Membangun Chemistry – Guesehat


 

Dalam hidup ini, kita mungkin pernah menjumpai wanita cantik atau pria ganteng, menyenangkan dan mapan secara emosi dan finansial. Selain itu, tidak ada yang aneh dengan preferensi seksual mereka. Namun mereka tidak kunjung menetapkan pasangan. Sebagian beralasan, sulit membangun chemistry!

 

Dalam beberapa kasus, mereka bukannya tidak mencoba lho Gengs! Tetapi setiap mencoba kenal lebih dekat, alasannya tidak ada chemistry sehingga hubungan pun terpaksa tidak dilanjutkan.  Kamu mengalaminya juga enggak Gengs? Kenapa ya chemistry itu sulit didapat, simak penjelasannya berikut ini!

 

Baca juga: Menyelamatkan Pernikahan Jika tak Lagi Cinta, Mungkinkah? 

 

Tips Membangun Chemsitry 

Dalam konteks hubungan cinta, chemistry adalah adalah “emosi” sederhana yang dirasakan dua orang ketika mereka berbagi perasaan khusus. Chemistry itu semacam dorongan alamiah yang membuat Kamu  berpikir “ingin menemuinya lagi.” Sering pula dinyatakan sebagi “klik” ketika chemistry itu ada. 

 

Nah benarkah chemistry itu penting dalam mengawali hubungan jangka panjang? Para pakar hubungan menyatakan, bahwa ketika pria maupun wanita yang nampaknya sempurna namun tidak juga mendapatkan pasangan, bisa jadi memang tidak ada chemistry dengan pacar-pacar sebelumnya.

 

Bukan berarti ada masalah juga pada diri mereka. Kemungkinan hanya cara dan persepsktif mereka tentang hubungan cinta saja yang kurang tepat. Dengan mecoba cara dan jalan lain, siapa tahu hasilnya akan berbeda. 

 

Kemudahan membangun  chemistry dan kemudian menjadi pasangan, entah pacar atau suami/istri, tidak hanya berdasarkan penampilan fisik semata. Justru dengan hanya mengandalkan penampilan fisik saja, Kamu biasanya tidak akan mendapatkan chemistry sesuai keinginan Kamu.

Daripada fokus pada tampilan fisik, coba keluarkan semua kelebihan Kamu. yakni kepribadian Kamu, sifat hangat Kamu, atau kasih sayang Kamu yang sebenarnya. Karena hubungan asmara pada dasarnya adalah mempelajari perilaku. 

 

Kamu bisa bercermin dari hubungan Kamu dengan orang tua dulu. Bagaimana kedekatan Kamu dengan mereka saat kecil? Itu adalah hubungan yang tulus, tidak dibuat-buat, dan penuh rasa percaya. Mengapa Kamu tidak menetapkan standar yang sama saat mencari pasangan?

 

Baca juga: Penelitian: Wanita Memang Lebih Mudah Tertarik dengan “Bad Boy”

 

Berikut ini tips membangun chemistry atau ikatan emosi dengan pasangan:

 

1. Memiliki keinginan dan tujuan yang jelas

Hanya Kamu seorang yang tahu apa yang Kamu inginkan dalam mencari pasangan. Kamu mencari pacar yang bisa diajak berkencan kapan saja, atau pria yang bisa Kamu andalkan menjadi pendamping hidup? 

 

Ketika Kamu memiliki tujuan jelas saat memilih pasangan, biasanya Kamu hanya akan tergetar dengan di Dia yang memang sesuai kriteria Kamu. Saat Kamu bertemu orang itu, umumnya chemistry akan langsung terbangun dan Kamu bisa mengatakan “Dia adalah orang yang aku cari selama ini.” 

 

2. Bidik pria atau wanita yang memiliki nilai tinggi

Berhenti mengharapkan pria atau wanita yang tertarik denganmu berdasarkan ketertarikan fisik. Tempatkan dirimu dalam situasi di mana Kamu hanya mencari pasangan dengan keinginan dan tujuan sama, yakni membangun hubungan jangka panjang yang tulus.

 

Banyak cara dan tempat menemukan mereka. Jika Kamu tertarik dengan dunia olahraga, ikutlah klub-klub olahraga di mana kesempatan menemukan pria idaman akan terbuka. Kamu dog lovers? Coba sering-sering bawa peliharaan Kamu ke kelompok pecinta anjing juga. Banyaklah bergaul dan memiliki jaringan dan temukan chemistry Kamu di sana.

 

Baca juga: Ini 7 Tanda Hubungan Akan Langgeng

 

3. Lihat kembali hubungan Kamu dengan pasangan selama ini

Jika Kamu sekarang tengah memiliki teman dekat tetapi tidak kunjung menemukan chemistry, tidak usah ragu mengevaluasi hubungan Kamu. Apakah waktu yang Kamu habiskan bersamanya selama ini nampaknya sia-sia?

 

Kalau memang tidak ada harapan, jangan investasikan waktu Kamu lama-lama. Berkencanlah hanya dengan seseorang yang juga mencari nilai hidup yang sama. Hubungan yang didasari nilai seperti ini, umumnya akan berlangsung awet.

 

4. Upgrade hubungan Kamu

Saat ini mungkin Kamu tengah berkencan bukan dengan pria atau wanita terbaik, dan Kamu merasa nyaman. Namun Kamu merasa hubungan Kamu berjalan di tempat bahkan mengarah ke menjemukan.

 

Jangan menyerah begitu saja. Coba perbaiki lagi, apa yang menyebabkan hubungan Kamu tidak berjalan seperti keinginan Kamu. Mungkin ada chemistry, hanya tidak ada yang substansial? Atau bisa jadi Kamu merasa tidak ada chemistry karena ekspektasi Kamu yang terlalu tinggi. 

 

Jangan salah, kadang-kadang hubungan yang bertahan lama dan menyenangkan justru terjadi pada orang yang tidak terlalu merasakan chemistry yang kuat atau hubungan yang sangat intens. 

 

Baca juga: 5 Arti Status Hubungan Asmara

 

 

Referensi:

Amp.news.com.au. Why cant I lock down a man?

Popsugar.com. How important chemistry in relationship.

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar