Mengenali Undertone Kulit – GueSehat.com


Kosmetik tentu bukan hal yang asing lagi buat para wanita. Sesuai definisinya, kosmetik dapat berfungsi untuk meningkatkan penampilan seseorang. Namun, memilih warna kosmetik yang cocok dengan warna kulit belum tentu semua bisa.

 

Mungkin Geng Sehat pernah atau selau mengalami kebingungan pada saat memilih warna kosmetik yang mau dibeli, seperti foundation, lipstik, blush on, dan pewarna rambut. Apalagi ketika dihadapkan dengan produk yang mempunyai variasi warna sangat banyak.

 

Tak jarang pada saat melihat warna yang menarik, kita langsung membelinya. Namun ketika kita mencobanya di rumah, tampak tidak cocok di wajah kita. Wajah tampak seperti topeng atau tidak tampak glowing. Akhirnya, kosmetik yang sudah dibeli tidak terpakai.

 

Ternyata, ada hal mendasar yang perlu kita ketahui dan kenali agar bisa tepat memilih warna kosmetik, Gengs! Hal tersebut ada hubungannya dengan undertone kulitmu. Memahami undertone kulit adalah kunci untuk menemukan foundation yang tepat dan memilih palet warna terbaik untuk perona wajah.

 

Undertone adalah warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen. Berbeda dengan skintone, yaitu warna kulit yang bisa langsung Kamu lihat. Warna skintone dan undertone belum tentu sama.

 

Undertone kulitmu dipengaruhi oleh zat yang disebut melanin. Melanin merujuk pada pigmen yang dihasilkan oleh sel melanosit, yang mana juga berperan dalam memberi warna pada rambut dan mata. Undertone tidak akan berubah walaupun terkena matahari atau krim perawatan.

 

Ada 3 tipe skin undertone, yaitu warm, cool, dan netral. Tipe warm berkisar dari warna peach, kuning, sampai keemasan. Beberapa orang dengan tipe warm juga memiliki kulit pucat. Tipe cool termasuk dalam golongan kulit warna merah, pink, atau kebiruan. Sedangkan jika Kamu termasuk tipe netral, undertonemu kurang lebih sama dengan warna kulitmu yang sebenarnya.

 

Berikut beberapa tes yang bisa Kamu lakukan untuk mengetahui skin undertone-mu!

 

1. Lihat warna pembuluh darahmu

Kamu bisa melihat pembuluh darah di pergelangan tanganmu di bawah sumber cahaya alami (sinar matahari). Pembuluh darah terlihat seperti urat-urat yang berwarna. Jika terlihat kehijauan, maka undertone-mu tipe warm. Jika berwarna biru atau keunguan, undertone-mu masuk dalam tipe cool. Sedangkan pada tipe netral, pembuluh darah akan tampak tidak berwarna atau sesuai dengan warna kulit.

 

 

 

2. Cuci wajahmu, lalu tunggu 15 menit

Kamu bisa mengecek warna dasar kulitmu dari wajah. Pastikan wajahmu bersih dari make-up, cream, ataupun toner. Caranya cuci wajahmu sampai bersih, hindari gosokan yang kuat lalu diamkan selama 15 menit. Lihatlah undertonemu di sumber cahaya alami seperti di dekat jendela, bukan di cahaya lampu.

 

3. Perhatikan bagaimana kulitmu bereaksi terhadap sinar matahari

Pada saat Kamu beraktivitas di luar, perhatikan bagaimana kulitmu bereaksi terhadap sinar matahari. Jika Kamu termasuk tipe cool, kulitmu cenderung mudah terbakar matahari dan mungkin perlu mengaplikasikan tabir surya lebih sering. Namun jika kulitmu hanya tampak kecokelatan atau bahkan tidak tampak terbakar, maka undertonemu termasuk ke dalam tipe warm.

 

4. Pakailah perhiasan dari emas atau perak

Kamu bisa menguji undertonemu pada saat kamu menggunakan perhiasan. Jika penampilan terlihat lebih “wah” pada saat menggunakan emas, maka Kamu termasuk dalam tipe warm.

 

Sebaliknya bagi Kamu yang termasuk tipe cool, akan keliatan lebih “wah” pada saat menggunakan perhiasan perak. Namun jika Kamu tampak tidak ada perbedaan pada saat menggunakan perhiasan emas atau perak, Kamu termasuk tipe netral.

 

Bagaimana Geng Sehat, sederhana bukan cara mengecek undertonemu? Kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilih warna kosmetik yang sesuai. Pada saat Kamu mau membeli produk kosmetik, Kamu bisa melihat label di produk tersebut sesuai dengan undertonemu atau bertanya kepada petugas counter untuk membantu informasi tentang produk.

 

Produk-produk kosmetik tertentu memberikan label tertentu, yaitu ‘C’ untuk tipe cool, ‘W’ untuk warm, dan ‘N’ untuk tipe netral. Berikut beberapa tips sederhana memilih warna pada produk kosmetik.

 

1. Tipe Undertone Warm

Pilihlah produk kosmetik dengan warna-warna seperti peach, orange, kuning, cokelat, dan emas.

Foundation: warna peach atau kuning

Blush on: warna coral atau peach

 

2. Tipe Undertone Cool

Pilihlah produk kosmetik dengan warna-warna seperti pink, lavender, rose, emerald, dan sapphire.

Foundation: warna cool rose atau pink

Blush on: warna pink atau netral

 

 

Mengenali Undertone Kulit - GueSehat.com 2

 

Referensi

1. How to Identify Your Skin’s Undertones and What This Means for You

2. Cool or Warm. What’s your Undertone

3. Knowing Your Skin Undertone. Whats Important?

 

 

 

Tinggalkan komentar