Olahraga Mencegah Kanker – Guesehat


Manfaat olahraga untuk kesehatan memang sudah tidak dipertanyakan lagi. Namun, secara khusus, ada panduan baru tentang hubungan olahraga dan kanker. Ternyata, olahraga mencegah kanker.  Ini sudah dibuktikan melalui banyak penelitian.

 

American Cancer Society, bersama dengan 15 organisasi kanker lainnya, dan ahli dari American College of Sports Medicine, mengeluarkan panduan baru. Para ahli tersebut mengeluarkan panduan yang menyarankan agar dokter menyarankan agar pasien-pasiennya rutin olahraga untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

 

Selain itu, olahraga juga disarankan untuk penderita kanker, supaya bisa meningkatkan kualitas hidup. Pasalnya, masih banyak orang yang tidak pernah olahraga, bahkan mereka yang memiliki kanker sekalipun. 

 

Panduan yang dipublikasikan tersebut menyebutkan bahwa olahraga mencegah kanker, khususnya kanker pada kandung kemih, payudara, usus besar, esofagus, ginjal, rahim, dan lambung.

 

Panduan tersebut tidak hanya menyebutkan bahwa olahraga mencegah kanker, namun juga menyebutkan bahwa aktivitas fisik ini bisa meningkatkan kelangsungan hidup penderita kanker payudara, usus besar, dan prostat.

 

Nah, untuk tahu lebih dalam tentang bagaimana olahraga mencegah kanker, berikut penjelasannya!

 

Baca juga: Pentingnya Ajak Si Kecil Melakukan Aktivitas Fisik

 

Olahraga Mencegah Kanker dan Seberapa Sering Harus Dilakukan

Para ahli merekomendasikan agar penderita kanker melakukan olahraga aerobik dengan intensitas sedang selama 30 menit sebanyak tiga kali seminggu. Selain itu, direkomendasikan juga untuk olahraga yang melatih kekuatan seperti angkat beban sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

 

Awalnya, ahli mencoba mencari tahu jika ada jumlah spesifik untuk berolahraga yang bisa disesuaikan dengan setiap kasus pada penderita kanker. Namun, disimpulkan bahwa olahraga 30 menit sebanyak tiga kali seminggu sudah cukup baik.

 

Kalau berbicara tentang pencegahan kanker, aktivitas fisik yang direkomendasikan ahli adalah sekurang-kurangnya 150 menit olahraga dengan intensitas sedang atau 75 menit olahraga dengan intensitas berat satu kali seminggu.

 

Saat ini, ahli belum menemukan kuantitas olahraga tepat dan optimal yang dibutuhkan untuk mencegah kanker. Namun, menurut ahli di American Cancer Society, penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak olahraga, maka semakin berkurang risiko terkena kanker. 

 

Baca juga: Patut Dicoba, Pilihan Olahraga untuk Meningkatkan Performa Seks!

 

Bagaimana Bisa Olahraga Mencegah Kanker?

Menurut ahli, ada beberapa alasan kenapa olahraga mencegah kanker. Salah satunya adalah efek olahraga dalam mengurang inflamasi, membantu regulasi gula darah dan hormon seks, serta meningkatkan fungsi metabolisme dan imun.

 

Ahli mengatakan, efek-efek tersebut memiliki peran yang berbeda-beda sesuai dengan kenis kankernya. Sebagai contoh, untuk kanker payudara, manfaat dari olahraganya merujuk pada dampaknya terhadap hormon seks.

 

Selain itu, olahraga juga bisa memengaruhui perkembangan ataupun risiko kanker dengan menurunkan obesitas, yang merupakan faktor risiko dari banyak jenis kanker.  Jadi, alasan kenapa olahraga mencegah kanker berbeda-beda tergantung dari jenisnya.

 

Menurut ahli, masih diperlukan penelitian lebih jauh untuk melihat alasan lebih dalam kenapa olahraga mencegah kanker. Saat ini, rekomendasi dari dokter terkait rutinitas olahraga untuk mencegah ataupun mengontrol kanker masih berbeda-beda, tergantung dari riwayat kesehatan setiap orang. Namun, ahli mengatakan, tidak ada yang namanya olahraga ‘terbaik’. Semua aktivitas yang aktif menggerakkan tubuh itu baik. 

 

Baca juga: Inilah Olahraga yang Dilarang untuk Penderita Hipertensi

 

Sumber:

Healthline. Here’s Why Exercise is Crucial in Preventing, Treating Cancer. Oktober 2019.

Medicine & Science in Sports & Exercise. Exercise Guidelines for Cancer Survivors. November 2019.

U.S. Department of Health & Human Services. Physical Activity Guidelines for Americans. Februari 2019.

NCCN Guidelines®. NCCN Clinical Practice Guidelines in Oncology.

 

Tinggalkan komentar