Manfaat Quality Time Bersama Anak


Kesibukan serta rutinitas sehari-hari terkadang membuat Mums dan Dads sulit untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak. Bagaimana tidak, saat Mums dan Dads berangkat ke kantor di pagi hari, si Kecil masih tertidur.

 

Sementara ketika Mums dan Dads pulang di malam hari, si Kecil sudah terlanjur tidur. Alhasil waktu untuk bertemu, bermain, atau berbicara sangatlah terbatas, bahkan bisa dihitung beberapa jam saja.

 

Namun meski waktunya tidak banyak, Mums dan Dads tetap bisa kok menghabiskan waktu bersama si Kecil dengan berkualitas! Pasalnya, quality time tidak hanya dilihat dari jumlah waktu kebersamaan, melainkan juga bagaimana waktu tersebut dihabiskan.

 

Memiliki quaility time bersama anak bisa memberikan banyak manfaat untuk perkembangannya, lho. Penasaran apa saja manfaat melakukan quality time bersama anak dan hal apa saja yang sekiranya bisa dilakukan? Yuk, simak uraiannya berikut ini!

 

Baca juga: Memaksimalkan Quality Time dengan Anak bagi Ibu Bekerja

 

Manfaat Quality Time Bersama Anak

Ketika melakukan quality time bersama si Kecil, Mums dan Dads tidak hanya menciptakan kenangan yang indah dalam hidupnya, tetapi juga mendukung perkembangan anak demi masa depannya. Secara lebih rinci, berikut ini manfaat melakukan quality time bersama anak.

 

1. Dapat mengenal anak lebih baik

Mungkin Mums dan Dads sudah merasa cukup mengenal si Kecil dengan baik, padahal nyatanya hanya sebagian saja. Habiskan lebih banyak waktu dengan si Kecil dan percayalah ada banyak hal mengejutkan yang Mums dan Dads belum ketahui sebelumnya.

 

Ketika Mums dan Dads menghabiskan waktu dengan si Kecil, ia akan merasa sangat bahagia, bahkan tidak ragu untuk berbagi segala detail dalam kehidupannya. Ia akan merasa bahwa dirinya memiliki seseorang yang bisa dipercaya dan menjadi tempat untuk mencurahkan segala rasa bahagia hingga keresahan sehari-harinya.

 

2. Menjukkan pada anak bahwa orang tuanya peduli

Ketika Mums dan Dads menyisihkan waktu dari kesibukan untuk melakukan dan menikmati momen-momen bersama anak, ia akan memperhatikan serta mengingatnya. Hal ini membuat anak juga merasa bahwa dirinya adalah yang terpenting di dunia ini bagi Mums dan Dads. Emosi positif seperti ini dapat membantu anak merasa lebih aman dan menjadi pribadi yang percaya diri.

 

Baca juga: Makan Bersama Keluarga, Banyak Manfaatnya!
 

3. Membantu meningkatkan rasa percaya diri anak

Tidak semua anak mau dan memiliki keberanian untuk berbicara secara terbuka atau merasa percaya diri. Hubungan anak dengan orang tua dan saudaranya bisa membantu membangun kepribadian mereka.

 

Ketika orang tua menyisihkan waktu dan menghabiskannya secara berkualitas dengan anak-anak, orang tua bisa mendapat kesempatan untuk mencari tahu hal-hal apa saja yang mungkin meresahkan mereka. Selanjutnya, orang tua juga bisa membantu anak-anak untuk mengatasi keresahan atau ketakutan mereka, serta membangun rasa percaya diri mereka.

 

4. Memastikan anak memperoleh perhatian yang cukup

Terkadang, ketika orang tua tidak menghabiskan banyak waktu dengan anak, hal tersebut dapat memicu anak-anak untuk melakukan banyak hal untuk mencari perhatian dari orang tuanya. Situasi seperti ini dapat memengaruhi perilaku anak di masa depan.

 

Namun, jika orang tua menghabiskan waktu bersama anak, ini dapat membuat mereka merasa diperhatikan, dicintai, dan diinginkan, sehingga mereka tidak akan menunjukkan perilaku mencari perhatian.

 

5. Memperkuat bonding atau ikatan

Untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan anak-anak, orang tua harus menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka. Saat menghabiskan waktu bersama, orang tua dan anak dapat menemukan banyak hal berbeda tentang satu sama lain. Menghabiskan waktu dan dan mengetahui detail penting dari kehidupan masing-masing akan membangun ikatan yang lebih kuat antara anak dan orang tua.

 

Bagi anak-anak, orang tua adalah kehidupan mereka, sehingga menghabiskan banyak waku bersama bisa membuat mereka sangat bahagia. Sebagai orang tua pun, Mums dan Dads tentu tak ingin melewatkan banyak momen penting si Kecil, bukan?

 

Ingatlah bahwa waktu bersama anak-anak terkadang tidaklah banyak. Ketika mereka beranjak remaja dan dewasa, mereka mungkin akan lebih sibuk dengan dirinya sendiri atau dengan lingkup pertemanannya. Jadi, sebisa mungkin selalu sisihkan waktu di sela-sela kesibukan dan nikmati waktu bersama si Kecil. (AS)

 

Baca juga: Bahagia dan Fit dengan Olahraga Bersama Si Kecil

 

 

Sumber

Parenting First Cry. “Spending Time With Kids – Benefits and Ideas”.

Tinggalkan komentar