orang banyak.

 

Lebih Pintar

Untuk menjadi penari yang hebat dibutuhkan latihan, disiplin, dan fokus. Keterampilan-keterampilan tersebut akan berguna di banyak aspek dalam kehidupan si Kecil kelak. Manfaat menari bagi anak di sebuah kelas adalah membantunya menjadi lebih kratif dan mengembangkan apresiasinya terhadap seni.

 

Anak-anak yang berpartisipasi dalam kelas tari secara rutin umumnya akan memiliki performa akademis yang lebih baik dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak ikut kelas menari. FamilyTalk Magazine mengestimasi murid-murid yang menari cenderung mendapatkan nilai SAT yang lebih tinggi serta lebih berhasil saat mengikuti kompetisi matematika dan sains.

 

Lebih Menghargai Diri Sendiri

Sebagai anak-anak yang baru belajar menari, mereka akan belajar bergerak dan mempertahankan postur tubuh yang baik. Ini akan membuat mereka mulai memahami tubuh mereka sendiri. Ketika mereka nyaman dengan warna kulit dan bentuk tubuh sendiri, kepercayaan diri serta penghargaan terhadap diri mereka sendiri pun akan meningkat.

 

Mengutip dari EduDance, latihan menari dapat membantu anak-anak adopsi memiliki perilaku yang lebih positif dan mengeksplor diri mereka sendiri. Ini tentunya juga amat bermanfaat bagi anak-anak yang mengalami gangguan fisik maupun mental, atau bagi anak-anak yang mengalami masalah emosional.

 

Menghilangkan Stres

Menari melepaskan endorfin, zat kimia di dalam otak yang dapat membuatmu merasa lebih baik. Endorfin dapat membantu menghilangkan perasaaan depresi dan kecemasan.

 

Tidur Lebih Nyenyak

Menari dapat membantu si Kecil tidur lebih nyenyak di malam hari. Pasalnya, lebih dari 83% orang-orang yang melakukan aktivitas fisik memiliki kualitas tidur yang baik.

 

Manfaat Tarian Balet dan Hip-hop

Setelah mengetahui manfaat menari bagi anak secara umum, Mums perlu mengetahui bahwa setiap jenis tarian juga memiliki manfaatnya masing-masing. Penasaran?

 

Balet

Tarian yang satu ini cocok dipelajari oleh segala usia. Turetsky menjelaskan bahwa anak-anak yang berlatih balet akan mempelajar hal-hal dasar seputar:

  • Cara kerja kaki.
  • Keseimbangan.
  • Ritme tarian.
  • Cara memutar tubuh.
  • Fleksibilitas.
  • Kekuatan inti tubuh.

 

Hip-hop

Hip-hop merupakan tarian yang bebas, sehingga si Kecil dapat mengekspresikan diri sendiri dengan tubuhnya. Tarian hip-hop sangat cocok dipelajari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi, genre ini sekarang sangat populer di kalangan para penikmat musik.

 

Setelah mengetahui berbagai manfaat menari bagi anak, Mums tidak perlu merasa malu bergoyang bersama si Kecil mengikuti irama musik favoritnya ataupun menyertakannya dalam kelas menari. Bayangkan saja, kegiatan yang menyenangkan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik fisik, mental, dan emosional. Belum lagi, menari juga dapat menjadi cara bagi si Kecil untuk mengekspresikan dirinya dan bersenang-senang. Bonusnya, selama menari si Kecil melakukan latihan kardiovaskular, sehingga tubuhnya menjadi lebih bugar! (AS)

 

Referensi:

Healthline: 8 Benefits of Dance

Livestrong: The Benefits of Dance for Kids

Claveland Clinic: Why Dancing Is So Good for Your Kid (Infographic)

Tinggalkan komentar