Memperbaiki hubungan – Guesehat


 

Siapapun pasti ingin memiliki hubungan yang lebih bahagia dan sehat di tahun 2020. Terutama bagi pasangan yang di tahun sebelumnya banyak bersitegang dan bertengkar. Memperbaiki hubungan dengan pasangan tidak selalu membutuhkan perombakan besar. Hal-hal kecil bisa mendekatkan Kamu dan pasangan dan mencairkan semua dendam.

 

Cara Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan

Lakukan langkah sederhana seperti disarankan terapis berpengalaman berikut ini untuk memperbaiki hubungan dengan pasangan di tahun yang baru. 

 

1. Batasi main handphone

Membatasi waktu bermain dengan gadget, tidak hanya berlaku untuk anak-anak. Orang dewasa juga sebaiknya bisa mengendalikan diri dalam bermain handphone. Dan ini berlaku untuk suami maupun istri. Beberapa konselor perkawinan mengungkapkan bahwa banyak keluhan yang mereka terima akibat pasangan terus-menerus menggunakan ponsel.

 

Cobalah mulai tahun ini berkomitmen untuk mengurangi bermain ponsel, terutama bermain media sosial. Lakukan secara bertahap jika sulit menghentikan sama sekali. Misalnya tidak memegang ponsel sebelum sarapan pagi atau satu jam sebelum tidur malam. Gunakan waktu ini untuk berbincang dan menghabiskan waktu bersama pasangan. 

 

Baca juga: Ssst.. Sudahkah Menyusun Sex Goals di Tahun yang Baru?

 

2. Luangkan waktu lebih banyak dengan pasangan

Ketika membuat janji pergi ke dokter atau rapat dengan klien, Kamu akan memaksakan waktu. Jika perlu membuat pengingat di kalender. Tetapi kenapa berkencan dengan pasangan sendiri tidak pernah menyempatkan waktu?

 

Jika Kamu sibuk, tetap harus menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu berdua dengan pasangan. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan berdua, menonton film, makan bersama, atau sekadar kepoin Instagram selebgram bersama.

 

Hal-hal sederhana seperti mencoba resep baru pun bisa menguatkan ikatan Kamu dan pasangan. Di sela-sela aktivitas ini, keterampilan komunikasi dengan pasangan akan meningkat sehingga akan meningkatkan kepuasan hubungan. Lebih disarankan Kamu dan pasangan melakukan aktivitas disertai kontak mata, sentuhan dan komunikasi.

 

3. Melakukan kegiatan spontan sebulan sekali

Untuk pasangan yang sudah menikah lama, masuk pada jebakan rutinitas sangat mudah terjadi. Agar hubungan Kamu tidak membosankan dan monoton, coba lakukan kegiatan spontan dan menyenangkan, minimal sebulan sekali. Seperti dulu saat Kamu masih di awal hubungan. Misalnya, mengendarai mobil berdua jam 10 malam sekadar mencari suasana baru. Lain waktu, menginap di hotel dan menikmati makan malam, dan esok paginya pulang. 

 

Seiring bertambahnya tanggung jawab, misalnya karena kehadiran anak, pekerjaan yang semakin sibuk, mungkin ide-ide spontan seperti ini susah direalisasikan. Tetapi hal-hal kecil bermanfaat lho untuk menjaga percikan dalam kehidupan pernikahan tetap hidup.

 

4. Buat kencan seks mingguan

Ketika karir semakin naik, kesibukan pasti akan meningkat. Tak jarang, aktivitas sekssual dengan pasangan pun berkurang. Jika Kamu mengalaminya, tidak ada salahnya menjadwalkan untuk melakukan hubungan seks seminggu sekali.

 

Seks kok dijadwalin? Mungkin awalnya terasa ganjil dan tidak seksi. Tetapi ini harus dilakukan ketika Kamu ingin mempertahankan hubungan. Melakukan kencan seks secara teratur dapat menghilangkan tekanan hidup dan stres sehari-hari.

 

Baca juga: Lakukan Sex Vacation saat Kehidupan Seksual Terlalu Membosankan!

 

5. Diskusikan lagi masalah keuangan

Menurut survei Majalah Money 2014, 70% pasangan menikah berdebat tentang keuangan yang kemudian berujung konflik besar. Jika terlalu sering bertengkar masalah uang, lama-kelamaan salah satu akan menghindar dan tidak mau lagi mendiskusikan soal keuangan.

 

Buat komitmen untuk sekali atau dua kali sebulan Kamu dan pasangan duduk selama 15 menit dan bicarakan kehidupan finansial bersama. Lakukan ini secara proaktif daripada reaktif. Dengan begitu, hubungan Kamu akan lebih baik.

 

6. Belajar bersyukur setiap hari

Jangan pernah mengabaikan rasa terima kasih. Semakin banyak Kamu bersyukur dan berterima kasih, maka semakin besar kebahagiaan yang Kamu dapat. Menurut penelitian, orang yang bersyukur dan memiliki pikiran positif akan memiliki kesehatan fisik dan mental, termasuk hubungan dengan pasangan lebih baik.

 

Buatlah resolusi sebagai pasangan untuk lebih banyak mengungkapkan rasa terima kasih. Percayalah bahwa apa yang sudah dilakukan pasangan Kamu adalah untuk kepentingan bersama. Jangan pelit ungkapkan terima kasih Kamu pada pasangan ya!

 

Baca juga: 5 Cara agar Tetap Konsisten Melaksanakan Resolusi Tahun Baru

 

 

Referensi:

Huffingtonpost.com. New years resolutions improve relationship. 

 

 

Tinggalkan komentar