Manfaat Teh Hijau – Guesehat


Geng sehat, apakah kalian suka minum teh hijau? Jika iya, congratulations! Itu artinya, Kamu bisa menikmati hidup lebih lama. Ya, studi terbaru yang dipublikasikan pada 9 Januari 2020 di European Journal of Preventive of Cardiology mengungkapkan fakta tersebut. Sebelumnya, para ilmuwan meneliti 100.902 orang dewasa di China yang minum teh hijau setidaknya tiga kali seminggu.

 

Hasilnya, mereka yang gemar minum air teh hijau cenderung mengalami serangan jantung atau stroke dalam tujuh tahun ke depan. Selain itu, mereka juga memiliki harapan hidup yang sedikit lebih lama. Pada usia 50, mereka bisa berharap untuk hidup setahun lebih lama dibandingkan teman-teman seusianya yang tidak biasa minum teh hijau.

 

“Kebiasaan mengonsumsi teh seringkali dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kematian yang rendah,” kara dr. Xinyan Wan, ilmuwan di Chinese Academy of Medical Sciences di Beijing, China. Ia melanjutkan, “Dibandingkan teh jenis lain, teh hijau paling menguntungkan dan bermanfaat untuk kesehatan.”

 

Baca juga: Rutin Minum Teh Kurangi Risiko Glaukoma

 

Teh Hijau, Minuman Sehat yang Baik

Bagaimana pun, penelitian terbaru ini mengungkapkan kaitan antara teh hijau dengan beragam masalah kesehatan. Nah, kalau Geng sehat suka minum teh hijau, Kamu memiliki risiko lebih rendah, sekitar 25 persen, terkena penyakit jantung dan stroke yang fatal.

 

Lantas, kenapa peneliti yakin jika teh hijau memiliki manfaat kesehatan lebih banyak jika dibandingkan teh jenis lain? Peneliti lain, dr. Dongfeng Gu dari Chinese Academy of Medical Sciences memberikan jawaban. Menurutnya, teh hijau merupakan sumber polifenol yang bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular dan faktor risikonya, termasuk tekanan darah tinggi dan dislipidemia.

 

Selain itu, teh hijau bebas kalori dan kaya antioksidan. Whitney Linsenmeyer, asisten profesor nutrisi di Saint Louis University, Amerika Serikat mengatakan jika teh hijau merupakan minuman sehat  yang baik untuk dikonsumsi oleh pelaku diet. Namun, Geng sehat harus tahu kalau teh mengandung kafein.

 

“Semua jenis teh mengandung kafein. Jadi, berhati-hatilah jika minum obat yang berinteraksi dengan kafein. Atau jika Kamu memiliki masalah insomnia,” saran Whitney.

 

Baca juga: Lebih Sehat Kopi atau Teh? Ini Jawabannya!

 

Manfaat Teh Hijau

Geng Sehat, apa yang kalian ketahui tentang teh hijau? Well, teh hijau dibuat dari daun tanaman Camellia sinesis, sama seperti semua teh nonherbal lainnya. Tidak seperti teh hitam dan oolong, teh hijau tidak terlalu banyak mengalami proses karena dibuat menggunakan metode kering-uap.

 

Teknik pemrosesan yang halus dianggap sebagai salah satu alasan mengapa teh hijau kaya akan nutrisi dan antioksidan. Bahkan, menurut the National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), teh hijau telah digunakan dalam praktik pengobatan di China dan Jepang selama berabad-abad. Selain membuat hidup Kamu lebih lama, ini beberapa manfaat lain teh hijau.

 

1. Bisa menurunkan berat badan

NCCIH mencatat tidak ada bukti yang cukup kuat jika teh hijau bisa menurunkan berat badan seseorang. Namun, penelitian yang melibatkan ekstrak teh hijau mengungkapkan hal berbeda.

 

Studi yang diterbitkan pada Mei 2014 di Canadian Pharmacists Journal mengungkapkan jika kafein dalam teh hijau dapat membantu menekan nafsu makan dan mempercepat pembakaran kalori melalui proses yang disebut thermogenesis.

 

2. Membantu memperbaiki kulit yang rusak dan melindungi dari kanker kulit

Penelitian pada Februari 2010 di Cancer Prevention Research mengungkap fakta bahwa tikus yang terpapar air teh hijau menunjukkan perbaikan sel kulit setelah kerusakan sinar UV. Namun, belum jelas apakah manfaat ini akan berlaku pada manusia atau tidak.

 

Studi lain yang terbit pada Agustus 2015 di Journal of German Society of Dermatology mengungkapkan jika teh hijau dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti eksim.

 

3. Kewaspadaan dan kesehatan otak meningkat

Menurut NCCIH, dengan minum teh hijau, kesehatan mental seseorang akan meningkat. Manfaat ini terkait dengan kandungan kafein yang di teh hijau.

 

4. Menurunkan kadar gula darah pasien diabetes tipe 2

Teh hijau dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurut penelitian yang terbit pada September 2014 di Iranian Journal of Medical Sciences.

 

5. Kaya akan nutrisi

Ya, teh hijau kaya akan nutrisi, di antaranya kafein, sejenis alkaloid, yang memiliki efek stimulasi pada sistem saraf dan fluoride, mineral yang membantu memperkuat enamel gigi. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa-senyawa tingkat tinggi yang disebut katekin, misalnya epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

 

Baca juga: Mau Bikin Jamuan Teh, Kenali Makanan Pendamping Teh yang Cocok!

 

 

Referensi:

WebMD. Green Tea Drinkers May Live Longer

EverydayHealth: 10 Potential Health Benefits of Green Tea Backed by Science

ScienceDaily. Tea drinkers live longer

Tinggalkan komentar