Negara yang Paling Bahagia di Dunia


Tahun lalu, tepatnya di tahun 2019, World Happiness Report merilis daftar negara dengan penduduk yang paling bahagia dan negara dengan penduduk yang paling tidak bahagia. World Happiness Report merupakan survey tahunan yang dilakukan oleh Sustainable Development Solutions Network untuk United Nations (UN) atau PBB.

 

Dalam survei ini, sebanyak 156 negara disertakan. Pemberian posisi pada setiap negara sendiri didasarkan pada 6 variabel, yakni pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kedermawanan penduduk.

 

World Happiness Report awalnya dirilis pada tahun 2012. Dan setiap tahunnya, memiliki fokus yang berbeda. Nah, di tahun ini, laporan survei membahas kebahagiaan dan komunitas, serta mengevaluasi bagaimana teknologi, norma sosial, konflik, dan kebijakan pemerintah dapat mendorong perubahan di masing-masing negara.

 

Baca juga: Definisi Cantik dari Tiap Negara, Ada yang Ekstrem, Gengs!

 

Kira-kira negara apa saja ya menduduki peringkat teratas dalam World Happiness Report terbaru ini? Lalu, negara apa saja yang masuk dalam 10 negara yang paling tidak bahagia, ya? Dan, bagaimana dengan Indonesia? Apakah indeks kebahagiaan rata-ratanya meningkat dibandingkan tahun lalu atau justru malah menurun?

 

Di 5 posisi teratas negara paling bahagia ternyata konsisten diduduki oleh negara-negara yang sama. Posisi pertama diraih oleh Finlandia dalam 2 tahun berturut-turut, diikuti oleh Denmark, Norwegia, Islandia, dan Belanda. Wuiih, keren!

 

Hanya saja ada sedikit perubahan, yaitu pada posisi ke-10. Jika sebelumnya Australia masuk ke dalam daftar 10 negara paling bahagia, kali ini posisi tersebut harus rela diberikan ke negara Austria. Sekarang, Australia berada di posisi ke-11.

 

Baca juga: Duh, 5 Negara Ini Ternyata Memiliki Angka Kelahiran yang Rendah!

 

Berikut 10 negara d paling bahagia versi World Happiness Report yang terbaru:

  1. Finlandia
  2. Denmark
  3. Norwegia
  4. Islandia
  5. Belanda
  6. Swiss
  7. Swedia
  8. New Zealand
  9. Kanada
  10. Austria

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak hanya negara paling bahagia, World Happiness Report juga membeberkan negara-negara dengan penduduk paling tidak bahagia sedunia.

 

 

Baca juga: Indonesia, Negara Paling Suka Ngemil

 

Wah, kira-kira siapa yang berada di posisi paling pertama? Ternyata jawabannya adalah Sudan Selatan! Sedangkan di posisi berikutnya ada Republik Afrika Tengah, Afghanistan, Tanzania, dan Rwanda. Berikut daftarnya:

 

  1. Sudan Selatan
  2. Republika Afrika Tengah
  3. Afghanistan
  4. Tanzania
  5. Rwanda
  6. Yemen
  7. Malawi
  8. Syria
  9. Botswana
  10. Haiti

 

Lalu bagaimana Indonesia ya, Gengs Sehat? Ternyata, negara kita berada di peringkat 92 dari 156 negara. Nilai rata-rata kebahagiaan Indonesia di periode ini adalah 5,27 poin. Ini sedikit meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 5,09 poin.

 

Namun pada tahun 2015, nilai kita sempat tembus sampai 5,4 poin lho, Gengs! Wah, sepertinya masih banyak PR nih bagi kita semua dan pemerintah agar posisi kita bisa meningkat, ya! 

 

Di Kawasan Asia Tenggara sendiri, Indonesia berada di posisi ke-5. Posisi pertama diraih oleh Singapura. Satu-satunya negara maju di Kawasan Asia Tenggara ini berada di peringkat 34 dalam daftar negara paling bahagia.

 

Sementara itu, Thailand berada di posisi ke-52, Filipina berada di posisi 69, Malaysia di posisi 80. Di bawah Indonesia, ada negara Vietnam yang menduduki posisi 94, Laos di posisi 105, Cambodia di posisi 109, dan terakhir Myanmar di posisi 131. Negara mana nih yang sudah Geng Sehat kunjungi dalam daftar tersebut? (AS)

 

Baca juga: Ini Negara dengan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama di Dunia

 

Referensi

Forbes: Ranked: 10 Happiest And 10 Saddest Countries In The World

World Happiness Report 2019

The Global Economy: Indonesia: Happiness index

 

Tinggalkan komentar