Mineral dalam Air Laut – Guesehat


 

Geng Sehat suka berenang di laut? Menurut banyak orang, berenang di laut sangat menyegarkan, apakah Geng Sehat salah satunya? Selain menyegarkan, berenang di laut juga menyehatkan. Benar, ada beberapa mineral dalam air laut yang baik untuk kesehatan.

 

Sejak dahulu, manfaat kesehatan air laut sudah digunakan oleh banyak orang. Bahkan, ada istilah khusus untuk aktivitas menggunakan air laut untuk manfaat kesehatannya, yaitu talasoterapi.

 

Lalu, apa sih yang membuat air laut bagus untuk kesehatan? Salah satunya adalah karena kandungan mineral dalam air laut. Apa saja kandungan mineral dalam air laut? Berikut penjelasannya!

 

Baca juga: Berapa Ton Sampah Plastik Dibuang ke Laut, Penyebab Kematian Paus?

 

Kandungan Mineral dalam Air Laut

Kandungan mineral dalam air laut yang paling umum adalah klorida. Banyak orang yang salah mengartikan klorida sebagai klorin. Menurut penelitian dari University of Michigan School of Medicine, klorida adalah salah satu elektrolit yang paling penting di dalam darah.

 

Lalu, apa sih manfaat klorida untuk kesehatan tubuh? Klorida membantu menjaga jumlah cairan di dalam dan di luar sel supaya seimbang. Selain itu, klorida juga membantu menjaga volume darah, tekanan darah, dan pH cairan tubuh. 

 

Dalam air laut, terdapat sekitar 55% kandungan klorida. Jadi, klorida merupakan salah satu kandungan mineral dalam air laut yang paling penting.

 

Selanjutnya adalah sodium. Meskipun memiliki reputasi yang negatif karena bisa menyebabkan hipertensi, sodium atau garam itu juga dibutuhkan dan bermanfaat untuk kesehatan.

 

Menurut ahli, ketika tubuh kekurangan garam, otak cenderung bereaksi dengan mengurangi sensor kepuasan. Ini artinya, garam membantu kita merasa puas. Jadi, sodium merupakan salah satu kandungan mineral dalam air laut yang baik untuk kesehatan.

 

Mineral dalam air laut lain yang baik untuk kesehatan adalah magnesium. Mineral ini meliputi 10% dari konten mineral air laut. Magnesium dikenal akan efek anti-kecemasan dan meredakan stres-nya.

 

Bahkan, mandi garam epsom merupakan satu bentuk terapi magnesium dan sudah digunakan sejak ratusan tahun untuk menyembuhkan luka hingga mengatasi masalah pencernaan. Jadi, magnesium termasuk mineral dalam air laut yang baik untuk kesehatan.

 

Saat berenang di laut, ketiga mineral dalam air laut tersebut akan diserap oleh kulit. Inilah mengapa Kamu merasa sehat setelah berenang di laut. 

 

Baca juga: Ini Cara Mengajarkan Anak Berenang yang Tepat!

 

Manfaat Lain dari Berenang di Laut

Kalau Kamu mau memperoleh manfaat kesehatan air laut yang maksimal, pastikan Kamu berenang di air laut yang dingin. Menurut beberapa ahli, merendam tubuh di dalam air yang dingin memberi manfaat terhadap kesehatan fisik dan mental.

 

Satu penjelasan dari efek dingin air ini ada pada saraf vagus, yang merupakan pusat respon parasimpatetik tubuh. Hal ini masih membutuhkan penelitian lebih jauh untuk dibuktikan. Namun, manfaat kesehatan berenang air laut pada umumnya tidak perlu diragukan lagi.

 

Jika Kamu ingin berenang di laut, tetap ikuti aturan dan berhati-hati. Pasalnya, bisa saja ada bakteri atau mikroorganisme yang terkandung di dalam air laut. Jadi, kalau Kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum berenang di laut. (UH)

 

Baca juga: Waspada Bahaya Ini Jika Berenang di Sembarang Tempat

 

 

Sumber:

MindBodyGreen. These 5 Minerals May Be Why You Feel Great After Swimming In The Ocean. Juli 2019.

Monq. The Health Benefits of the Sea: Reasons to Spend More Time By the Ocean. Juni 2019.

 

Tinggalkan komentar