Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan-GueSehat.com


Tak susah untuk mencari tahu apa saja manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Karena, perawatan kecantikan menggunakan bahan ini, sudah teruji aman dan ampuh! Kita bahas lebih lanjut soal manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, yuk!

 

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Berawal dari Pemilihan Jenisnya

Berbicara soal perawatan kulit dengan bahan alami, rasanya belum afdol jika tidak membicarakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Pasalnya, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan sangat banyak dan sudah menjadi bahan tepercaya untuk merawat kecantikan sejak ratusan tahun lalu.

 

Mulai dari membantu melembapkan rambut, melebatkan bulu mata, hingga digunakan sebagai pelembap, semua bisa dilakukan dengan minyak zaitun. Semua itu berkat kandungan lengkap di dalam minyak ini, seperti sumber asam lemak omega-3, vitamin E, dan antioksidan yang sangat kaya. 

 

Namun, tahukah Kamu kalau minyak zaitun banyak jenisnya? Bahkan, jenisnya perlu dibedakan berdasarkan tujuan penggunaannya, apakah untuk memasak atau untuk perawatan kecantikan.

 

Berikut beberapa jenis minyak zaitun yang perlu Kamu ketahui:

  • Extra virgin olive oil (EVOO)

Merupakan jenis minyak zaitun yang paling mahal dan paling berkualitas, karena murni tanpa melalui proses penyulingan, sehingga mengandung antioksidan serta mineral dan vitamin sangat tinggi. EVOO memiliki kadar keasaman dan titik didih paling rendah dibanding minyak zaitun lainnya. 

Itulah kenapa, EVOO paling baik dikonsumsi secara langsung sebagai salad dressing atau tambahan di MPASI si Kecil, tanpa melalui proses masak apa pun karena mudah terbakar. Bahkan jika “nekat” menggunakan sedikit EVOO untuk menumis sayuran, akan berpotensi merusak kandungan vitaminnya.

Keuntungan lainnya, EVOO bebas dari kandungan kimia apa pun, sehingga menjadi yang paling aman dan bagus untuk perawatan kecantikan Kamu.

“Jika ingin menggunakan minyak zaitun untuk keperluan kecantikan, saya menyarankan untuk menggunakan EVOO karena diproduksi tanpa pemanasan dan penambahan kandungan kimia apa pun, sehingga aman diaplikasikan pada tubuh. Selain itu, EVOO mengandung konsentrasi senyawa paling tinggi yang bermanfaat untuk kecantikan,” papar Paul Lorenc, MD, seorang dokter bedah plastik berdomisili di Manhattan, New York.

 

Setelah EVOO, inilah jenis minyak zaitun lain yang tidak disuling. Artinya, benar-benar murni dan tidak mengandung kandungan kimia atau melalui proses pemanasan saat diekstraksi dari buahnya. 

Perbedaan utama antara EVOO dengan minyak zaitun jenis ini adalah, kandungan asam oleatnya yang sedikit lebih tinggi. Untuk penggunaannya, Kamu bisa menggunakannya untuk menumis atau membuat kue. Walau begitu, tetap hindari menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng, ya, karena titik didihnya rendah yang membuatnya mudah terbakar. 

 

Jika dibanding dengan EVOO atau VOO, jenis ini lebih murah namun mengandung antioksidan dan vitamin yang lebih sedikit. Walau begitu, jenis ini bisa Kamu gunakan untuk memasak karena memiliki rasa yang tidak kentara.

 

Jenis ini merupakan kombinasi antara EVOO dan refined olive oil dengan kandungan nutrisi yang paling rendah. Itulah sebabnya, cocok digunakan untuk perawatan kecantikan daripada memasak atau bahan tambahan makanan, karena memiliki aroma yang kurang sedap ketika dipanaskan.

 

Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan?

Mari kita bahas lebih dalam tentang manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Minyak zaitun terkenal mengandung antioksidan yang tinggi seperti vitamin E yang membantu meminimalisasi kerusakan kulit akibat paparan UV. 

 

Oh ya, bagi Kamu yang belum tahu, vitamin E termasuk antioksidan, Gengs. Vitamin E sendiri adalah nama kolektif untuk sekelompok senyawa yang larut dalam lemak dengan aktivitas antioksidan yang berbeda

 

Oke, lanjut! Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan juga datang dari fenol oleocanthal sebagai antiinflamasi. Semua elemen ini membantu menutrisi kulit sehingga lebih elastis dan terhindar dari penuaan dini. Sementara untuk rambut, kandungan ini membuat helai rambut semakin kuat, lebih lembut, dan terlihat sehat.

 

Keuntungan lainnya, sebotol minyak zaitun bisa cukup untuk 6-12 bulan. Jadi, walau harga sebotol EVOO cukup mahal, namun bisa Kamu gunakan untuk beragam keperluan dan tahan lama.

 

Baca juga: Cara Mencerahkan Kulit Dengan Minyak Zaitun

 

Beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang bisa Kamu dapatkan adalah:

1. Sebagai pelembap dan perawatan kulit setelah terpapar sinar matahari

 

Gengs, pernah dengar trik “10 detik” untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit nggak? Nah, Kamu juga bisa mencoba trik ini untuk mengaplikasikan minyak zaitun sebagai pelembap. Setelah mandi atau cuci muka, keringkan wajah, lalu ratakan 1-2 tetes minyak zaitun ke seluruh wajah dan leher. Kondisi kulit yang lembap, membuat minyak zaitun meresap lebih sempurna dan tidak terasa lengket.

 

Cara ini juga bisa Kamu coba setelah berlibur ke pantai atau berenang di siang hari. Gimana sih, rasanya kulit terbakar? Cara yang paling mudah untuk mengenali tanda kulit terbakar adalah kulit terasa perih serta memerah. Keesokannya kulitmu bisa saja menjadi gatal dan mengelupas.

 

2. Eksfoliasi

 

Garam adalah bahan alami yang bisa Kamu gunakan untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Garam juga mengandung mineral yang bisa menghaluskan kulit sekaligus mengembalikan kelembapan. Dengan kebaikan kandungan garam, tentu makin sempurna ya, jika dikombinasikan dengan minyak zaitun.

 

Nah, untuk mengolah minyak zaitun dan garam sebagai eksfoliator, langkahnya adalah:

  • Campurkan 4 sendok makan garam ke dalam 8 sendok makan minyak zaitun. Karena kulit wajah cenderung sensitif dan lebih tipis dibanding kulit di area lain, sebaiknya pilih garam laut (sea salt) yang butirannya tidak terlalu kasar, tapi cukup efektif untuk mengeksfoliasi kulit wajah.
  • Jika ingin, Kamu bisa menambahkan 10 tetes minyak esensial favoritmu sebagai terapi aroma. Namun ingat, langkah ini bisa saja tidak cocok jika berjenis kulit sensitif. Jadi, pastikan Kamu menggunakan minyak esensial yang memang sudah teruji cocok untuk kulitmu.
  • Ratakan campuran tadi yang sudah berbentuk seperti pasta ke seluruh tubuh atau area wajah dengan gerakan memutar. Untuk melihat bagaimana respons kulit, mulailah mengaplikasikan di area tubuh yang “aman”, seperti paha atau lengan.

 

Menggunakan minyak zaitun untuk eksfoliasi, juga bisa untuk area bibir Kamu, lho. Bedanya, untuk membuat lip scrub dengan minyak zaitun, Kamu menggunakan gula merah sebagai exfoliator. Cara membuatnya adalah:

  • Campurkan satu sendok makan gula merah bubuk dengan satu sendok makan minyak zaitun. 
  • Setelah tercampur rata, aplikasikan di area bibir dan diamkan selama 1-2 menit.
  • Bersihkan bibir dengan waslap hangat dan aplikasikan pelembap bibir setelahnya.

 

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat, Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa?

 

3. Pembersih Riasan Mata

Kamu tentu menginginkan riasan mata yang “tahan banting” dan tahan lama untuk dipakai beraktivitas seharian. Namun, itu artinya Kamu perlu usaha lebih untuk membersihkannya, karena mencuci wajah dengan sabun wajah saja tidak cukup.

Di sinilah salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, yaitu memudahkan Kamu menghapus riasan mata yang tahan air dengan mudah. Apalagi kulit di sekitar mata sangat tipis dan mudah berkerut jika digosok dengan keras. 

Untuk membersihkan riasan mata menggunakan minyak zaitun, Kamu cukup menuangkan secukupnya di atas kapas atau tisu, lalu gosok perlahan hingga semua riasan terhapus. Untuk maskara waterproof, mungkin Kamu perlu mengulangi proses ini hingga 2 kali sampai mata benar-benar bersih.

Oh ya, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan tak hanya sebatas sebagai pembersih riasan mata, lho. Berkat kandungan antioksidan dan squalene di dalamnya, Kamu sekaligus melembapkan area mata yang rentan kering serta menutrisi bulu mata sehingga bisa tumbuh lebih lebat. Komplit keuntungannya!

 

4. Kondisioner

Rambut yang kering dan kaku, pastinya susah untuk diatur ya, Gengs. Ditambah lagi, akan menjadi kusut dan bisa membuat rambut rontok ketika disisir. 

Untuk menaklukkannya, campur kondisioner yang biasa Kamu pakai dengan 2-3 sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut secara merata mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 5-7 menit, lalu bilas hingga bersih. Perhatiin deh, rambutmu bakal lebih halus dari biasanya!

 

Dari semua tips di atas, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang mana sudah Kamu coba, Gengs? 

 

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Minyak Zaitun

 

 

Sumber: 

The Health Site. 4 Kinds of Olive Oil.

Medical News Today. Olive Oil.

Marie Claire. Olive Oil for Face.

Tinggalkan komentar